alexa-tracking

Jokowi depak Freeport, Ganti pakai Perusahaan Nasional

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564da288642eb6b7738b4569/jokowi-depak-freeport-ganti-pakai-perusahaan-nasional
Jokowi depak Freeport, Ganti pakai Perusahaan Nasional
Quote:Jokowi depak Freeport, Ganti pakai Perusahaan Nasional
Luhut Panjaitan yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM menjelaskan kalau Presiden Joko Widodo telah menegaskan bahwa PT Freeport Indonesia saat ini harus tunduk dan patuh terhadap permintaan yang sudah diminta oleh Pemerintah Indonesia.

"Presiden selalu katakan, smelter harus jadi, local content harus ada, divestasi harus ada dan pemberdayaan masyarakat harus jalan," kata Luhut di Kantornya, Jakarta, Kamis (19/11).

Sudah selama puluhan tahun PT Freeport Indonesia (PTFI) mengambil sumber daya alam yang berada di Indonesia. Namun, sampai dengan saat ini, keuntungan dan kerugian yang didapat masih tidak sepadan untuk Indonesia.

Menurut Luhut sendiri, apabila PTFI tidak memenuhi syarat-syarat yang diajukan oleh Presiden Jokowi, maka pada tahun 2021 pemerintah sangat siap untuk mengambil alih langsung tambang emas di Grasberg yang selama ini sudah dikelola oleh PT Freeport Indonesia tersebut.

Presiden Joko Widodo ambil alih Penambangan Indonesia di Papua

"Kalau itu tidak bisa dilakukan Freeport, tahun 2021 pemerintah Indonesia yang ambil. Itu bukan green field, artinya risiko mengoperasikan itu tidak menjadi masalah," kata dia.

Presiden Joko Widodo juga mengaku kalau telah menyiapkan perusahaan nasional yang akan mengelola tambang tersebut apabila memang Freeport benar-benar "Di depak" keluar dari Indonesia.

"Kami malah mengusulkan kita buat Freeport asal Indonesia seperti Mahakam, jadi milik negara dan dikelola Pertamina yang cari partner siapa saja. Bisa saja Freeport milik Indonesia kalau kontraknya sudah habis," kata dia.

Kalau memang benar, bisa terbayang ya kekayaan alam Indonesia dikelola dan dibudidayakan sepenuhnya oleh dan untuk Indonesia.

SUMBER
kalo beneran ditendang wiwi, bakalan makin byk yg sakit hati mafia indo emoticon-Takut (S)
sok iye banget emoticon-Big Grin
akan berakhir seperti yg sudah" dan akan terjadi sebaliknya
berani memangnya? emoticon-Big Grin
Kagak percaya emoticon-Ngakak

Quote:

Jokowi Tanda Tangan Kontrak Freeport Sebelum Pilpres

RMOL. Mayoritas suara Pilpres 2014 di Bumi Cenderawasih mengalir ke Joko Widodo alias Jokowi. Di Provinsi Papua, Jokowi menang telak dengan perolehan suara 72,49 persen, sementara di Provinsi Papua Barat unggul dari Prabowo Subianto dengan mendapat 67,63 persen suara.

Belakangan terbongkar soal strategi Jokowi mendulang kemenangan di Papua. Salah satu strateginya adalah menandatangani kontrak politik terkait operasi Freeport, perusahaan tambang asal Amerika Serikat di Papua.

"Jokowi janji akan memindahkan smelter Freeport ke salah satu kota di Papua, tapi belum tahu akan dibuat di kota mana. Pekerja (Freeport) rekam pembicaraan mereka dengan Jokowi," ujar seorang sumber kepada redaksi tadi malam (Kamis, 25/7).

Freeport berencana akan PHK 50 persen pekerja tambang lapangannya. Selama ini rencana PHK selalu dikait-kaitkan karena Freeport tidak mau membangun smelter. Freeport sendiri memang sama sekali tidak berencana dan berkeinginan membangun smelter karena menurut mereka kewajiban tersebut sudah dipenuhi tahun 1995 ketika Smelter Gresik beroperasi, dimana 75% nya diurus Mitsubishi dan 25% Freeport McMoran.

