alexa-tracking

Sejarah Mencatat Madura Pernah Jadi Negara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564a9fd6c0cb17593b8b4569/sejarah-mencatat-madura-pernah-jadi-negara
Sejarah Mencatat Madura Pernah Jadi Negara
A A A
SURABAYA - Gerakkan untuk menjadikan Madura sebagai provinsi terus digulirkan. Pulau Madura yang terbagi menjadi empat kabupaten yakni Bangkalan, Sampang, Sumenep, dan Pamekasan ditargetkan lepas dari Provinsi Jawa Timur pada 16 Agustus 2016.
Jika sejarahnya ditengok, pulau seluas 5.168 kilometer itu ternyata pernah menjadi suatu negara. Sekretaris Panitia Persiapan pembentukan Provinisi Madura (P4M) Jimhur Saros mengatakan, hal itu terjadi pada 1948. "Di mana Presiden Madura dijabat oleh Wali Negara Raden AA Cakraningrat," ujarnya.

Jimhur menambahkan, Negara Madura pada waktu itu juga memiliki bendera berwarna Hijau dan Putih. Namun, negara itu tidak bertahan lama, hanya bertahan selama dua tahun saja. "Pada tahun 1950 Negara Madura bubar dan kembali bergabung ke Indonesia," ucapnya.
ADVERTISING
Oleh karena itu, ada beragam alasan kenapa Madura dinilai layak menjadi provinsi sendiri. Selain faktor sejarah, Madura merasa diperlakukan tidak adil karena tidak pernah mendapatkan hasil pengelolaan Migas di derah itu. "Hasil Migas untuk Madura tak sampai 3 persen, ini sungguh tidak adil," kata Jimhur.
Belum lagi persoalan infrastruktur. Selama ini belum ada penambahan jalan di Madura. Jalan sepanjang 180 kilometer yang memanjang dari Kamal hingga Sumenep, sampai saat ini juga tak pernah diperlebar. Padahal jalan itu peninggalan Belanda. (abp)

sumber : m.okezone.com/read/2015/11/17/519/1250625/sejarah-mencatat-madura-pernah-jadi-negara?utm_source=wp_hl
Aceh juga, tapanuli juga
wktu RIS kan byk negara di RI kan?
jawa aja ada bbrp negara
nih

Sejarah Mencatat Madura Pernah Jadi Negara
Ya itu karena waktu itu RI menganut negara serikat (RIS), jadi ada semacam negara bagian
itu jaman dulu waktu masih statusnya RIS.
ah elah ni wartawan ga ngerti sejarah
trus gimana?apa mau buka negaa lagi?
Quote:


Tetep aja bagian dari Indonesia... emoticon-Cape d...
gua dukung dah si pig jadi radja madura emoticon-Takut (S)
Quote:


Quote:


Quote:

itulah
dua taun doang habis itu angkat tangan.
gag punya pemasukan buat ngidupin rakyatnya.
Wacana pemekaran lg ya... emoticon-Big Grin


Terserah warga sono aj, ane gak ikutan.... emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:

http://www.organisasi.org/1970/01/16...-nasional.html

kan ikut RIS ... taun sgitu umur brapa mon ?
Apakah mungkin Indonesia bakal kembali seperti dulu dengan status Serikat?? emoticon-Big Grin
Jadi banyak negara bagian.. emoticon-Big Grin
Knapa skarang cuman minta jadi provinsi,,


Alasannya gk banget deh
Quote:

ooooo gitu ya.
taun segitu lom lair saiya

Quote:


kalau ga merantau bakalan susah buat hidup. itu aja yg merantau kebanyakan nyerobot tanah orang, katanya sih tanah Tuhan gt
Yang ribut orang mana sih? Paling yang ribut orang Jakarta ...
Lha wong kita yang di Surabaya gak masalah kok Madura jadi propinsi. Karena dari kebudayaan dan bahasa memang beda emoticon-Hammer (S)

Madura sampe sekarang gak bisa jadi propinsi penyebabnya kan dari orang Madura sendiri ... cuma ada empat kabupaten di Madura emoticon-No Hope ... sampe sekarang gak jelas kabupaten yang mana yang harus dibelah supaya memenuhi syarat minimal lima kabupaten per propinsi.

Quote:


pdhl mbah2 emoticon-I Love Indonesia
aceh juga pernah jadi negara selama kurang lebih 400 tahun dalam bentuk kesultanan aceh darussalam mirip seperti kesultanan brunei darussalam yang sekarang masih wujud.. https://id.wikipedia.org/wiki/Kesultanan_Aceh https://id.wikipedia.org/wiki/Brunei_Darussalam
×