alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564ae3b11cbfaaef428b456e/tahun-depan-indonesia-bisa-swasembada-solar
Tahun Depan Indonesia Bisa Swasembada Solar
Tahun Depan Indonesia Bisa Swasembada Solar

PT Pertamina (Persero) Tbk menyatakan Indonesia tidak perlu lagi mengimpor bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar tahun depan. Bahkan, produksi BBM tersebut berpotensi surplus hingga 400.000 barel per bulan.

Direktur Hilir Pertamina Ahmad Bambang mengatakan surplus Solar tahun depan akan terjadi jika pemerintah konsisten menjalankan kebijakan mandatori B20. Dengan kebijakan ini setiap liter solar harus dicampur dengan 20 persen bahan bakar nabati atau biodiesel.

"Makanya kalau B20 ini bisa berjalan, produksi Solar bisa over (berlebih)," kata Ahmad Bambang di Hoongkong Kafe Jakarta, Jumat (13/11).

Selain kebijakan B20, Ahmad juga ingin industri, khususnya industri sawit tidak lagi mengimpor dan menggunakan solar dari Pertamina untuk kebutuhan bahan bakarnya. Di sisi lain, Pertamina juga tidak ingin disalahkan jika pengguna kendaraan protes kebijakan B20 berpengaruh pada mesin kendaraannya.

Saat ini Pertamina sedang mempersiapkan perhitungan secara rinci mengenai kemungkinan menutup impor dan potensi surplus produksi solar. Setelah perhitungannya matang, Pertamina akan mendiskusikannya dengan pemerintah dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Sumber : Katadata
tahun depan solar, beras nya ?