Tidak mau berurusan dengan arbitrase dan urusan lain-lain dengan pemerintah, Freeport secara terpaksa belakangan mau membangun smelter lagi. Smelter akan bangun di Gresik, Jawa Timur. Daerah Gresik dipilih karena faktor bisnis dimana di sana tersedia energi gas. Pertimbangan lainnya karena faktor lingkungan dimana produk buangan smelter berupa H2SO4 atau asam sulfat pekat yang sangat beracun dapat dikelola langsung oleh Pupuk Gresik sebagai salah satu bahan utama pembuatan pupuk.

Janji Jokowi membangun smelter di Papua tidak tepat. Juga, tidak tepat upaya Jokowi mengatasi rencana 50 persen PHK pekerja Freeport dengan membangun smelter di Papua.

"Kalau bangun di Papua sama saja bohong, karena gak ada sumber energi yang tersedia, gak ada pembangkit listrik se pulau Papua selain menggunakan solar dan batubara impor dari kalimantan, serta pengelolaan lingkungan yang beresiko tinggi karena hasil buangan smelter harus secara khusus dilakukan pengelolaan dengan biaya tinggi," papar sumber yang paham betul soal seluk beluk Freeport Indonesia itu.

Diingatkan, smelter merupakan pabrik yang mengandalkan mekanisasi dan otomatisasi. Pabrikasi tidaklah padat karya. Paling banyak smelter hanya akan memiliki tenaga kerja 600 orang, atau jauh lebih kecil dari jumlah tenaga kerja pabrik panci Maspion, atau pabrik garment kelas menengah di Bandung.

"Mungkin saja Jokowi dan Freeport main mata soal smelter akan dibangun di Papua. Untung untuk Jokowi dapat suara banyak di timur. Untuk Freeport biar rugi sedikit asal dapat kepastian di perpanjang sampai 2041," demikian sumber itu menutup perbincangan dengan redaksi.[dem]

http://www.rmol.co/read/2014/07/25/165486/Duh,-Jokowi-Teken-Kontrak-Terkait-Freeport-Sebelum-Pilpres-






Jokowi depak Freeport, Ganti pakai Perusahaan Nasional
Jokowi depak Freeport, Ganti pakai Perusahaan NasionalJokowi depak Freeport, Ganti pakai Perusahaan NasionalJokowi depak Freeport, Ganti pakai Perusahaan Nasional

wakakakakaka emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ya ga mongkeen
Mantap nih wiwi emoticon-Big Grin
Yaelah. He is stupid but not that stupid. Mau mati apa ngusir freeport emoticon-Big Grin
habis kontrak 2021, pengurusan perpanjangan kontrak 2019 dan pastinya pilpres 2019 bakal makin panas nih emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By Jalan Cinta
Yaelah. He is stupid but not that stupid. Mau mati apa ngusir freeport emoticon-Big Grin


mati itu pasti bray

tinggal memiilih mati sebagai orang baik atau jadi orang laknat?
Ganti pake Esemka Port.? emoticon-Embarrassment
bakal jadi bullshit jilid ke berapa nih.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By no.regrets



Kalau memang benar, bisa terbayang ya kekayaan alam Indonesia dikelola dan dibudidayakan sepenuhnya oleh dan untuk Indonesia.

[


ralat dikit yg gw BOLD diganti Untuk JAWA emoticon-Smilie
Bagus. Asal jgn NATO (No Action Talk Only) seperti yg udah2.
Widiiwwwwh salute emoticon-Shakehand2:
Mau tarohan ujung ujungnya rebranding? emoticon-Big Grin
kalau ini mah H2C
ane udah tau endingnya
kalo bukan asbun terus ngeles
ada yg melintir ucapan saya

ane sundul sebulan lagi dah

Ninggalin jejak untuk buktikan janji atau cuma wacana belaka

sy percaya dg keberanian pak jkw...krn presiden sperti pak jkw ini hny mncul tiap 1000 thn sekali...