alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5649f324de2cf2f2228b4569/musim-hujan-jabar-waspada-satu-bencana-longsor-dan-banjir
Musim hujan, Jabar waspada satu bencana longsor dan banjir
Musim hujan, Jabar waspada satu bencana longsor dan banjir

Merdeka.com - Musim hujan sudah menjelang. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menyatakan waspada satu di daerahnya buat bencana alam seperti longsor dan banjir.

Status itu berkaca dari bencana alam yang terjadi tahun sebelum-sebelumnya, jika musim hujan datang. Misalnya kejadian longsor pada 15 November 2015, ketika jalan penghubung antara Kecamatan Sindangwangi dengan Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, longsor usai diguyur hujan selama dua hari terakhir. Imbas longsor, jalan tersebut kemudian runtuh.

"Lahan subur itu biasa ditandai dengan mudahnya pergeseran lahan. Karena itu kami mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap bahaya banjir dan longsor, yang menyertai musim hujan tiba. Saya nyatakan ini waspada satu," kata pria akrab disapa Aher di Bandung, Senin (16/11).

Aher mengimbau masyarakat Jabar mengantisipasi terjadinya bencana longsor, terutama di wilayah permukiman warga. Masyarakat harus segera pindah dari kawasan bahaya tersebut, sementara aparat pemerintah daerah terlibat aktif memindahkan ke kawasan lebih aman.

Menurut Aher, jika kondisi memungkinkan, masyarakat bisa menempati dulu lahan dan aset milik Pemprov Jawa Barat. Akan tetapi, tidak di setiap kota dan kabupaten terdapat aset tersebut, sehingga dibutuhkan kerjasama pemerintah kota dan kabupaten.

"Yang terpenting itu tidak ada manusia dan perumahan di sekitar kawasan yang berbahaya atau rentan longsor," ucap Aher.

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar ada lima wilayah rawan longsor. Yaitu Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Wilayah itu tanahnya cenderung aktif, terlebih kontur tanah berupa perbukitan dan tebing.

sumber

Baru permulaan musim hujan sudah siaga 1, apa kabar bansos dan dana penanggulangan bencana emoticon-Kiss (S)
Reserved for updates and comments
ikut memantau dulu gan..
pesan tempat,sekalian menyimak dulu vroh emoticon-linux2
jakarta juga gan
enaknya jabar... klu banjir lgsg disuruh pindah aja. tanahnya masih luas. ga perlu pusing2 cegah banjir segala.... emoticon-Hammer