alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5649777314088d0c628b4569/ini-dia-cacing-kuning-pengurai-sampah-plastik
Peringatan! 
Ini dia Cacing Kuning Pengurai Sampah Plastik
Ini dia Cacing Kuning Pengurai Sampah Plastik

Sampah plastik hingga kini masih sulit terurai. Dunia pun menghadapi ancaman sampah plastik. Nah, baru-baru ini sejumlah ilmuwan telah menemukan solusinya. Mereka menemukan sejenis cacing yang bisa mengurai sampah plastik. Termasuk jenis styrofoam yang selama ini sulit terurai.

Tim ilmuwan dari Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok menemukan larva Tenebrio sejenis mealworm berwarna kuning. Mikroorganisme yang terdapat dalam cacing kuning itu mampu mengurai plasik menjadi karbon dioksida. Kemudian, karbon dioksida itu diubah dalam perut cacing menjadi nutrsi.

Seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Sabtu (14/11/2015), para peneliti mengatakan penemuan ini merupakan senjata penting dalam perang melawan sampah plastik.

Wei-Min Wu, seorang peneliti di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Stanford, AS, mengatakan, “Temuan kami telah membuka pintu baru untuk memecahkan masalah polusi plastik global”.

Penemuan itu bermula ketika para peneliti memberi makan 100 mealworm dengan 34 hingga 39 miligram styrofoam. Plastik jenis ini tergolong non-biodegradable (tak bisa diurai secara biologi). Dalam waktu 24 jam, plastik-plastik tersebut nyaris habis dilahap para cacing dan hanya menyisakan beberapa butiran kecil sebesar kotoran kelinci.

Bahkan, menurut Wu, kotoran cacing-cacing itu aman digunakan untuk media tanam. Peneliti lainnya bernanama profesor Yang Juni dari Universitas Beihang, Beijing, Tiongkok, mengatakan, saat ini ada sekitar 400 juta ton sampah plastik yang tidak bisa diurai.

“Ini ancaman besar terhadap lingkungan, karena produk plastik membutuhkan waktu puluhan tahun untuk bisa hancur di dalam tanah,” jelas profesor Yang.

Profesor Yang menambahkan, pada 2013 saja, konsumsi plastik global mencapai 271 juta ton, termasuk 20 juta ton polystyrene yang sangat sulit terurai.

Narsum: http://www.infonitas.com/megapolitan...-plastik/11861

cba banyak yg budidayakan bsa berkurang nih pencemaran nama baik eh lingkungan maksudnya emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S)
emoticon-Matabelo
hebattt
akhirnya bisa diurai juga sampah plastik
itu mirip sama ulet buat makan burung gan, namanya juga mirip
Mantap nice share gan.
Baru tau ada cacing jenis ini.
Perlu di budidaya nih di indo secara ektrim tentunya dan agar bisa mengurai para koruptor juga emoticon-Big Grin
Bagus tuh, harus dikembanhkan secara massal
Quote:Original Posted By super6
itu mirip sama ulet buat makan burung gan, namanya juga mirip




ane jg mo bilang gitu gan....
kok kyk ulat hongkong emoticon-Bingung
cacing mutan emoticon-Matabelo
coba ada cacing yg mengurai kemacetan emoticon-Ngakak (S)
Hebat bisa kaya raya tuh ilmuwan
Quote:Original Posted By messidani




ane jg mo bilang gitu gan....
kok kyk ulat hongkong emoticon-Bingung


bukannya emang ulet hongkong itu yah..cuman beda jenis gitu emoticon-Bingung (S)
Makanan burung kutilang... Larva ya bukan cacing
serius nanya, nih cacing ada yang jual kagak ? gue pengen beli.
tim nya dari mamarika dan menlend emoticon-Embarrassment
ati2 cacingnya masuk rumah emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By Ejakeren
serius nanya, nih cacing ada yang jual kagak ? gue pengen beli.


Pasar burung byk gan, blg aja cari ulat hongkong, mirip2 tp ga tau sama kagaemoticon-Hammer

Ini dia Cacing Kuning Pengurai Sampah Plastik
Ini dia Cacing Kuning Pengurai Sampah Plastik
Satu species ternyataemoticon-Hammer
Mealworm
Scientific name: Tenebrio molitor
Higher classification: Tenebrio
Rank: Species
Indonesia juga menciptakan cacing panasbung.
jago banget ngeles, play victim, bikin sentimen SARA dan bikin fitnah bohongan.

itu sudah...

emoticon-Cool
Bagus deh, biar tanah yg penuh plastik subur kembali emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By baratayudha17


Pasar burung byk gan, blg aja cari ulat hongkong, mirip2 tp ga tau sama kagaemoticon-Hammer

Ini dia Cacing Kuning Pengurai Sampah Plastik
Ini dia Cacing Kuning Pengurai Sampah Plastik
Satu species ternyataemoticon-Hammer
Mealworm
Scientific name: Tenebrio molitor
Higher classification: Tenebrio
Rank: Species


wokeeh,, nanti sepulang gawe ane beli yang ditukang burung, ane coba penilitian, ane kasih bungkus plastik yang dirumah ane, ane pengen tahu, benarkah tuh makhluk bisa makan plastik.

atau jenis plastik nya yang tertentu saja..... emoticon-Big Grin
mengurai jembut itu yg susah....
Wah bagus nih emoticon-Big Grin
Udah ada plastik yang ramah lingkungan, ditambah adanya jenis cacing yang bisa mengurai plastik
Enggak perlu khawatir lagi soal plastik emoticon-Big Grin
Walaupun tetep, harus meminimalkan pemakaiannya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Ejakeren


wokeeh,, nanti sepulang gawe ane beli yang ditukang burung, ane coba penilitian, ane kasih bungkus plastik yang dirumah ane, ane pengen tahu, benarkah tuh makhluk bisa makan plastik.

atau jenis plastik nya yang tertentu saja..... emoticon-Big Grin


FR gan kalo udah coba emoticon-Big Grin
×