alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564ac5229e740423568b4568/heboh-pencatutan-nama-jokowi-amp-jk-dalam-proses-perpanjangan-kontrak-freeport
Heboh Pencatutan Nama Jokowi & JK dalam Proses Perpanjangan Kontrak Freeport
Agan-agan sekalian pastinya udah denger dong berita yang lagi heboh ini, tentang dugaan pencatutan nama presiden Joko Widodo dan wakil presiden Jusuf Kalla dalam proses lobi perpanjangan kontrak PT Freeport.
Kasus ini diawali dari rencana perpanjangan kontrak kerja antara pemerintah Indonesia dan PT Freeport yang akan diperpanjang. Quote:Seperti yang telah diketahui, kontrak PT Freeport bakalan habis pada 2021 nanti. Tapi, negosiasi perpanjangan kontrak sudah berjalan, bahkan sejak akhir masa pemerintahan SBY pada 2014 kemarin. Rencana tersebut tentu mengundang banyak dikritik oleh berbagai kalangan karena sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010, perpanjangan kontrak baru bisa dilakukan dua tahun sebelum masa kontrak berakhir, atau dalam kasus Freeport yaitu tahun 2019. Ketergesa-gesaan tersebut pun dicurigai banyak pihak, termasuk Menteri Koordinator Kemaritiman, Rizal Ramli, yang secara tegas menolak rencana perpanjangan kontrak itu.
Spoiler for Pencatut Misterius:

Pemerintahan Jokowi yang awalnya 'ngotot' untuk mengambil alih 50% saham dari PT Freeport pun akhirnya melunak dan sepakat di angka 30% dari saham PT Freeport yang harus dilepas sebagai kewajiban investasi. Hal ini bukan tanpa alasan, letak tambang PT Freeport yang terletak di bawah tanah membuat kewajiban investasinya lebih kecil dari perusahaan tambang lain yang sama-sama akan habis kontrak, PT Vale, yang akhirnya dikasih 40% kewajiban investasi.
Sedangkan kalo harus memutus kontrak, menteri ESDM juga keberatan karena saat ini terdapat sekitar 32.000 pekerja Indonesia yang bekerja di Freeport. Selain itu, 92 persen PDB Kabupaten Timika datang dari Freeport dan 34 persen PDB Provinsi Papua juga dari Freeport. Bahkan tutur dia, setiap tahun, para pengusaha Indonesia mendapatkan manfaat keberadaan bisnis tambang Freeport yang nilainya mencapai 1,9 miliar dollar AS.
Quote:Nah, dari situ tiba-tiba muncul pernyataan dari Sudirman Said yang mengatakan bahwa ada politisi Senayan yang mencatut nama presiden dan wakil presiden untuk melobi rencana perpanjangan kontrak PT Freeport. Hal ini tentunya membuat heboh banyak kalangan, terutama karena inisial yang udah beredar di masyarakat sih, si politisi Senayan ini punya inisial nama 'SN'.
Modus dari pencatutan nama presiden dan wakil presiden ini juga cantik, Gan. Si politisi ini bilang seakan-akan presiden dan wakil presiden minta 'jatah' saham ke PT Freeport sebagai imbalan dan nantinya dia menjanjikan bahwa perpanjangan kontrak PT Freeport bakalan berjalan dengan lancar.

Quote:Bocornya transkrip percakapan antara politisi tersebut dan perwakilan PT Freeport juga menambah spekulasi di masyarakat tentang siapa sebenernya politisi ini. Menteri ESDM sebagai pihak yang pertama kali menguak informasi tentang adanya pencatut ini juga banyak didesak untuk segera menyebutkan idenditas si pelaku. Dari pihak Sudirman Said sendiri, mengaku sudah melaporkan dugaan pencatutan tersebut ke Mahkamah Kehormatan Dewan untuk ditindak lebih lanjut sesuai dengan hukum yang ada.

