alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5649798c9252331c188b456e/menabung-20-tahun-tukang-parkir-ini-dirikan-sekolah
Menabung 20 Tahun, Tukang Parkir Ini Dirikan Sekolah
Quote:REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain bukan hanya monopoli orang berada. Siapapun dapat berguna bagi orang lain selama memiliki niat yang kuat dan keyakinan diri. Itulah yang diyakini oleh Undang Suryaman (39 tahun), pemilik sekaligus pendiri Taman Kanan-kanak (TK) Ar Raudatul Jannah di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Pria yang akrab disapa Bang Jek, bukanlah orang berada maupun berlatar belakang akademik yang mengagumkan. Bang Jek merupakan tukang parkir di pelataran kampus Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad), Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Meski hanya berprofesi sebagai tukang parkir, Bang Jek memiliki TK bernama Ar Raudatul Jannah yang didirikannya di kampung Babakan Loa, Desa Rancaekek Kulon, Kecamatan Rancaekek. Selain TK, bang Jek juga mendirikan Taman Pendidikan Alquran (TPA) yang terletak tidak jauh dari TK miliknya.

Sekolah tersebut didirikannya dengan dana hasil tabungannya selama 20 tahun menjadi tukang parkir. Bang Jek bekerja menjadi juru parkir di Fikom Unpad sejak 1992. “Sudah 20 tahun lebih di Himapa alias Himpunan Mahasiswa Parkir. Kalau sekolah mah kayaknya udah jadi profesor doktor,” ujar Bang Jek ketika ditemui di depan sekolah yang didirikannya, belum lama ini.

Bang Jek mengaku sempat beberapa kali beralih profesi untuk mencari peruntungan lain. Dirinya mengaku pernah menjadi penjual makanan, seperti cilok dan batagor. Namun karena merasa tidak betah, Bang Jek kembali ke pekerjaan lamanya sebagai juru parkir. Bang Jek mengaku mengumpulkan uang untuk membangun sekolah tersebut sedikit demi sedikit. Empat tahun lalu, cita-citanya mendirikan sekolah pun terwujud, tepatnya 5 April 2012.

Bang Jek mengaku, mendirikan sekolah merupakan cita-citanya dan istri, Yani Novita Sari (36), sejak lama. Keinginan mendirikan sekolah tidak lepas dari masa lalu Bang Jek yang cukup suram. Bang Jek kecil rupanya putus sekolah karena orang tuanya tak mampu membiayai sekolahnya. Padahal ketika itu, Bang Jek sangat bersemangat mendapat ilmu di sekolah.

Sekolah itu berdiri lantaran pengalaman Bang Jek di masa lalu. Bang Jek yang semangat bersekolah terpaksa tidak bisa bersekolah lantaran keterbatasa biaya. Dari situ, Bang Jek bertekad mendirikan sekolah agar anak-anak yang tidak mampu dapat tetap bersekolah meskipun tidak ada biaya. Ia tidak ingin ada generasi berikutnya yang putus sekolah seperti dirinya hanya karena tidak punya uang.

“Di kampung saya, banyak orang-orang tidak punya seperti saya,” ujar Bang Jek.

Tak ada dalam benak Bang Jek untuk mengambil mengambil keuntungan dari sekolah ini. Dirinya mengaku bahkan tidak segan untuk menggunakan uang dari sakunya sendiri untuk membiayai operasional sekolah. Manfaat yang terasa, menurutnya, bukan berupa materi, tetapi ketenangan jiwa dan keluarganya.

“Enggak ada (keuntungan) sama sekali. Kalaupun memang ada, itu hanya ketenangan jiwa saya dan keluarga. Di rumah pun kekurangan juga, cuma kalau berpikir ke sana terus, manfaatnya enggak ada,” ujar Bang Jek.

Perjuangan mendirikan sekolah bukan tanpa hambatan. Beberapa kali dirinya harus jatuh bangun dalam usahanya itu. Sebagian besar masalahnya adalah dana yang terbatas, karena pendanaan sekolah tersebut hanya dari kantongnya yang hanya seorang juru parkir. Selain itu, beban psikologi datang dari masyarakat sekitar. Banyak yang meremehkan niatnya mendirikan sekolah.

Ia tidak ambil pusing dengan omongan tetangga. Baginya, ejekan itu justru menjadi pelecut dan motivasi untuk mewujudkan cita-citanya. Saat ini, ada 130 siswa yang bersekolah di sekolah miliknya. Mereka terdiri dari 50 siswa TK dan 80 siswa TPA. Sang istri, Yani, menjadi salah satu pengajar di sekolah tersebut.

Sekolah yang didirikannya sengaja tidak mematok biaya untuk uang bangunan. Hal tersebut dikarenakan sekolah ini memang menargetkan anak-anak dari kalangan tidak mampu yang berada di sekitar tempat bang Jek tinggal. Kalaupun ada, ia hanya meminta Rp 50 ribu untuk buku dan iqra.

“Seragam tidak diharuskan, yang penting anaknya ada kemauan untuk sekolah,” ujarnya.

http://www.republika.co.id/berita/pe...-sekolah-part1


Gile nih orang...

Oknum yang korupsi dana pendidikan sampe bangunan sekolah ancur..
apa gak ngerasa kesindir ya..

ni orang cuma tukang parkir bisa bikin sekolah...

Salut...
wah gile mantep ni orng gan, niatnya bagus bner. coba di indo banyak orng kek gini ya, uda maju keknya bangsa indo gan
Quote:Original Posted By vertecorner
wah gile mantep ni orng gan, niatnya bagus bner. coba di indo banyak orng kek gini ya, uda maju keknya bangsa indo gan


Tetap saja klo pemimpinnya banyak yg korupt tetap ngak bakalan bisa maju....
ketigax
Keempatx
patut di contoh nih orang, semoga rejekinya di mudahkan sama yg di atas emoticon-Big Grin
ada uang gedung ga nih kalau mau sekolah disitu?emoticon-Embarrassment
Nah contohlah orang ini
Gak kayak kalian cuman omong kosong di kaskus
Mantap bgt gan... Inspiring bgt bang jek emoticon-Matabelo
salut brayemoticon-Toast
Baru tahun ini dibuat emoticon-Matabelo
20+10 tahun yg lalu sungguh kesia2an
salut emoticon-Recommended Seller
Kok berita kyk gini gak rame ya emoticon-Bingung

Btw mantab kali kau bang jek emoticon-2 Jempol
ni parkiran dimana yah. deket buku ya kwkwk..
hidupnya berkah nih oraang
semangaaat bapaak
Quote:Original Posted By fuckbp2
ada uang gedung ga nih kalau mau sekolah disitu?emoticon-Embarrassment


diberitanya kaga ada uang gedung,,,,klo mau nyumbang ngasi 50rb buat buku,,
biasa markir dikampus jadi tertular nih emoticon-Big Grin
sundul sesundulsundulnya




emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
wew....20 taun pengen bikin sekolah emoticon-Matabelo

gimana nih tanggapan gubernurnya yang bikin mesjid 1 T?
Salut orang kayak gini..
mudah-mudahan lancar deh..