alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Hosting Stuff /
Minta Rekomendasi Spek untuk Bikin Webserver Dedicated Perusahaan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564d4736c0cb17463d8b4579/minta-rekomendasi-spek-untuk-bikin-webserver-dedicated-perusahaan

Minta Rekomendasi Spek untuk Bikin Webserver Dedicated Perusahaan

Minta rekomendasi donk, kira2 spesifikasi apa ya (rencananya mau bikin webserver dedicated) buat perusahaan kecil yang isinya cuma muat 1 website dan kurang lebih 200 account email?

Budget untuk beli server max 25 jt.

Yang lagi ane lihat:
- Fujitsu Primergy Server TX100 S3-8GB

Menurut agan bagaimana? Mohon saran maupun rekomendasi lain. Silahkan agan-agan

Thnx before
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Maksudnya agan beli server fisik dan di simpen di datacenter atau sewa dedicated server yang hanya siap pakai?
Kalau untuk 1 website dengan email segitu sewa server juga bisa dari pada beli server fisik, belum sewa colo nya, belum setting up sampe on, belum install ini itu emoticon-Big Grin
Budget setahun atau budget per bulan ?
sudah termasuk colo ?

atau gimana ? biar di perjelas
kalau itu budget operasional untuk 1 tahun... bisa dapat dedicated server dengan memori 16 GB dan HDD 2x1 TB..
Quote:


==================================================
-betul saran dari agan ini jika memang hanya dedicated server :

lebih baik kita bisa menyewa satu server secara utuh tanpa dibagi dengan user yang lain. Hanya kita sendiri yang menempati server tersebut.kita berkuasa penuh atas server tersebut termasuk pemilihan sistem operasi, hardware, dan sebagainya. Namun kita tidak perlu repot-repot, karena biasanya provider (perusahaan web hosting) juga menyediakan support untuk instalasi software tersebut sehingga sudah dalam kondisi yang siap pakai. Yang perlu kita ketahui, meskipun anda mempunyai kontrol penuh atas server tersebut, bukan berarti server tersebut milik anda. hardware tersebut tetap milik provider, anda hanya menyewa saja. [ jadi untuk maintenance bisa dari sisi provider, benar si kalau kita beli sever sendiri kita yang maintenance namun untuk sekala kecil saran ane menyewa : cmiiw ] emoticon-Smilie
Quote:


Apa memang perlu dedicated? Kadang kalau perusahaan kecil sih, shared hosting juga cukup.
Quote:


Itu bukannya SATA gan?
Atau ambil yang SAS version?

Kalo ane usul untuk 200 acc email, tergantung penggunaan emailnya sih. Kalau setiap account sehari bisa kirim/terima +/- 25 email aja, berarti sehari 5000 email yah?
Hmm.. bagusnya ambil yang SAS dengan setidaknya RAID-10.

Kalau ada budget, dan penggunaan email di atas itu, mungkin bisa dinaikan ke Xeon yang seri E5, seinget ane itu Fujitsu pakai Xeon seri E3 yah? Dan kalau untuk server dengan RAID, kayanya ga usah ambil SSD gitu deh.. karena bagaimanapun SSD tetep pakai controller SATA (diproses pakai CPU), sedangkan SAS RAID sepertinya masih lebih bagus karena dia punya controller sendiri.

Dan tergantung mailservernya juga yang bakal dipakai apaan.
Kalo agan termasuk tipe hard core admin yang cukup pakai semua standard package distro untuk mail server, 8GB ram kayanya mumpuni, tapi kalo agan lebih seneng pakai paket Mail Server yg udah jadi (tinggal pakai) seperti Zimbra atau Zarafa, mungkin perlu ditambah RAM nya. Apalagi kalo mikir pengen pakai Exchange.
* Sama juga untuk web server nya, apa perlu pakai control panel, atau agan cukup dengan plain web server yang adminnya lewat console.

HTH emoticon-Malu (S)


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di