alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564ac1261cbfaa60788b4567/setara-institute-bogor-kota-paling-tak-toleran
Setara Institute: Bogor, Kota Paling Tak Toleran
Setara Institute: Bogor, Kota Paling Tak Toleran

TEMPO.CO, Jakarta - Setara Institute mengumumkan sepuluh kota yang peringkat toleransinya paling rendah terhadap kebebasan beragama. Bogor menempati posisi paling tidak toleran. Menurut peneliti Setara Institute, Aminudin Syarif, kota-kota tidak toleran ini muncul karena dipengaruhi reaksi pemerintah terhadap peristiwa spesial yang terjadi di daerahnya.

"Peristiwa punya bobot yang tinggi ditambah lagi pemerintah yang cenderung lambat merespons konflik di daerahnya," kata Aminudin.

Berikut ini sepuluh kota dengan indeks toleransi terendah menurut Setara Institute:

1. Bogor (5,21)
2. Bekasi (4,68)
3. Banda Aceh (4,58)
4. Tangerang (4,26)
5. Depok (4,26)
6. Bandung (4,16)
7. Serang (4,05)
8. Mataram (4,05)
9. Sukabumi (4,05)
10. Banjar dan Tasikmalaya (4)

Menurut Aminudin, berdasarkan pengamatan Setara Institute, peristiwa tidak toleran terkait dengan kebebasan beragama di kota-kota itu terjadi selama bertahun-tahun. "Kejadian ini direkam lalu diberikan kepada ahli yang melakukan verifikasi mengenai apa kejadiannya, siapa pelakunya," ujarnya.

Mengenai Bogor, Aminudin menjelaskan, ada peristiwa ketika Wali Kota Bogor Bima Arya mengeluarkan surat edaran soal pelarangan perayaan Asyura kepada warga Syiah. "Bogor menjadi sorotan setelah insiden itu," tuturnya. Selain itu, ia mengatakan, laporannya didapat dari pemberitaan media dan masyarakat.

Sumber

pdhl baru dipuji2 di italia emoticon-Malu
wow sebagian besar jawa barat n ex jawa barat
klo serambi ganja sih ga kaget emoticon-Shutup
Untung bukan warga sana...
jabar masih terpaku ke tokoh agama sii, jadi manut aja,
salah bener belakangan...
Apa surveynya hanya jabar dan mantan-nya...?
Macam poso, bitung kok gak masuk?
Kang Aher, Bang Rano..protes doong..!
Satu hal yg gw salut dari Bog#or: ceweknya rata rata toge bro emoticon-Wowcantik Based on my experiences.., gede gede dan mantapss2 nenennya emoticon-Angkat Beer
bawa misi apa nih?
Setara institute.. emoticon-Ngakak (S)
Yaaa..., emang yang selama ini banyak disorot media nasional (atau mengaku nasional?!?!?) kebanyakan di daerah jabar n DKI. Klo ke luar pulau jawa, ongkos mahal kali emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By dawolong
Apa surveynya hanya jabar dan mantan-nya...?
Macam poso, bitung kok gak masuk?
Kang Aher, Bang Rano..protes doong..!


manokwari koq juga g masuk ya? berarti disana orangnya pada toleran emoticon-Peluk
Sunni shiah lg... Cape deh..
institusi sok akademis tp bikin survey nggak kredibel. lingkup sampling nya kenapa kota mayoritas muslim aja. govlog


bitung bikin masjid di hadang tentara kristen radikal.
manokwari..
tolikara masjid dibakar..


kemana setara..?
ngocol.
Kasian kalo cuman "yasmin" ama "asyura" jadi patokan... emoticon-Big Grin
itu artinya orang2 tsb kebanyakan ngurusin urusan orang lain ketimbang ngurus dirinya sendiri emoticon-Recommended Seller
serambi ganja saja kalah emoticon-Ngakak
denger bro jabaaaaaar
gunernurnya santun
pdhl
Quote:Original Posted By orangaseng
institusi sok akademis tp bikin survey nggak kredibel. lingkup sampling nya kenapa kota mayoritas muslim aja. govlog


bitung bikin masjid di hadang tentara kristen radikal.
manokwari..
tolikara masjid dibakar..


kemana setara..?
ngocol.


