alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564ae41c60e24bb9458b456a/lebih-dari-100-ton-tinja-masuk-sungai-citarum-setiap-hari
Lebih dari 100 Ton Tinja Masuk Sungai Citarum Setiap Hari
Quote:REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Kesadaran untuk hidup bersih di Jawa Barat belum dipahami seluruhnya oleh masyarakat. Hal itu, terlihat dari masih banyaknya masyarakat yang membuang tinja langsung ke Citarum.

Menurut Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, sebanyak 40 ribu orang dari 150 desa, membuang langsung tinja mereka ke sungai. Karena, meraka tak punya septi tank. Jumlah tersebut, baru di daerah Cisanti.

"Dihitung rata-rata 4 kilogram tinja per orang setiap harinya, jika dijumlah sesuai banyaknya warga yang tidak memiliki MCK, totalnya bisa mencapai 100 ton tinja setiap hari," ujar Deddy kepada wartawan, Selasa (17/11). Deddy mengatakan, hitungan tersebut belum termasuk limbah kotoran hewan dan sampah. (Baca juga: Ini yang membuat Sungai Citarum Tercemar)

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus membantu pembangunan MCK masyarakat, sehingga tidak akan lagi mencemari sungai.‬ "Masyarakat masih buang air besar di kebon dan sungai. Sanitasi, pembangunan MCK harus terus menerus dilakukan selain edukasi harus terus," katanya.

Namun, kata dia, walaupun nanti MCK dibangun, belum tentu akan digunakan oleh masyarakat. Karena, mereka membuang tinja langsung ke sungai terkait dengan kebiasaan atau budaya. Ini, menjadi tantangan ke depan karena penduduk semakin tinggi.

http://nasional.republika.co.id/beri...um-setiap-hari


lele nya gemuk2 tuh emoticon-Big Grin
gak masalah. tinja kalo dibuang di pinggir sungai pun jadi pupuk ato sekalian bikin tambak lele di kali emoticon-Big Grin

kalok sampah kasur, lemari, botol minuman, plastik, itu baru harus digaplok.
Semua makanan klo masuk ke dalam perut semuanya jadi sama. Jadi kenapa mesti takut?
Di jakarta juga banyak rumah tanpa wc. Biasanya paling banyak di daerah rawan banjir. Banyak emas batangan yg terbuang sia-sia
buseeetttt dah...........di pinggiran sungai ada pabrik tahu tempe ga??klo ada ya selamat makan yakemoticon-Big Grin
banyakin jamban2 umum.
tar gas dr septictanknya bisa dimanpaatin jugam
taik para nastak cokin babi guoblok emoticon-babi emoticon-Tai emoticon-Ngakak (S)
Ah cuma limbah manusia dipermasalahkan..
Puluhan pabrik dari hulu di bandung sampe hilir di karawang buang limbah dari tahun jebot gak ada yg nyolek, sampe citarum masuk peringkat no1 sungai tercemar...
^^^^

udah gila kali nih manusiaemoticon-Gila
Panasbung suka Ngatain menlend orangnya suka buang emoticon-Tai sembarangan,
Tapi di negara sendirinya, suka buang emoticon-Tai di sungai,

Standar Janda atau Propajandakah?emoticon-Bingung (S)

emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By accretia7
taik para nastak cokin babi guoblok emoticon-babi emoticon-Tai emoticon-Ngakak (S)



salah satu Pelaku nya panasbung otak emoticon-Tai emoticon-Nohope

emoticon-Ngakak
Masa sih orang beol nya sampe 4kg ?
Makan apaan tu orang ? Klo sapi sih wajar..
Quote:Original Posted By beppe.adelmar


lele nya gemuk2 tuh emoticon-Big Grin


Bakalan di buat pecel lele emoticon-Big Grin
Mantap buat budidaya lele.. emoticon-Recommended Seller
4kilo tinja perorang perhari...?
kang dedi dapet data dari mana?

Feces, also spelled faeces, also called excrement, solid bodily waste discharged from the large intestine through the anus during defecation. Feces are normally removed from the body one or two times a day. About 100 to 250 grams (3 to 8 ounces) of feces are excreted by a human adult daily.

itu menurut http://www.britannica.com/science/feces

kalo 4kg per orang perhari sehari orang jabar makan berapa kilo sih??
siapa lagi kalu bukan taee nya panastak otak kopong emoticon-Big Grin
mayan lah buat makan para ikan di sungai
emang kalo tokai beratnya sampe 4 kilo ya, emoticon-Amazed
subur tu kali kalo banyak tokainya emoticon-Ngakak (S)
ayoo muri kasi penghargaan buar sang gub.emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By beppe.adelmar


lele nya gemuk2 tuh emoticon-Big Grin


tetap makan lele emoticon-Frown