alexa-tracking

Polrestro Jakarta Utara Bekuk Pelaku Pemalsuan STNK

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564c185a947868f83d8b4568/polrestro-jakarta-utara-bekuk-pelaku-pemalsuan-stnk
Peringatan! 
Polrestro Jakarta Utara Bekuk Pelaku Pemalsuan STNK
Polrestro Jakarta Utara Bekuk Pelaku Pemalsuan STNK

Mohammad Sofyan alias Pian (33), spesialis pemalsu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) mobil ditangkap anggota Unit Resmob Satrekrim Polres Metro Jakarta Utara.

"Benar kita telah menangkap pelaku pemalsuan STNK yang disamakan dengan plat nomer kendaraan dan nomer mesin," ujar Kapolres Jakarta Utara Kombes Susetio Cahyadi, Selasa (17/11/2015).

Lanjut Susetio, kejahatan yang di lakukan oleh pelaku cukup apik, karena STNK tersebut seolah-olah mirip dengan yang asli.

"Ia telah merubah beberapa data otentik yang terdapat dalam STNK seperti, nama pemilik, nomor mesin, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dan nomor rangka," jelas Susetio.

Ditambahkan olehnya, dalam sekali transaksi penjualan, Pian bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 40 juta.

"Kita ancam dengan Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan dengan ancaman 5 tahun penjara. Kita selidiki juga dugaan keterlibatan pihak leasing,” tandasnya.

Sementara itu, Pian yang merupakan warga Cilincing, Jakarta Utara, tidak berkutik saat aparat petugas membekuknya. Kepada polisi, Pian mengaku sudah lama menjalankan aksi pemalsuan STNK.

"Saya enggak begitu ingat sudah berapa mobil yang saya jual pakai STNK palsu. Disamping harga nya murah, lakunya juga cepet pak," tukas Pian.

Lebih jauh Pian mengatakan, dalam menjalankan aksinya ia memilih-milih STNK yang berada di pihak leasing kendaraan. STNK yang dipilihnya disesuaikan dengan jenis kendaraan yang ia miliki.

"Saya juga modal-lah, beli mobil bodong juga. Kalau sudah dapat mobil bodong, tinggal cari STNK yang mirip-mirip sama mobil saya punya. Nah udah gitu dipalsuin aja. Sengaja pilih STNK tarikan leasing,” bebernya.

Untuk diketahui, tiga mobil yang dipalsukan oleh pelaku yaitu Toyota Yaris putih bernopol B 27 ULY, Suzuki Swift merah bernopol B 1727 TW dan BMW silver metalik bernopol B 1951 ZM.

Narsum: http://www.infonitas.com/megapolitan...uan-stnk/11948

wih pantesan menggiurkan ternyata emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S)
Bisa booming bisnis stnk palsunya apa lagi klo biaya perpanjangan stnknya naik terus....