alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564d39261854f7971a8b456a/rizal-ramli-jika-kontrak-freeport-diputus-indonesia-dapat-16-juta-kg-emas
Rizal Ramli: Jika Kontrak Freeport Diputus, Indonesia Dapat 16 Juta Kg Emas
Rizal Ramli: Jika Kontrak Freeport Diputus, Indonesia Dapat 16 Juta Kg Emas, Kurs Rupiah Bisa Rp.2.000 Terhadap Dollar AS
Rizal Ramli: Jika Kontrak Freeport Diputus, Indonesia Dapat 16 Juta Kg Emas

Eramuslim.com – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menyatakan, Indonesia bisa mendapatkan rezeki berlipat ganda apabila berani menghadapi PT Freeport.

Ia menegaskan, Presiden Joko Widodo sudah berulang kali menjelaskan perusahaan asing di Indonesia, termasuk Freeport harus mematuhi sejumlah persyaratan yang diminta, antara lain, membayar royalti lebih tinggi, mengurus limbah, melakukan disvestasi, membangun smelter, dan perbaikan lingkungan. Kalau kelima itu bisa dipenuhi, Rizal mengatakan, kontrak karya bisa terus dilanjutkan.

“Tapi, kalau seandainya Freeport ngotot nggak mau penuhi, kembalikan kontrak karyanya karena Indonesia akan dapat duren runtuh, mengapa? Karena, cadangan emas di Freeport itu,” ucapnya dalam acara Core Economic Outlook di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (18/11)

Dalam hitung-hitungannya apabila kontrak karya Freeport dikembalikan ke Indonesia, Rizal menuturkan masih ada cadangan emas yang relatif besar. Meski, saat ini cadangan emas di Gunung Grasberg sudah habis, baru-baru ini ditemukan cadangan emas yang melimpah di sekitar kanan dan kiri lembah di bawah gunung tersebut. Cadangan emas yang terkandung di dalamnya bisa mencapai 16 juta kilogram dan cadangan tembaganya bisa sampai 1,5 miliar kilogram, termasuk kandungan mineral langka lainnya.

“Jadi, kalau Freeport ngotot nggak mau memenuhi permintaan Presiden tadi, kembalikan. Saudara kebayang nggak, cadangan devisa emas Bank Indonesia hanya 100 ribu kg, Cina hanya beberapa juta kg, Freeport cadangan devisanya itu 16 juta kg.Bayangin, setengahnya saja kita masukin ke dalam cadangan devisa BI, rupiah menguat ke berapa? Bisa menguat ke Rp 2.000 per dolar AS,” katanya. Beranikah Jokowi? (ts)

http://www.eramuslim.com/berita/riza...m#.Vk03Rl5mS00

ini beneran gak sih? emoticon-Bingung moga2 sih analisanya pa rizal akurat, sehingga indonesia bisa bayar hutang yg bejibun itu...tapi ane ragu klo government punya keberanian untuk itu... emoticon-Big Grin
16juta kg?knapa ga di hitung pake ton aja sih??emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By gembaladomba13
16juta kg?knapa ga di hitung pake ton aja sih??emoticon-Big Grin


biar heboh, lu kaya kaga tau pegimana polahnya negara kite.
tidak semudah itu.

RR disini berperan sebagai bad cop.
cadangan emasnya malah sampai PNG.

mangkanya pemerintah harus brani minta saham kosongnya minimal 30% kalo gak dikasih jangan diperpanjang, biarkan masa kontraknya habis kalo dah habis baru dilelang dgn komposisi saham 50:50, pasti banyak yg ngantri.
pertanyaan di benak ane.

1. apakah kita mampu mengolahnya???
2 . ada yg jamin emasnya bakal masuk ke negara?? bukan kas pribadi ato parte????

ane pesimis gan...
tapi semoga aja bener ya?
Trus RR kepentingannya apa diskenario ini?

Quote:Original Posted By jembigonjes
Trus RR kepentingannya apa diskenario ini?



Sekedar memberikan opini saja sepertinya. emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By hooligancrew
pertanyaan di benak ane.

