alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564ea8e432e2e6aa0d8b4569/utang-indonesia-meningkat-hampir-3-kali-lipat-dalam-5-tahun--ini-krediturnya
Breaking News! 
Utang Indonesia meningkat hampir 3 kali lipat dalam 5 tahun ! Ini Krediturnya !
Quote:Utang Pemerintah RI: Di 2010 Rp 1.681 Triliun, Kini Rp 3.021 Triliun
Wahyu Daniel - detikfinance
Jumat, 20/11/2015 11:02 WIB
Utang Indonesia meningkat hampir 3 kali lipat dalam 5 tahun ! Ini Krediturnya !
Jakarta -Jumlah utang pemerintah Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Data di 2010, total utang pemerintah adalah Rp 1.681 triliun, dan di Oktober 2015 telah bertambah menjadi 3.021,3 triliun.

Dari data Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Jumat (20/11/2015), berikut data utang pemerintah sejak 2010:

2010: Rp 1.681 triliun
2011: Rp 1.808,95 triliun +127,95 Triliun
2012: Rp 1.977,95 triliun +169 Triliun
2013: Rp 2.375,5 triliun +397,55 Triliun
2014: Rp 2.608,78 triliun + 233,28 Triliun
Oktober 2015: 3.021,3 triliun + 412,52 Triliun
Hingga Oktober 2015 utang pemerintah pusat terdiri dari:
1. Pinjaman Rp 729,51 triliun, naik dari Rp 677,56 triliun di 2014

Pinjaman Luar Negeri Rp 725,64 triliun, naik dari Rp 674,33 triliun di 2014
Pinjaman Dalam Negeri Rp 3,68 triliun, naik dari Rp 3,22 triliun di 2014
2. Surat Berharga/Surat Utang Rp 2.291,79 triliun, naik dari Rp 1.931,22 triliun di 2014

Dalam mata uang dolar, total utang pemerintah pusat hingga Oktober 2015 mencapai US$ 221,52 miliar, naik dari US$ 209,71 miliar di 2014.

(dnl/ang)

Total Pertambahan Hutang:
2010-2014: 928,3 Triliun
2014-2015: 412,52 Triliun

Hmmm, Bisa di lihat siapa yang suka cari Hutang emoticon-Smilie
dan, yang memikul hutang ini bukan pemerintah tapi agan-agan sebagai rakyat
dari pajak-pajak yang agan bayar setiap tahunnya
emoticon-Smilie
dan Agan Tahu APBN 2015 adalah 1.984 Triliun, Hutang 3.021 Triliun, jadi siapa yang akan membayarnya ? emoticon-Smilie
Kalau boleh agan tahu, Defisit Hutang ini terbesar sejak 1998 emoticon-Smilie
Dan Pemerintah baru membayar 328 Triliun dari 3.021 T itu pun dalam 10 bulan, dan dengan mudahnya pada Februari 2015 hanya dalam 1 bulan Pemerintah menambah hutang 100 Triliun. emoticon-Smilie

tanggapan dari pengguna detikconnect
Quote:Suandi Albantani @wildanummukhalladun • 17 menit yang lalu
2010 s/d 2014 rata2 pertumbuhan hutang naik 231 T, nah 2014 s/d 2015 412.5 T.... ternyata pemetintahan baru lebih jago nyari hutangan.... nasib-nasib, anak cucu cuma diwarisi hutang....


Quote:Daftar Pemberi Utang Terbanyak ke Pemerintah RI
Wahyu Daniel - detikfinance
Jumat, 20/11/2015 07:59 WIB
Utang Indonesia meningkat hampir 3 kali lipat dalam 5 tahun ! Ini Krediturnya !
Jakarta -Saat ini, Indonesia masih memiliki pinjaman luar negeri. Per Oktober 2015, utang luar negeri pemerintah Indonesia (baik bilateral maupun multilateral) tercatat Rp 725,64 triliun, turun dari bulan sebelumnya Rp 787,87 triliun.

Secara bilateral, Jepang, Prancis, dan Jerman masih menjadi kreditur terbesar utang Indonesia. Sementara secara multilateral, Indonesia masih meminjam kepada Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia (ADB), dan Bank Pembangunan Islam (IDB).

Berikut adalah pemberi pinjaman bilateral dan multirateral terbesar buat Indonesia, seperti dikutip dari data Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Jumat (20/11/2015).

6. Islamic Development Bank (IDB)
Per Oktober 2015, utang pemerintah Indonesia ke IDB mencapai Rp 8,47 triliun, turun dari bulan sebelumnya Rp 9,24 triliun. Persentasenya adalah 1,1% dari total utang luar negeri Indonesia.

5. Jerman
Hingga Oktober 2015, utang pemerintah Indonesia ke Jerman mencapai Rp 20,6 triliun, turun dari bulan sebelumnya Rp 22,7 triliun. Ini adalah 2,8% dari total utang luar negeri pemerintah pusat.

4. Prancis
Sampai Oktober 2015, utang Indonesia ke Prancis mencapai Rp 24,62 triliun. Turun dari bulan sebelumnya Rp 27,4 triliun. Jumlah tersebut adalah 3,4% dari total utang luar negeri pemerintah pusat.

3. Bank Pembangunan Asia (ADB)
Utang dari ADB per Oktober 2015 adalah Rp 108,59 triliun, turun dari bulan sebelumnya Rp 118,02 triliun. Jumlah ini adalah 14,9% dari total utang luar negeri pemerintah pusat.

2. Jepang
Negeri Matahari Terbit digeser dari posisinya sebagai kreditur terbesar Indonesia. Per Oktober 2015, utang pemerintah Indonesia ke Jepang mencapai Rp 216,55 triliun, turun dari bulan sebelumnya Rp 235,76 triliun.

