alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5649904314088dd7418b456d/mantan-tki--aktif-menjadi-relawan-panti-asuhan
Mantan TKI Aktif Menjadi Relawan Panti Asuhan
Kembali ke tanah air setelah bertahun-tahun merantau di negeri orang memang memerlukan keberanian. Betapa tidak, bagi sebagian Buruh Migran Indonesia (BMI) ancaman menjadi pengangguran di negeri sendiri jadi momok menakutkan. Namun demikian, bagi sebagian buruh migran lain, pulang ke tanah air justru menjadi langkah awal untuk mengabdi pada masyarakat.

Sebut saja, Dani Cahaya Romadoni, gadis asal Kalisube, Banyumas yang mengakhiri perjuangannya sebagai pekerja di sektor industri di Malaysia pada 2012. Dani, begitu ia akrab disapa, kini berstatus sebagai mahasiswi Amikom Purwokerto. Ia juga ikut aktif mengurus sebuah panti asuhan yang dikelola oleh kerabatnya, yakni Panti Asuhan Putri Asruri Kalisube, di Jalan Jaya Sirayu No. 23, Kalisube, Banyumas.

Panti asuhan tersebut didirikan tahun 2010 oleh Siti Badriyah yang merupakan kerabat Dani. Awalnya, Siti merawat seorang jompo yang hidup sebatang kara dan menderita penyakit kanker stadium 3. Tak lama berselang, beliau didatangi dua orang anak yatim piatu yang meminta untuk diasuh. Setelah tercapai kesepakatan dengan keluarga, maka didirikan sebuah panti di rumah kosong peninggalan orang tuanya.

Panti asuhan ini kemudian bergabung dengan Yayasan Insan Mulia karena keterbatasan tenaga dan biaya. Hingga saat ini, Panti Asuhan Putri Asruri telah mengurus lebih dari 25 anak, dengan usia pendidikan SD hingga SMA.

“Sekembali dari Malaysia saya tinggal di panti dan membantu bulek saya menjaga anak-anak,” tutur Dani melalui wawancara singkat via Facebook.

Aktivitas Dani pun terbilang padat sejak ikut mengelola Panti Asuhan tersebut. Selain kuliah yang dijalaninya, ia juga terlibat langsung mengajarkan berbagai keterampilan seperti bercocok tanam, menjahit, membuat roti, membuat kerajinan tangan hingga kegiatan keagamaan di panti.

Perempuan berusia 24 tahun ini juga aktif mendampingi anak-anak panti asuhan mengikuti berbagai perlombaan di tingkat kabupaten dan eks karesidenan Banyumas. Saat ini para pengelola tengah mengusahakan untuk mendirikan yayasan baru yang terpisah dengan Yayasan Insan Mulia demi kemudahan pengurusan nantinya.

Bagi pembaca Serantau yang ingin mengetahui lebih dekat tentang Panti Asuhan Putri Asruri Kalisube, dapat bergabung di grup Facebook ‘Donasi Panti Asuhan Putri Asruri Banyumas’. Bagi yang ingin memberikan donasi dapat disalurkan melalui pengelola panti, Siti Badriyah, dengan nomor rekening BRI 3110-01-024964-53-5 atau menghubungi beliau di nomor hp +6285869674577.

Sumber : www.buruhmigran.or.id