alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5649e2ddc3cb176c218b456b/alamak-masih-ada-ratusan-ribu-penduduk-sumut-yang-buta-aksara
Alamak!!! Masih Ada Ratusan Ribu Penduduk Sumut yang Buta Aksara
http://bareskrim.com/2015/11/16/alam...g-buta-aksara/
MEDAN | Kendati angka penderita buta aksara di Sumatera Utara terus mengalami penurunan, namun berdasarkan data badan pusat statistik (BPS) pada 2013, tercatat sebanyak 155 ribu jiwa lagi atau 4,3 persen dari total jumlah masyarakat Sumut yang mengalami buta aksara.

“Sejumlah program terus kita pacu untuk menekan angka penderita buta aksara tersebut. Bahkan ditargerkan, pada akhir 2015 mendatang harus sudah tuntas, khususnya usia 15-24 tahun,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Drs Masri MSi, di Medan.

Menurut Masri, pemberantasan buta aksara merupakan gerakan nasional untuk menanggulangi ketertinggalan peduduk di bidang pendidikan. Sebagai suatu gerakan dalam pelaksananya harus ada kebersamaan untuk maju dengan menumbuhkembangkan dan memberikan kesempatan berpartisipasi seluas-luasnya dalam pembangunan terutama kepada masyarakat yang buta aksara.

Disebutkannya, upaya penurunan buta aksara di Provsu merupakan usaha yang terus menerus dalam mengentaskan masyarakat dari keterbatasan atau ketidakmampuan baca tulis Bahasa Indonesia dan berhitung.

Program pendidikan kesetaraan merupakan bentuk layanan pendidikan non formal untuk membelajarkan warga masyarakat buta aksara, agar memiliki kemampuan menulis, membaca, berhitung dan menganalisa yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan potensi yang ada.

Disebutkannya, program pemberantasan buta aksara dilakukan melalui pendidikan formal dan informal. Namun perlu adanya penanganan yang lebih sinergis agar dapat diperoleh hasil yang lebih optimal.

“Kerjasama lintas sektor perlu lebih diintensifkan untuk dapat diperoleh hasil yang maksimal. Sebab keberaksaraan yang rendah merupakan penghambat untuk mengakses informasi pengetahuan keterampilan, sehingga kurang terlatih beradaptasi dan mengatasi berbagai masalah termasuk masalah ekonomi sosial dan budaya,” ungkapnya.

Disebutkannya, salah satu untuk memacu percepatan buta aksara secara aktif pemerintah menyelangarakan HAI setiap tahunnya baik tingkat daerah maupun tingkat nasional.

Selengkap di: http://bareskrim.com/2015/11/16/alam...g-buta-aksara/

PERTAMAX

wajar gan eyang soeharto udh kgk ada
kan dizaman beliau pemberantsan buta aksara bener2 digalakkanemoticon-Sorry