alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564ed7a0c0cb1768578b4568/sah--umk-bekasi-minimal-33jt
Video & Image 
SAH! UMK Bekasi minimal 3,3jt
TEMPO.CO, Bekasi - Dewan Pengupahan Kota Bekasi menetapkan upah minimum 2016 sebesar Rp 3,3 juta lebih pada Kamis malam, 19 November 2015. Nilai itu lebih besar ketimbang di Kabupaten Bekasi yang merupakan kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara yakni sebesar Rp 3,2 juta lebih. Sedangkan DKI Jakarta Rp 3,1 juta.

Kepala Bidang Perindustrian pada Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi Sudirman mengatakan, penetapan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015. Sesuai peraturan tersebut upah di Kota Bekasi naik 11,5 persen dari upah tahun sebelumnya Rp 2,9 juta lebih.

"Mayoritas peserta menyepakati nilai UMK yang ditetapkan," kata dia pada Jumat, 20 November 2015. Peserta rapat terdiri dari 24 orang dari perwakilan pemerintah, serikat pekerja, dan asosiasi pengusaha, serta satu orang akademisi. Dari seluruh peserta, hanya ada satu buruh yang menolak tanda tangan.

Dia menjelaskan, kelompok I sebesar Rp 3.788.770, kelompok II sebesar Rp 3.623.750, dan kelompok III atau yang paling minimal Rp 3.327.160. Setelah diputuskan, pihaknya menyerahkan ke Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi untuk direkomendasikan kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. "Hari ini diantarkan ke Bandung," kata dia.

Ketua Dewan Pengurus Cabang Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Kota Bekasi R. Abdullah mengatakan, sebagian besar buruh di wilayahnya menerima upah minimum yang ditetapkan tersebut. Mengingat, kondisi perekonomian nasional dalam masa sulit. "Besaran UMK dirasa cukup," kata dia.

Menurut dia, meski besar kenaikannya sama dengan Kabupaten Bekasi yaitu 11,5 persen, tetapi upah minimum Kota Bekasi lebih tinggi sebesar Rp 65 ribu. Sebab, upah minimum kota dan kabupaten yang sebelumnya juga tidak sama. "Faktor Kebutuhan Hidup Layak juga tak sama," kata dia.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia, Kota Bekasi, Purnomo Narmiadi, mengatakan pihaknya sepakat dengan kenaikan tersebut. Ia menganggap kenaikan sebesar 11,5 persen dirasa cukup adil bagi pengusaha maupun pekerja. "Kalau ada pengusaha yang keberatan bisa mengajukan penangguhan," kata dia.

Menurut dia, jumlah perusahaan di Kota Bekasi mencapai 1.018, adapun anggota Apindo hanya sekitar 10 persennya. Perusahaan di luar Apindo yang ingin menangguhkan upah bisa difasilitasi Apindo tingkat Provinsi. "Pengajuan langsung ke Gubernur," kata Purnomo.


ADI WARSONO

sumurbor
mau donk umk tpt ane kayak di planet emoticon-Betty (S)
Selamat upahnya lebih besar dari DKI semoga ngak pada kerja di DKI lagi dan tiap hari bikin macet...
besok demo minta kenaikan 30% emoticon-I Love Indonesia (S)
Bagus deh, tahun depan demo lagi, harga iphone naik
Quote:Original Posted By fachrin.aulia
besok demo minta kenaikan 30% emoticon-I Love Indonesia (S)


jangan lupa pas demo bawa ninin emoticon-Ngacir
hmm.. cukup gak yah buat cicilan ninja, beli henpon ipon, beli tas, arisan, selingkuhan, dll.
Quote:Original Posted By mrsnoo
hmm.. cukup gak yah buat cicilan ninja, beli henpon ipon, beli tas, arisan, selingkuhan, dll.


totalnya 3,3 juta itu ibaratnya gunung es yang dipermukaan. sama overtime bisa total 7 jutaan.
kalah fresh graduate s1 mah emoticon-Ngakak (S)
4 taon lalu gaji gue masih 5x lipatnya UMK
2 taon lalu masih 4x lipatnya UMK
taon ini udah udah ampir setengah nya gaji gw.. sakit jiwa ini kenaikannya..

udah waktunya pindah kerja atau mulai enterpreneur nih
Anjir... gede banget gan...
masih bisa buat nyicil Ninja & iphone..
Demo2nya ternyata bermanfaat, daerah lain bisa niru nih
kasih aja gaji 10jt,tapi menangani kerjaan 5 org sekaligus
enak yah emoticon-Belo
ituh duit semuwah emoticon-EEK!
selamat gajinya sudah lebih besar daripada dokter!!! emoticon-Marah
Masih kurang, minimal 30% kenaekannya, demo!!!!!!!emoticon-Mad
Quote:Original Posted By anjeenk
Kalo kata yg punya pabrik :
" Bodo amat, mau UMK jadi 3,3 Milyar juga gua kagak perduli,
gua mah tetap bayar gaji karyawan 2 Jutaan aja,
kalo karyawan kagak mau ya tinggal berhenti aja,
kagak ada yg maksa kerja di pabrik gua "


emoticon-2 Jempol

principal
Uhui tiap taon minta naek emoticon-Ngakak (S)
Gila , gaji fresgrad klah dong yg krja lembur tiap hari di bank -_- emoticon-Sorry