Spoiler for Sudirman Said nih, Gan:

Informasi mengenai pencatutan itu sendiri didapat dari Presiden Direktur PT Freeport yang langsung melaporkan kejadian kepada menteri ESDM, demi memperbaiki iklim investasi di Indonesia. Sebagai anak perusahaan dari PT Freeport McMoran dari Amerika Serikat, PT Freeport juga terkena kewajiban untuk mematuhi Foreign Corrupt Practices Act 1977 yang intinya adalah transparansi dan kooperasi semua perusahaan Amerika Serikat dan anak perusahaannya untuk menghindari praktik korupsi dengan pemerintah negara lain.
Quote:Setya Novanto sebagai tokoh yang punya singkatan inisial yang sama dengan terduga tindakan pencatutan juga secara tegas menolak kebenaran dari kabar yang udah terlanjur beredar luas di masyarakat ini.
Quote:Nah kalo dari presiden dan wakil presiden sendiri, belom ada tanggapan secara resmi. Tapi yang bikin ane serem juga nih, ada pernyataan dari Sudirman Said yang bilang bahwa presiden dan wakil presiden marah besar terhadap kejadian ini emoticon-Takut (S)
Spoiler for Ngebayangin Pak JK marah, serem juga ya, Gan:


Nah, kalo menurut agan-agan sekalian, gimana nih? Apa menurut agan perlu buat diungkap, idenditas dari si pencatut ini?
jgn lupakan gan. Presdir Freeport adlh wakil kepala BIN dulunya
menurut ane sih wajib diungkap, Gan. kalo bisa diberhentiin sekalian tuh, politisi gatau diri emoticon-Marah
Buka aja gan.. Biar jelas semuanya. Biar orang pada tau siapa sih orang orang yang ngelakuin tindakan kotor macam begitu.. emoticon-No Hope Bongkarrrrrr
Pejabat pejabat macam itu yang bikin maluu... Stop jadi pejabat deh kalau tabiat aja masih kayak gitu emoticon-Hammer2
sundul ahh di trit sepi kuburna panasbung. jgn kaget byk trit zombie hr ini banyak disundul ama panasbung. emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
Quote:Original Posted By orizauriga
menurut ane sih wajib diungkap, Gan. kalo bisa diberhentiin sekalian tuh, politisi gatau diri emoticon-Marah


Quote:Original Posted By raiah
Buka aja gan.. Biar jelas semuanya. Biar orang pada tau siapa sih orang orang yang ngelakuin tindakan kotor macam begitu.. emoticon-No Hope Bongkarrrrrr


SETUJU sih ane, Gan emoticon-Blue Guy Peace Kita tunggu aja nih setelah pesan-pesan berikut ini emoticon-Betty (S)
Quote:Original Posted By andylemontee
jgn lupakan gan. Presdir Freeport adlh wakil kepala BIN dulunya


wah iya, Gan? Pantes agak familiar ama mukanya. yang ini bukan sih?
Spoiler for Presdir PT Freeport Indonesia:

udah disebut inisial SN dan R

kata wapres JK : kalian pura - pura tidak tahu

Nah lhoooo...


SUNDULemoticon-Sundul Gan (S)
Quote:Original Posted By andylemontee
jgn lupakan gan. Presdir Freeport adlh wakil kepala BIN dulunya


Bukan cuma Presidirnya juga, banyak mantan anggota intelijen lagi di bawahnya, emoticon-Takut
klenger dah si Panto emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By wahyoe999
udah disebut inisial SN dan R

kata wapres JK : kalian pura - pura tidak tahu

Nah lhoooo...


SUNDULemoticon-Sundul Gan (S)


wakaka menurut ane sih buka aje tuh namanya. biar MALU emoticon-Malu
emoticon-Malu
Quote:Original Posted By Dewagim


Bukan cuma Presidirnya juga, banyak mantan anggota intelijen lagi di bawahnya, emoticon-Takut
klenger dah si Panto emoticon-Big Grin


hahaha iya, mana beritanya sih si SN mau laporin balik bos Freeport ama si menteri ye, Gan? wuidih siap2 dipetrus aje tuh si SN, di belakang Freeport isinya orang intelejen semua emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)