alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564d4727d89b0988358b456e/inilah-aslinya-freeport-tak-bayar-dividen-pemerintah-diminta-tegas
Kesel 
[Inilah ASLINYA] Freeport Tak Bayar Dividen, Pemerintah Diminta Tegas
TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat pertambangan, Simon Sembiring, berharap PT Freeport Indonesia transparan mengenai alasan tidak membayar dividen kepada pemerintah Indonesia. Freeport tercatat terakhir membagi dividen ke pemerintah Indonesia pada 2012. Ia juga meminta pemerintah bersikap tegas terhadap Freeport yang tidak bersedia membayar dividen.

"Kalau memang rapat umum pemegang saham memutuskan tak ada pembayaran dividen, alasannya harus transparan. Jangan ternyata ujung-ujungnya menyalahi aturan," kata Simon saat dihubungi, Rabu, 18 November 2015.

Pada Maret 2014, misalnya, Freeport mengatakan tidak ada pembayaran dividen untuk 2013 karena kinerja perusahaan merosot dan komoditas tambang di pasar global melemah. Selain itu, kas perusahaan sebesar US$ 1 miliar disalurkan untuk pengembangan tambang bawah tanah.

"Yang investasi seperti ini harus ada persetujuan dengan pemerintah. Jangan asal diputuskan di RUPS saja dong. Kalau cuma di RUPS, pemerintah pasti kalah suara, karena cuma punya kurang dari 10 persen saham," ujar Simon. "Pemerintah harus tegas. Karena ada special agreement antara Indonesia dan Freeport. Tidak bisa disamakan seperti kerja sama antara swasta, ada uang rakyat yang dilibatkan di sini."

Karena itu, mantan Direktur Jenderal Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ini mengharapkan pemerintah mengawasi betul kinerja Freeport. Perseroan Terbatas itu tidak bisa asal memutuskan apakah akan membayarkan dividen. Dan, kalaupun ada, "Harus tagih terus. Jangan pasif menunggu jatah."Saham_Kecillll

Ini isu asli yg disembunyikan, bayar nohhh PT Pripot emoticon-Mad
Pemerintah sungguh lemah, cm punya saham 10%, ehhh ada ding yang KATA nya minta 20%, ane sih percaya aja dgn giringan isu busuk emoticon-Big Grin
Nah loh.....kok baru terbuka sekarang?
Quote:Original Posted By on.rhad
Nah loh.....kok baru terbuka sekarang?


Maunya malah ga terbuka tuh emoticon-Malu (S)
Pengalihan isunya sungguh dahsyat, yang merekam dirut Pripot, semua tercengang ulah SN, pdhal yg bilang minta saham itu pengusaha R emoticon-Big Grin
Lupa bahwa Pripot byk masalah di indo, dari dulu bkin smelter aja molooor emoticon-Big Grin
Kenapa baru ketahuan sekarang ya?
Udah puluhan tahun beroperasi
Quote:Original Posted By kortikal
TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat pertambangan, Simon Sembiring, berharap PT Freeport Indonesia transparan mengenai alasan tidak membayar dividen kepada pemerintah Indonesia. Freeport tercatat terakhir membagi dividen ke pemerintah Indonesia pada 2012. Ia juga meminta pemerintah bersikap tegas terhadap Freeport yang tidak bersedia membayar dividen.

"Kalau memang rapat umum pemegang saham memutuskan tak ada pembayaran dividen, alasannya harus transparan. Jangan ternyata ujung-ujungnya menyalahi aturan," kata Simon saat dihubungi, Rabu, 18 November 2015.

Pada Maret 2014, misalnya, Freeport mengatakan tidak ada pembayaran dividen untuk 2013 karena kinerja perusahaan merosot dan komoditas tambang di pasar global melemah. Selain itu, kas perusahaan sebesar US$ 1 miliar disalurkan untuk pengembangan tambang bawah tanah.

"Yang investasi seperti ini harus ada persetujuan dengan pemerintah. Jangan asal diputuskan di RUPS saja dong. Kalau cuma di RUPS, pemerintah pasti kalah suara, karena cuma punya kurang dari 10 persen saham," ujar Simon. "Pemerintah harus tegas. Karena ada special agreement antara Indonesia dan Freeport. Tidak bisa disamakan seperti kerja sama antara swasta, ada uang rakyat yang dilibatkan di sini."