1. apakah kita mampu mengolahnya???
2 . ada yg jamin emasnya bakal masuk ke negara?? bukan kas pribadi ato parte????

ane pesimis gan...

setuju ama pertanyaan ini..plus resiko NKRI bubar..minimal papua keluar.
16M kg sama 16K ton banyakan mana?
itu miliknya org Papua Gan ... jangan dibawa semua ke Jkt /BI ...

bangun Papua se-hebat2nya ...

bikin smelter di Papua ... bangun pembangkit listrik yg besar di Papua ... bangun sarana dan prasarana yg mencukupi ...

bangun sekolah se-banyak2nya ... tugaskan guru se-banyak2nya dg gaji 5x lipat ...
Quote:Original Posted By gembaladomba13
16juta kg?knapa ga di hitung pake ton aja sih??emoticon-Big Grin


Masih untung ngak pakai gram
16 juta kilo ya? berarti sama dengan 16rb ton nih?
cukup ga si buat hidup layak se Indonesia? emoticon-Big Grin
emas segitu banyak kok tapi papua gak semaju pulau jawa, gak adil
Quote:Original Posted By molanay
16M kg sama 16K ton banyakan mana?


Klo di itung nolnya banyakan 16T gram
Quote:Original Posted By mcdeniels
ini beneran gak sih? emoticon-Bingung moga2 sih analisanya pa rizal akurat, sehingga indonesia bisa bayar hutang yg bejibun itu...


Sebelumnya maaf mengecewakan, tapi sepertinya analisa Pak Rizal Ramli salah LAGI.

(Berikut saya sadur dari tweet-nya Poltak Hotradero sebagai sumber):
Menurut Pak Rizal Ramli ada cadangan Emas Freeport sebanyak 16 Juta kg. Ini satuan yang nggak normal, karena emas biasanya dalam "troy oz". (1 troy oz adalah sekitar 31 gram. 1 kg = 1000 gram)

Kalau merujuk pada laporan keuangan Freeport McMoran, produksi Emas Freeport dari Papua adalah sekitar 1 juta troy oz per tahun.

Angka 16 Juta kg Emas Freeport sendiri juga angka yang terasa janggal. Itu sama dengan 16 ribu TON. Berapa banyak sih emas se-dunia?
Sebagai perbandingan: sejak jaman purba kala sampai sekarang, volume emas yang pernah ditambang umat manusia adalah: sekitar 180 ribu ton.

Maka jika SEANDAINYA satuannya benar (kg), tetap tidak realistis: masa' Emas Freeport dari Papua bisa setara 9% seluruh emas yang ada di dunia?
Padahal negara-negara produsen emas terbanyak di dunia: Afrika Selatan, China, Kanada, Australia, Amerika, dan Russia tidak punya emas sebanyak itu. Lihat tabel berikut:
Rizal Ramli: Jika Kontrak Freeport Diputus, Indonesia Dapat 16 Juta Kg Emas

Maka jadi lebih mungkin Pak Rizal Ramli salah satuan; bukannya "kg" tetapi "troy oz", dan menurut Pak Hotradero ini fatal perhitungan.

Beliau mencoba cara lain: ANDAIKAN ada KEAJAIBAN bahwa emas di Papua 16 Juta kg. Bukankah emas itu perlu ditambang dan bukan dipungut?
Dari laporan keuangan Freeport McMoran dapat diperoleh angka bahwa untuk menghasilkan 1 gram emas, perlu dibongkar sekitar 1 ton bebatuan. Maka dapat dihitung bahwa untuk bisa menambang 16 ribu ton emas, diperlukan usaha membongkar sekitar 16 Miliar ton bebatuan.
16 miliar ton bebatuan itu sebesar apa?
Sebagai gambaran tonase seluruh kapal yang lewat terusan Panama per tahun adalah 340 Juta Ton.
Nah jadi 16 Miliar ton bebatuan itu sama dengan bobot seluruh kapal yang melewati Terusan Panama selama 47 tahun.
Apa iya bebatuan di lokasi penambangan Papua sampai setara bobot seluruh kapal yang melewati terusan Panama selama hampir 1/2 abad?

Cara lain, beliau analisa pada biaya penggaliannya.
Di sini Pak Hotradero bilang dia analisa pakai tarif tukang pacul.
Biaya penggalian Rp. 100 per kg atau Rp. 100 ribu per Ton. Berapa biaya yang akan diperlukan?
Tinggal kita kalikan saja, Rp. 100 ribu dikali 16 Miliar Ton = Rp. 1600 Triliun! Padahal itu cuma pakai tarif tukang pacul.
Maka dari aspek biaya saja angka 16 juta kg sudah ngaco.

