alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564b33c9902cfedd068b4569/mungkinkah-pencatut-nama-presiden-dijerat-secara-pidana
Mungkinkah Pencatut Nama Presiden Dijerat Secara Pidana?
Quote:Original Posted By Baratayudha17...

Mungkinkah Pencatut Nama Presiden Dijerat Secara Pidana?

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said telah melaporkan anggota DPR yang diduga mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait perpanjangan kontrak PT Freeport kepada Mahkamah Kehormatan Dewan.

Dalam sebuah wawancara eksklusif pada sebuah stasiun televisi, Senin (16/11/2015) petang, Sudirman menyebutkan bahwa yang diduga mencatut nama Presiden dan Wakil Presiden adalah Ketua DPR RI Setya Novanto.

Namun, ia memilih melaporkannya kepada MKD, dan tidak melaporkannya secara pidana kepada pihak kepolisian.Bisakah pencatut diproses secara pidana?

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar berpendapat, dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tak ada pasal spesifik yang mengatur tindak pencatutan nama. Namun, menurut dia, pencatutan nama mengandung unsur penipuan.

"Tindakan pencatutan nama itu memenuhi unsur pasal 378 KUHP tentang perbuatan curang (penipuan). Pelaku mengatasnamakan nama palsu dan tentunya keadaan palsu demi keuntungan dirinya sendiri atau orang lain," ujar Fickar kepada Kompas.com, Senin malam.

Pasal 378 KUHP berbunyi, "Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi hutang rnaupun menghapuskan piutang diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama empat tahun".

Dalam kasus ini, menurut Fickar, belum ada tindakan penipuan. Pihak yang diduga mencatut belum mendapatkan keuntungan apapun dari PT Freeport. Akan tetapi, tindakannya tetap bisa dijerat hukum atas dugaan percobaan penipuan yang tak termasuk delik aduan. Aparat penegak hukum bisa langsung melakukan proses penyelidikan tanpa harus menunggu laporan.

"Ditambah lagi, percobaan penipuan yang dilakukan adalah kategori kepentingan umum. Seharusnya penegak hukum bisa langsung masuk itu. Penegak hukum memiliki alasan untuk mengusut kasus ini," lanjut Fickar.

Selain Pasal 378 KUHP, menurut Fickar, si pencatut juga dapat dijerat dengan Pasal 310 KUHP tentang pencemaran nama baik. Jika menggunakan pasal ini, Jokowi atau Kalla, harus membuat laporan ke polisi.

Fickar menilai, pencatutan nama presiden dan wakil presiden merupakan cerminan titik terendah etika dan moral pejabat tinggi negara.

"Dari peristiwa ini kita lihat, di tingkat pejabat tinggi negara saja moral dan etika sudah kalah dengan kepentingan ekonomi. Saya berharap dia diberhentikan dan masuk ke ranah hukum kasusnya. Malu kita dengan orang-orang seperti itu," ujar Fickar.

Dalam salah satu pernyataannya, Sudirman mengatakan, pada pertemuan ketiga, politisi dan pengusaha itu meminta saham sebesar 11 persen untuk Presiden dan 9 persen untuk Wapres demi memuluskan renegosiasi perpanjangan kontrak PT Freeport.

Saat ini juga beredar transkrip sebanyak tiga halaman yang diterima kalangan media. Sejumlah inisial disebut sebagai pihak yang bertemu, di antaranya SN. Selain itu, transkrip juga menyebut sejumlah nama tokoh pemerintahan dalam perbincangan. Namun, kebenaran transkrip itu belum terkonfirmasi.


Crottt dimarih...:D


Intinya kemungkinan nasib Papa minta Saham bakal lbh baik dr Mama minta Pulsa klo dgn sistem hukum kita yg skg, krn klo cm soal etika, tau sndirilah etika nih org2... MKD mgkn bakal jd Dewi Fortuna lg, kmungkinan besar gagal crot dahemoticon-Hammer

Reserved


emoticon-Stick Out Tonguesigned by baratayudha17emoticon-Cool
Tembak mati aja emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By baratayudha17
Reserved
emoticon-Stick Out Tonguesigned by baratayudha17emoticon-Cool


Gimana tanggapan panasbung?
Quote:Original Posted By bombersuicide


Gimana tanggapan panasbung?


Klo nasbung yg kelas tinggi mcm dower&zonk sdh jelas statementnya, klo yg kelas cere ane blm tau, ane Panasbul soalnya emoticon-Cool
wah bisa makan tai nih nasbung...

nabinya ditangkep
Oh pasti bisa gan. SN bisa di Pidana jika ada pelaporan ke lembaga penegak hukum entah itu Polisi, Kejaksaan atau KPK dan terbukti dengan sah dan meyakinkan bahwa SN melakukan penipuan terhadap freeport. Atau terbukti dengan sah dan meyakinkan bahwa SN menerima imbalan dalam bentuk apapun yang berpotensi memperkaya diri sendiri atau orang lain. Nah persoalannya, siapakah yang akan lapor? moga moga Mas Joko berani lapor. Dengan resiko : 1. Semua pihak yang terlibat dan tersebut dalam pembicaraan akan di usut dan di periksa. Dan bisa saja atas kepentingan netralitas hukum maka semua pihak harus non aktif dari jabatannya. Dengan demikian baik mas Joko, Simbah JK, opung LBP semua non aktif. Juga SN. Kita tunggu saja sambil ngopi dan makan grontol jagung..oke???
Quote:Original Posted By baratayudha17


