alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564c518cc1cb174a428b4568/rizal-ramli-penuhi-syarat-jokowi-atau-freeport-putus-kontrak
Rizal Ramli: Penuhi Syarat Jokowi atau Freeport Putus Kontrak

Disinggung mengenai divestasi saham Freeport, Rizal Ramli hanya berkomentar singkat. "Tunggu saja, sabar, nikmati dulu sinetronnya."



Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyarankan agar PT Freeport Indonesia mengakhiri kontrak karya jika tidak mampu memenuhi lima syarat yang diajukan Presiden Joko Widodo.

Syarat pertama, kata Rizal, Freeport harus membayar royalti yang lebih tinggi. Pemerintah sebelumnya menetapkan royalti tembaga naik dari 3,5 persen menjadi 4 persen; royalti emas naik dari 1 persen menjadi 3,75 persen; dan royalti perak naik dari 1 persen menjadi 3,25 persen.

Syarat kedua, sebut Rizal, Freeport harus bertanggung jawab atas limbah hasil eksplorasi tambang mineral di Gunung Bijih, Mimika, Papua Barat. Ketiga, Freeport harus melaksanakan ketentuan divestasi dengan melepas saham mayoritas ke nasional.

Keempat, Rizal menagih janji Freeport untuk membangun pabrik pemurnian mineral (smelter). Terakhir, Freeport dituntut untuk memperbaiki lingkungan yang rusak akibat aksi penambangan secara masif.

"Kalau itu dipenuhi, (izin tambang) bisa dilanjutkan. Tapi kalau seandainya Freeport ngotot tidak mau penuhi, kembalikan kontrak karyanya karena Indonesia akan dapat durian runtuh," ujarnya di Jakarta, Rabu (18/11).

Disinggung mengenai divestasi saham Freeport, Rizal Ramli hanya berkomentar singkat. "Tunggu saja, sabar, nikmati dulu sinetronnya."


Cadangan Emas

Mantan Menteri Keuangan era Gus Dur itu mengatakan Freeport awalnya menemukan cadangan emas di permukaan Gunung Bijih (Grasberg) di Mimika, Papua Barat. Sejalan dengan proses eksplorasi yang masif, Freeport mengeruk Grasberg hingga menembus leher dan perut gunung.

"Tetapi di sebelah kirinya (masih) ada lagi cadangan, di sebelah kanannya ada cadangan," ujar Rizal.

Menurut Rizal, total cadangan emas Freeport yang sudah terbukti volumenya mencapai 16 juta kilogram (Kg). Sementara untuk cadangan tembaga diperkirakan mencapai 1,5 miliar Kg dan itu belum termasuk komoditas tambang berharga lainnya.

"Cadangan emas Bank Indonesia itu hanya 100 Kg, China hanya berapa juta Kg. Freeport cadangan emasnya itu 16 juta kg. Bayangin kalau setengahnya saja kita masukkan ke dalam cadangan Bank Indonesia, rupiah bisa menguat ke berapa? Bisa menguat ke Rp 2.000 per US$," tuturnya.

http://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20151118130609-85-92448/rizal-ramli-penuhi-syarat-jokowi-atau-freeport-putus-kontrak/



Panasbung bancghad gimana mau maju bangsa ini emoticon-fuck
Reserved.
gak usah koar dulu pak. sinetron nya jangan lama2 episode nya. cepetan ambil alih aja deh tu freeport. tapi sdm kita dah mampu belum ya?
Quote:Original Posted By devagni
gak usah koar dulu pak. sinetron nya jangan lama2 episode nya. cepetan ambil alih aja deh tu freeport. tapi sdm kita dah mampu belum ya?

Sdm indo harusnya mampu, banyak anak bangsa yg pinter2. Sdh terbukti. Cmn anehnya knp freeport masih aja di perpanjang? Gw duga tiap td tgn kontrak para eksekutif kecipratan
Quote:Original Posted By devagni
gak usah koar dulu pak. sinetron nya jangan lama2 episode nya. cepetan ambil alih aja deh tu freeport. tapi sdm kita dah mampu belum ya?


u pikir pekerjanya bule semua? emoticon-Big Grin
taruhlah masih ada bule, tapi biasanya hanya seputaran managemen
sisanya ya kita juga
Sinetronya brp episot gan?
Lm bgt tamatnya, pdhl ane cm pgn liat yg mati SS, SN ato RC.,.sukur2 nm yg kecatut da yg nyantol hehe
Ada negativenya gak kalau putus kontrak? Kalau positivnya lebih banyak dari negative napa gak? Kecuali kalAu ada apa apa nya
Quote:Original Posted By devagni
gak usah koar dulu pak. sinetron nya jangan lama2 episode nya. cepetan ambil alih aja deh tu freeport. tapi sdm kita dah mampu belum ya?


ane kira SDM kita mampu, yang jadi pertanyaan, mampukah perusahaan kita ga jadi sapi perah seandainya Freeport ga diperpanjang...
Quote:Original Posted By crocodilus81

Sdm indo harusnya mampu, banyak anak bangsa yg pinter2. Sdh terbukti. Cmn anehnya knp freeport masih aja di perpanjang? Gw duga tiap td tgn kontrak para eksekutif kecipratan


Ane jg yakin. Selain eksekutif , org2 legislatif dan org2 pemda sono pasti jg ada jatah
Quote:Original Posted By crocodilus81

Sdm indo harusnya mampu, banyak anak bangsa yg pinter2. Sdh terbukti. Cmn anehnya knp freeport masih aja di perpanjang? Gw duga tiap td tgn kontrak para eksekutif kecipratan


Mampu? Yakin?
Kalo putus kontrak,,,takutnya


Ahhhh sudahlah
Berani mutus kontrak Freeport, OPM langsung dijatuhi senjata & amunisi 50 ton kayak Pemberontak Suriah.
emoticon-Big Grin
gue malah kepikiran 2019 pemilu bakar ribut klu calon presidenx brani janji ga perpanjang freeport
semoga pemimpinx masih Jokowi dan masih dilindungi
ngahok di lawan gan
emoticon-Takut
Putus kontrak boleh asalkan santun
gede bacot doang, apalagi perekonomian di negeri paman sam lagi kurang bagus
mana mau dilepas
berani mutusin kontrak?
shock and awe di indonesia
emoticon-Ngakak
Nah tuh, turuti syaratnya ato FP minggat sana.

Nastak ama nasbung duduk dulu di pojokan. Nikmati dolo sinetronnya.
Tapi ini manuver bagus, entah sepengetahuan pak presiden atau emang di luar perkiraan karena yg jalan petinggi Tentara..


Dan kabar bagus lainya Ternyata Masih ada petinggi negeri yang bukan BUDAK UANG

emoticon-I Love Indonesia

Kita lihat bagaimana orang 'kita' menyikapinya

emoticon-Cool
si RR ikutan gaduh juga.. mau kena misi kontra intelejen freeport emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By longcat...
Tapi ini manuver bagus, entah sepengetahuan pak presiden atau emang di luar perkiraan karena yg jalan petinggi Tentara..


Dan kabar bagus lainya Ternyata Masih ada petinggi negeri yang bukan BUDAK UANG

emoticon-I Love Indonesia

Kita lihat bagaimana orang 'kita' menyikapinya

emoticon-Cool


ya tau lah, jgn ksh yg berat2, skip dia kl ini. emoticon-Traveller