Utang tersebut mencapai 29,8% dari total pinjaman.

1. Bank Dunia
Bank Dunia saat ini menjadi pemberi utang luar negeri terbesar ke pemerintah Indonesia. Jumlah utang Indonesia ke Bank Dunia per Oktober 2015 mencapai Rp 218,05 triliun. Jumlah ini turun dari bulan sebelumnya Rp 235,27 triliun.

Utang Indonesia ke Bank Dunia mencapai 30,04% dari total utang luar negeri pemerintah.

(dnl/ang)


Sepertinya Pemerintah mulai menurunkan sumber utang terbesarnya (luar negeri), dan meningkatkan sumber hutang terkecilnya (dalam negeri) emoticon-Smilie emoticon-Malu (S)
Mohon Pak Jokowi buktikan bahwa 52% rakyat tidak salah memilihmu pada 9 Juli 2014 emoticon-Sorry


Waduh jumlah hutangnya udah melebihi APBN....


klo ngutang kesian anak cucu kita yang menanggungnya
kalo gak ngutang kesian anak cucu kita didaerah yang kurang sarana dan prasarananya

emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By mentaru


klo ngutang kesian anak cucu kita yang menanggungnya
kalo gak ngutang kesian anak cucu kita didaerah yang kurang sarana dan prasarananya

emoticon-Embarrassment

oh, kau tau pembangunan jalur Kereta Api di Kalimantan, lo kira pake APBN dan hutang seluruhnya ? Gak gan uang buat ngebangun Jalur Kereta Api di Kalimantan itu sebagian besar dari Rusia Railway Company gan emoticon-Embarrassment

32 thn suharto dan 10 thn SBY sungguh waktu kesia-siaan
Quote:Original Posted By andesite
32 thn suharto dan 10 thn SBY sungguh waktu kesia-siaan

sia-sia ? oke ane jabarin
Orang Miskin:
2004: 36,15 Juta
2014: 27,6 Juta
Orang Miskin :
2014: 27,6 Juta
2015: 28,5 Juta
2019: ?????
Pengangguran:
2004: 10,25 Juta
2014: 7,15 Juta
Pengangguran:
2014: 7,15 Juta
2015: 7,45 Juta






Quote:Original Posted By mentaru


klo ngutang kesian anak cucu kita yang menanggungnya
kalo gak ngutang kesian anak cucu kita didaerah yang kurang sarana dan prasarananya

emoticon-Embarrassment


ibarat beli rumah bisa aja gak ngutang (cash) tapi ya harus nabung dulu 10-20 tahun emoticon-Embarrassment
lagi pula kreditur ngasih utang bukan sembarangan minimal yg punya penghasilan tetap / karyawan tetap
gak mungkin juga orang pengangguran / kerja serabutan di kasih pinjaman emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By andesite
32 thn suharto dan 10 thn SBY sungguh waktu kesia-siaan


Ente bs posting dsni tu juga hasil kesia2an 32+10.. emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By indonesianpeopl

sia-sia ? oke ane jabarin
Orang Miskin:
2004: 36,15 Juta
2014: 27,6 Juta
Orang Miskin :
2014: 27,6 Juta
2015: 28,5 Juta
2019: ?????
Pengangguran:
2004: 10,25 Juta
2014: 7,15 Juta
Pengangguran:
2014: 7,15 Juta
2015: 7,45 Juta










aelahh..... ane tuh sarkas

itu kalimat sakti nastak otak kopong dan idiot di tritnya tol laut
satu satunya cara lunasin itu hutang adalah tendang freeport dari indonesia emoticon-Ngakak (S)
mantap jg ya
Dengan kata lain, penduduk yang baru lahir di Indonesia sudah membawa hutang yah?
uangnya ada, tinggal mau utang ato gak
silahkan pak JK
emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By clayarodely
Dengan kata lain, penduduk yang baru lahir di Indonesia sudah membawa hutang yah?

Pokoknya yang udah kena bayar pajak aja gan, mereka sudah memikul hutang 3.021 Triliun, Apalagi Pemerintah menargetkan pajak yang cukup tinggi pada 2016 mendatang, ya lihat aja nanti emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By andesite
32 thn suharto dan 10 thn SBY sungguh waktu kesia-siaan


emoticon-Recommended Seller




___________emoticon-Ngacir
katanya jumlah utang naik

tapi jumlah utang dari 6 kreditur terbesar turun

berarti selisihnya ngambil dari negara lain, menlen kah? kok ga disebut?

oh, sumbernya detik, media nastak
lebih baik utang tapi uangnya jelas dipake buat apa dibanding ngutang tapi uangnya gk jelas dpake buat apa emoticon-Malu (S)

pembangunan sarana prasarana pas jaman siapa y yg mangkrak?emoticon-Malu (S)
Danax ada... tinggal kita mau utang apa tidak
Quote:Original Posted By indonesianpeopl
sia-sia ? oke ane jabarin
Orang Miskin:
2004: 36,15 Juta
2014: 27,6 Juta
Orang Miskin :
2014: 27,6 Juta
2015: 28,5 Juta
2019: ?????
Pengangguran:
2004: 10,25 Juta
2014: 7,15 Juta
Pengangguran:
2014: 7,15 Juta
2015: 7,45 Juta



coba liat data dari worldbank soalnya definiai pengangguran kita beda2.. emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By joker.gaolz96



coba liat data dari worldbank soalnya definiai pengangguran kita beda2.. emoticon-Malu (S)

ane ngambil data dari BPS gan