Intinya kemungkinan nasib Papa minta Saham bakal lbh baik dr Mama minta Pulsa klo dgn sistem hukum kita yg skg, krn klo cm soal etika, tau sndirilah etika nih org2... MKD mgkn bakal jd Dewi Fortuna lg, kmungkinan besar gagal crot dahemoticon-Hammer




catut mencatut pasal pidananya apa? emoticon-Bingung (S)
paling ke pasal pencemaran nama baik
klo yg merasa dicatut dirugikan nama baiknya, si junjungan yg maha suci itu hrus melapor ke polisi.
konsekwensinya transkrip rekamannya harus diteliti kebenarannya sebagai barang bukti.
Quote:Original Posted By jlitheng.sui
Oh pasti bisa gan. SN bisa di Pidana jika ada pelaporan ke lembaga penegak hukum entah itu Polisi, Kejaksaan atau KPK dan terbukti dengan sah dan meyakinkan bahwa SN melakukan penipuan terhadap freeport. Atau terbukti dengan sah dan meyakinkan bahwa SN menerima imbalan dalam bentuk apapun yang berpotensi memperkaya diri sendiri atau orang lain. Nah persoalannya, siapakah yang akan lapor? moga moga Mas Joko berani lapor. Dengan resiko : 1. Semua pihak yang terlibat dan tersebut dalam pembicaraan akan di usut dan di periksa. Dan bisa saja atas kepentingan netralitas hukum maka semua pihak harus non aktif dari jabatannya. Dengan demikian baik mas Joko, Simbah JK, opung LBP semua non aktif. Juga SN. Kita tunggu saja sambil ngopi dan makan grontol jagung..oke???


faktanya, sampai detik ini ga ada kerugian materiil negara yg diakibatkan oleh SN. ga ada gratifikasi/imbalan dlm bentuk apapun yg sudah diterima oleh SN.

asas hukum pidana tu hrs ada/terjadi kejahatannya lbh dulu, bukan baru niat. ini basic hukum positif.
klo niat doang, ya ga boleh dihukum. misalnya aja, agan niat perkosa si dagu. baru niat di otak doang ya ga bs dihukum pidana. klo beneran terlaksana, baru bs
waduuuh gan politik indo makin seru aja nih
numpang gelar tiker gan emoticon-Shakehand2
Masih berat utk bisa dibawa ke pengadilan, krn

1. Harus ada yg melapor
2. Harus ada yg menderita merugian, siapa yg rugi? Freeport? Rugi apa? Kan dia blm ngasih apa2.

Yg tertipu siapa?

Cuma bisa dibawa ke MKD, dgn tujuan lengserkan dr pimpinan DPR. Tp apa mampu??

Hitungan optimisnya, bisa.
Tp golkar gak akan membiarkan kursi ketua DPR hilang, penggantinya musti dr Golkar juga

PEJABAT MALING, MENTAL SAMPAH,.......!!!!

GANTUNG MIRING DI MONAS AMPE MAMPUS,.......!!!!



Mungkinkah Pencatut Nama Presiden Dijerat Secara Pidana?
mana rekamannya sinetron tolol saja
yang ada itu partai korporasi toh yang kelihatan nyata walaupun varian partai banyak emoticon-Ngakak
Makanya jadi ganjil gitu loh itu SS khan yang justru sejak dari awalnya dah ngotot perpanjang freport sebelum jatuh tempo untuk renegoisasi..bahkan denger denger dia sudah kirim surat resmi pulak ke pemilik saham freport di amrik sono.. aneh juga tiba tiba muncul kek beginian..tapi ya sudahlah berpikir positif saja..anggap aja ini pintu masuk buat telusuri patgulipat para junjungan di negeri awan sono. Ayo simbah JK dan opung LBP...kok pada melamun ajah...
gak bisa dijerat secara pidana ,nanti dijerat pake tali trus digantung aja emoticon-Ngakak
ga ngaruh buat setyo emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Pencarikerjaa
gak bisa dijerat secara pidana ,nanti dijerat pake tali trus digantung aja emoticon-Ngakak


komen yg kritis dan smart emoticon-Shakehand2
Bisa masuk ranah KUHP. Bisa masuk ranah KPK. Tergantung validitas bukti rekaman yg ada. SN sedang panik hebat nih emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By baratayudha17
Reserved


emoticon-Stick Out Tonguesigned by baratayudha17emoticon-Cool


klo misal nama ente di catut gmn ??!emoticon-Confused:
Tumben SS dan RR sejalan nih, Kemarin RR terheran2 perpanjangan kontrak Freeport kok dibahas sebelum waktunya ( 2 thn sebelum kontrak habis ) dan SS pun sekarang menjawabnya dengan lugas
emoticon-2 Jempol