Dibalas kok malah mewek.
Katanya lihay mayoritasan segala. Klo minoritas gak boleh sembarangan, katanya ibarat rumah lu, mau bangun dapur bebas, tapi ada orang lain main tinggal harus ijin sama yg pny emoticon-Big Grin
setara itu kelompol liberal yg telah divonis sesat oleh MUI

Keputusan Fatwa Majelis Ulama Indonesia
Nomor : 7/Munas VII/MUI/11/2005
TentangPluralisme, Liberalisme, dan Sekulerisme Agama

Bismillahirrahmanirrahim

Majelis Ulama Indonesia (MUI), dalam Musyawarah Nasional MUI VII pada 19-22 Jumadil Akhir 1426 H/26-29 Juli 2005 :

Menimbang :

Bahwa pada akhir-akhir ini berkembang paham pluralisme, liberalisme, dan sekulerisme agama serta paham-paham sejenis liannya dikalangan masyarakat;
Bahwa berkembangnya paham pluralisme, liberalisme, dan sekulerisme agama dikalangan masyarakat telah menimbulkan keresahan sehingga sebagian masyarakat meminta MUI untuk menetapkan fatwa tentang masalah tersebut;
Bahwa oleh karena itu, MUI memandang perlu menetapkan fatwa tentang paham pluralisme, liberalisme, dan sekulerisme agama tersebut untuk dijadikan pedoman oleh umat Islam.

Mengingat :

Firman Allah SWT :

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi”. (QS. Al-Imram [3] : 85)

“Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam..” (QS. Al-Imran [3] : 19)

“Untukmulah agamamu, dan untukkulah agama-ku”. (QS. Al-Kafirun [109] : 6)

“Dan tidak patut bagi laki-laki yang mu’min dan tidak (pula) bagi perempuan yang mu’min, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetpkan suatu ketetapan akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata”. (QS. Al-Ahzab [33] : 36)

“Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak pula mengusir kamu dai negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlakuk adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan kawanmu orang-orang yang memernagi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu.Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mreka itulah orang-orang yang zalim”. (QS. Al-Mumtahinah [60] : 8-9)

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamju melupakan bahagaianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orng-orang yang berbuat kerusakan”. (QS. Al-Qashash [28] : 77)

“Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang dimuka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta terhadap Allah”. (QS. Al-An’am [6] : 116)

“Andaikata kebenaran itu menuruti hawa nafsu mereka, pasti binasalah langit dan bumi ini, dan semua yang ada di dalamnya. Sebenarnya Kami telah mendatangkan kepada mereka kebanggaan mereka tetapi mereka berpaling dari kebanggaan itu”. (QS. Al-Mu’minun [23] : 71)
Hadist Nabi Shallahu Alaihi Wa Sallam:
Imam Muslim (wafat 262) dalam kitabnya Shahih Muslim, meriwayatkan sabda Rasulullah Shallahu Alaihi Wa Salllam :“Demi Dzat yang menguasai jiwa Muhammad, tidak ada seorang pun baik Yahudi maupun Nasrani yang mendengar tentang diriku dari umat Islam ini, kemudian ia mati dan tidak beriman terhadap ajaran yang aku bawa, kecuali ia akan menjadi penghuni neraka.” (HR. Muslim)
Nabi mengirimkan surat-surat dakwah kepada orang-orang non muslim, antara lain Kaisar Heraklius, Raja Romawi, yang beragama Nasrani dan Kisra Persia yang berama Majusi, di mana Nabi mengajak mereka untuk masuk Islam. (Riwayat Ibn Sa’d dalam al-Thabaqat al Kubra dan Imam al-Bukhari dalam Shahih Bukhari).
Nabi Shallahu Alaihi Wa Sallam melakukan pergaulan sosial secara baik dengan komunitas-komunitas non muslim seperti komunitas Yahudi yang tinggal di Khaibar dan Nasrani yang tinggal Najran, bahkan salah seorang mertua Nabi yang bernama Huyay bin Ahthab adalah tokoh Yahudi dari Ban Quraizhah (Sayyid Quraizhah). (Riwayat al-Bukhari dan Muslim)