Karena itu, mantan Direktur Jenderal Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ini mengharapkan pemerintah mengawasi betul kinerja Freeport. Perseroan Terbatas itu tidak bisa asal memutuskan apakah akan membayarkan dividen. Dan, kalaupun ada, "Harus tagih terus. Jangan pasif menunggu jatah."Saham_Kecillll

Ini isu asli yg disembunyikan, bayar nohhh PT Pripot emoticon-Mad
Pemerintah sungguh lemah, cm punya saham 10%, ehhh ada ding yang KATA nya minta 20%, ane sih percaya aja dgn giringan isu busuk emoticon-Big Grin


Sejak kapan pemerintah diatur PTFI ttg deviden?
TS bikin panastak kerja keras saja, bentar lagi banyak bawah gw yg sok umbar data unyuk membantah emoticon-Ngakak (S)
Panastak sekarang bekerja untuk membela penjajah penguras emas Indonesia emoticon-Malu (S)
dulu waktu pilpres wowo paling keras teriak aset negara diambil asing aseng
skr kroni2nya menikmati muntah asing aseng emoticon-Bingung (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Berduka (S)
asu lah
ane baca berita soal deviden gini kalo gak salah 2 taun lalu, tapi gak heboh, mungkin karna gak ada "papa minta saham".
Quote:Original Posted By boregasm
dulu waktu pilpres wowo paling keras teriak aset negara diambil asing aseng
skr kroni2nya menikmati muntah asing aseng emoticon-Bingung (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Berduka (S)
asu lah


Biasa gan, bahasa kampanye, lha ini mana pak prabowo, belum kedengeran suaranya. Kalo mau menag 2009, muncul donk, kesempetan neh topik untuk mengangkat citra (kirana).emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By kortikal


Maunya malah ga terbuka tuh emoticon-Malu (S)
Pengalihan isunya sungguh dahsyat, yang merekam dirut Pripot, semua tercengang ulah SN, pdhal yg bilang minta saham itu pengusaha R emoticon-Big Grin
Lupa bahwa Pripot byk masalah di indo, dari dulu bkin smelter aja molooor emoticon-Big Grin




Kalo kata berita di trit sebelah,pripot menunda smelter karena memastikan kontrak dperpanjang atau ga,ngebangun smelter ga murah katanya.
Ga yakin sih ini bakal buka2an,cuma tinggal tergantung setnop berani nyanyi ga,karena beberapa pengamat ga yakin kalo apa saham yg diributkan utk dia doank...
Quote:Original Posted By mr.bombat
ane baca berita soal deviden gini kalo gak salah 2 taun lalu, tapi gak heboh, mungkin karna gak ada "papa minta saham".




Ooh sempet muncul ya gan beritanya?
smelternya dah kelar belom? emoticon-Malu (S)


Coba deh baca lg berita di atas, tu kasus tahun berapa yg disalahkan siapa?
Kalau panasbung ga mengakui Jokowi sbg presiden RI, knapa marah2 dimari? Emang bulan maret 2014 Jokowi dah jd presiden RI?

#I don't read what I post!!!
Quote:Original Posted By tukangabsen
Coba deh baca lg berita di atas, tu kasus tahun berapa yg disalahkan siapa?
Kalau panasbung ga mengakui Jokowi sbg presiden RI, knapa marah2 dimari? Emang bulan maret 2014 Jokowi dah jd presiden RI?

#I don't read what I post!!!




Jika TS beda iman PIG akan bilang TAIK emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By bosskikilalexis




Jika TS beda iman PIG akan bilang TAIK emoticon-Smilie


Sama tante jangan galak2 om
kalau dari dividen cuma 10 persen saham bijimane pemerintah bisa tegas bray. pade ngerti sistem perusahaan ndak sih?


btw, selain dividen ada yang lain gak sih yang di bayar pripot ke Indonesia, setau gw ada royalti n biaya2 lain termasuk yang buat kemakmuran papua?

kalau itu yang di kemplang ya pemerintah kudu tegas,,, kalau dividen : tambahi dulu sahamnya gih

namanya juga deviden...yah gak tiap taon dibagiin laa...tergantung RUPS nya...LOLS...^^
Quote:Original Posted By bukan_hp_nokia


Sama tante jangan galak2 om


Uda ane ajak nungging gamau dia, ganas pastinya di ranjang
Quote:Original Posted By bosskikilalexis


Uda ane ajak nungging gamau dia, ganas pastinya di ranjang


Bayar om, jangan cuma ngajak aja. Pasti ndak mau
Quote:Original Posted By nana94
kalau dari dividen cuma 10 persen saham bijimane pemerintah bisa tegas bray. pade ngerti sistem perusahaan ndak sih?


btw, selain dividen ada yang lain gak sih yang di bayar pripot ke Indonesia, setau gw ada royalti n biaya2 lain termasuk yang buat kemakmuran papua?

kalau itu yang di kemplang ya pemerintah kudu tegas,,, kalau dividen : tambahi dulu sahamnya gih



10% mmg bukan mayoritas, tapi bukan jumlah yg dikit juga....

pemilik saham berhak mendapatkan laporan keuangan audit dari perusahaan yg dia miliki sahamnya setiap triwulan...

apalagi freeport ini perusahaan terbuka kan?

jangan kan pemilik saham, publik yg ga punya saham aja bisa mengakses laporan keuangannya...

dari situ bisa di ketahui kinerja perusahaannya selama setahun....

apa jadinya kalau ternyata laba operasional perusahaan tumbuh dan menghasilkan, tapi deviden tidak di bagikan kepada para pemilik saham???

apalagi pemilik sahamnya setara pemerintah negara yg notabennya punya keterkaitan lain juga dengan perusahaan elu di luar saham...

coba aja elu coba jawab sendiri... emoticon-Traveller