alexa-tracking

Mulai Kedatangan Kapal China, Semarang Siapkan SDM Berbahasa Mandarin

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564d7a26507410c56c8b456d/mulai-kedatangan-kapal-china-semarang-siapkan-sdm-berbahasa-mandarin
Mulai Kedatangan Kapal China, Semarang Siapkan SDM Berbahasa Mandarin
SEMARANG, KOMPAS.com – PT Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) menyiapkan grand design terkait mulai munculnya kawasan industri baru di Jawa Tengah. Selain menyiapkan sumber daya manusia agar bisa bersaing, TPKS mengaku akan menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

“Kawasan industri semakin banyak masuk di Jateng. Kami akan sesuaikan itu, misalnya lapangan penumpukan, gudang dan SDM. Kami proteksikan SDM bisa berbahasa Inggris dan Mandarin,” ujar General Manager TPKS Semarang, Erry Akbar di Semarang, Selasa (17/11/2015).

Menurut dia, kesiapan SDM dengan berbahasa asing perlu diprioritaskan. Pasalnya, sejauh ini telah ada empat kapal asal China yang langsung bersandar di Pelabuhan Tanjung emas Semarang.

“Impor sudah China langung. Kapal dari China masuk, kita harus punya SDM bisa bahasa mandarin. Kita bersaing bukan hanya ASEAN, tapi global,” ungkapnya.

Selain hal tersebut, TPKS juga menargetkan volume bongkar muat kontainer hingga satu juta twentyfoot equivalent units (TEUs). Rencana peningkatan itu lantaran pertumbuhan ekonomi di Jateng terus bergeliat.

“Kami juga sudah mengurangi pertemuan tatap muka, jadi good governance. Rata-rata tumbuh 15 persen. Makanya, dari target 620.000 TEUs, akan ditingkatkan hingga 700.000 TEUs,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut mendukung pengembangan pelabuhan. Ia tak bisa campur tangan banyak terkait pengembangan ini, namun bisa mendorong instansi yang mempunyai uang untuk ikut membantu pelabuhan.

Namun, sebelum itu, dia minta agar akses menuju pelabuhan tidak saja melalui darat, melainkan jalur kereta api. Jalur rel KA yang tergenang untuk tingkatkan lebih dari satu meter.

“Saya lebih ingin menjadi tukang ikat. Menjadi jembatan. Master plane sudah ada, kita sudah bicara Pelindo. Tugas saja itu, karena tidak semua jadi kewenangan provinsi,” timpalnya.
Penulis : Kontributor Semarang, Nazar Nurdin
Editor : Erlangga Djumena

mandarin gan

xinhua melaporkan
ane ndak isa bahasa mandarin
cukup pake indonesia campur jawa ngoko buat sehari-hari
wahhh siappp nihh
china stroong...
dejavu cheng ho ratusan taun lalu emoticon-Ngacir
Tadi ane liat ada iklan produk obat indonesia pake dubbing china, subtitle pake indonesia... Biasa gan, di tv metromini... Udah dinomor duakan aja bahasa indonesia emoticon-Ngakak
Baguslah kalo ga begini bisa kalah saing, semoga lebih baik kedepannya
Wo Bu Zhidao... emoticon-Hammer2
×