alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564c5b3c162ec2db088b4569/paru-paru-basah-masih-mengancam-anak-anak-kota-medan
Paru-paru Basah Masih Mengancam Anak-anak Kota Medan
http://bareskrim.com/2015/11/18/paru...ak-kota-medan/
MEDAN | Pneumonia atau paru-paru basah masih menjadi ancaman serius bagi anak-anak warga Kota Medan. Berdasarkan data di RSUD dr Pirngadi Medan, selama Agustus – September 2015, rumah sakit milik Pemko Medan itu menangani 113 pasien pneumonia anak-anak menjalani rawat inap. Dari jumlah itu, terdapat 41 pasien pnerumonia yang meninggal dunia.

Kepala Bagian Humas RSUD Dr Pirngadi Edison Perangin-Angin mengatakan, selama Agustus 2015 tercatat penderita pneumonia yang masuk ke sebanyak 64 orang dengan rincian pasien laki-laki 22 orang dan perempuan 42 orang menjalani rawat inap.

“Selama Agustus, tercatat penderita pneumonia yang meninggal dunia untuk pasien laki-laki sebanyak 3 orang dan perempuan 21 orang,” ujar Edison kepada wartawan, Rabu (18/11/2015).

Untuk September, penderita pneumonia di RSUD dr Pirngadi tercatat sebayak 49 orang, dengan rincian pasien laki-laki sebanyak 19 orang dan perempuan 30 orang menjalani rawat inap. Selama September, jumlah pasien yang meninggal akibat pneumonia sebanyak 17 orang, dengan rincian laki- laki 8 orang dan perempuan 9 orang.

“Banyak pasien pneumonia anak-anak yang meninggal dunia di RSUD dr Pirngadi Medan karena memang sudah parah. Kalau yang masih gejala dan tidak begitu parah biasa masih menjalani perobatan di Puskesmas, makanya rawat jalan penyakit ini tidak begitu banyak. Kalau rawat jalan tidak begitu banyak,” katanya.

Dokter Spesialis Paru, Tunggul, mengatakan pneumonia atau paru-paru basah adalah peradangan jaringan di salah satu atau kedua paru-paru yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Gejala umum pneumonia meliputu batuk, demam dan kesulitan dalam bernafas.

“Penyakit pneumonia mudah terserang terhadap orang yang imunitas tubuh yang tidak kuat. Makanya anak-anak dan usia lanjut mudah terkena penyakit pneumonia, tapi orang dewasa pun kalau tidak kuat mudah terkena. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan dan pola hidup sehat,” katanya.

Masih cukup tingginya penderita pneumonia di Medan, khususnya anak katanya karena kondisi asap yang belakangan ini terjadi di Kota Medan. Selain itu, kondisi cuaca yang tergolong ektrim dan kurang sehat.

“Bisa jadi masih tinggi datanya karena akibat asap yang terjadi beberapa waktu lalu. Namun, jika imunitas kuat dan pola hidup bersih dan sehat maka sulit terkena penyakit pneumonia,” ujarnya.
×