Dari analisa-analisa beliau di atas, maka yang lebih mungkin: salah satuan. Bukan "kg" tetapi "troy oz".

* beda antara "oz" dan "troy oz" = oz yang itu untuk benda cair. Untuk benda padat - maka digunakan troy oz. Setara 31,1 gram.

Semoga bermanfaat.
Quote:Original Posted By gembaladomba13
16juta kg?knapa ga di hitung pake ton aja sih??emoticon-Big Grin


Biar greget...16 ribu ton ama 16 juta kg lbh bombastis mana?emoticon-Big Grin
ngimpiiiiiii emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By elvisharcher


Sebelumnya maaf mengecewakan, tapi sepertinya analisa Pak Rizal Ramli salah LAGI.

(Berikut saya sadur dari tweet-nya Poltak Hotradero sebagai sumber):
Menurut Pak Rizal Ramli ada cadangan Emas Freeport sebanyak 16 Juta kg. Ini satuan yang nggak normal, karena emas biasanya dalam "troy oz". (1 troy oz adalah sekitar 31 gram. 1 kg = 1000 gram)

Kalau merujuk pada laporan keuangan Freeport McMoran, produksi Emas Freeport dari Papua adalah sekitar 1 juta troy oz per tahun.

Angka 16 Juta kg Emas Freeport sendiri juga angka yang terasa janggal. Itu sama dengan 16 ribu TON. Berapa banyak sih emas se-dunia?
Sebagai perbandingan: sejak jaman purba kala sampai sekarang, volume emas yang pernah ditambang umat manusia adalah: sekitar 180 ribu ton.

Maka jika SEANDAINYA satuannya benar (kg), tetap tidak realistis: masa' Emas Freeport dari Papua bisa setara 9% seluruh emas yang ada di dunia?
Padahal negara-negara produsen emas terbanyak di dunia: Afrika Selatan, China, Kanada, Australia, Amerika, dan Russia tidak punya emas sebanyak itu. Lihat tabel berikut:
Rizal Ramli: Jika Kontrak Freeport Diputus, Indonesia Dapat 16 Juta Kg Emas

Maka jadi lebih mungkin Pak Rizal Ramli salah satuan; bukannya "kg" tetapi "troy oz", dan menurut Pak Hotradero ini fatal perhitungan.

Beliau mencoba cara lain: ANDAIKAN ada KEAJAIBAN bahwa emas di Papua 16 Juta kg. Bukankah emas itu perlu ditambang dan bukan dipungut?
Dari laporan keuangan Freeport McMoran dapat diperoleh angka bahwa untuk menghasilkan 1 gram emas, perlu dibongkar sekitar 1 ton bebatuan. Maka dapat dihitung bahwa untuk bisa menambang 16 ribu ton emas, diperlukan usaha membongkar sekitar 16 Miliar ton bebatuan.
16 miliar ton bebatuan itu sebesar apa?
Sebagai gambaran tonase seluruh kapal yang lewat terusan Panama per tahun adalah 340 Juta Ton.
Nah jadi 16 Miliar ton bebatuan itu sama dengan bobot seluruh kapal yang melewati Terusan Panama selama 47 tahun.
Apa iya bebatuan di lokasi penambangan Papua sampai setara bobot seluruh kapal yang melewati terusan Panama selama hampir 1/2 abad?

Cara lain, beliau analisa pada biaya penggaliannya.
Di sini Pak Hotradero bilang dia analisa pakai tarif tukang pacul.
Biaya penggalian Rp. 100 per kg atau Rp. 100 ribu per Ton. Berapa biaya yang akan diperlukan?
Tinggal kita kalikan saja, Rp. 100 ribu dikali 16 Miliar Ton = Rp. 1600 Triliun! Padahal itu cuma pakai tarif tukang pacul.
Maka dari aspek biaya saja angka 16 juta kg sudah ngaco.

Dari analisa-analisa beliau di atas, maka yang lebih mungkin: salah satuan. Bukan "kg" tetapi "troy oz".

* beda antara "oz" dan "troy oz" = oz yang itu untuk benda cair. Untuk benda padat - maka digunakan troy oz. Setara 31,1 gram.

Semoga bermanfaat.


mantep tup baru tahu ane...makasih banyak pnjelasan nya gan.....jadi gak sesat fikir ni emoticon-Big Grin emoticon-Blue Guy Peace
yaaaaa gak jadi ni bebas hutangnya ya? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

×