Memperhatikan :Pendapat Sidang Komisi C Bidang Fatwa pada Munas VII MUI 2005.

Dengan bertawakkal kepada Allah SWT

MEMUTUSKAN

Menetapkan : Fatwa Tentang Pluralisme, Liberalisme, dan Sekulerisme Agama

Pertama : Ketentuan Umum

Dalam fatwa ini, yang dimaksud dengan,

Pluralisme agama adalah suatu paham yang mengajarkan bahwa semua agama adalah sama dan karenanya kebenaran setiap agama adalah relatif, oleh sebab itu, setiap pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa hanya agamanya saja yang benar sedangkan agama yang lain salah. Pluralisme agama juga mengajarkan bahwa semua pemeluk agama akan masuk dan hidup berdampingan di surga.
Pluralitas agama adalah sebuah kenyataan bahwa di negara atau daerah tertentu terdapat berbagai pemeluk agama yang hidup secara berdampingan.
Liberalisme agama adalah memahami nash-nash agama (al-Qur’an dan Sunnah) dengan menggunakan akal pikiran yang bebas, dan hanya menerima doktrin-doktrin agama yang sesuaid engan akal pikiran semata.
Sekulerisme agama adalah memishkan urusan dunia dari agama, agama hanya digunakan untuk mengatur hubungan pribadi dengan Tuhan, sedangkan hubungan sesama manusia diatur hanya dengan berdasarkan kesepakatan sosial.

Kedua : Ketentuan Hukum

Pluralisme, Sekulerisme, dan Liberalisme agama sebagaimana dimaksud pada bagian pertama adalah paham yang bertentangan dengan ajaran agama Islam.
Umat Islam haram mengikuti paham Pluralisme, Sekulerisme dan Liberalisme agama.
Dalam masalah aqidahdan ibadah, umat Islam wajib bersikap eksklusif, dalam arti haram mencampuradukkan aqidah dan ibadah umat Islam dengan aqidah dan ibadah pemeluk agama lain.
Bagi masyarakat muslim yang tinggal bersama pemeluk agama lain lain (pluralitas agama), dalam maslah sosial yang tidak berkaitan dengan aqidah dan ibadah, umat Islam bersikap inklusif, dalam arti tetap melakukan pergaulan sosial dengan agama lain sepanjang tidak saling merugikan.

Ditetapkan di : Jakarta
Pada tanggal : 21 Jumadil Akhir 1426 H/28 Juli 2005 M.

Musyawarah Nasional VIIMajelis Ulama Indonesia

Pimpinan Sidang Komisi C Bidang Fatwa

KH. Ma’ruf Amin
Ketua

Drs. H.Hasanuddin M. Ag
Sekretaris

Pimpinan Sidang Pleno:

Prof. Dr. H. Umar Shihab
Ketua.

Prof. Dr. HM. Din Syamsuddin
Sekretaris.
Gw lg suka komen cem si nerakadewa

Gpp gak toleran,asal santun

emoticon-Ngakak
Jangan lupa solo,solo sekarang udah banyak orang jawa barat,
Buat yg tinggal di desa,hati2 sama orang begituan,ciri2nya bawa avanza kredit macet plat b,d,e,f,z buat boongin kembang desa,trus kalo isi bensin cuma 50 itupun premium
Trus omongannya setinggi langit
×