alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/564876d898e31bdb678b4568/petral-bubar-pertamina-sekarang-pengadaan-minyak-terang-benderang
Petral Bubar, Pertamina: Sekarang Pengadaan Minyak Terang Benderang
Petral Bubar, Pertamina: Sekarang Pengadaan Minyak Terang Benderang

https://m.detik.com/finance/read/201...rang-benderang

Jakarta - Pasca pembubaran Pertamina Energy Trading Limited atau Petral, PT Pertamina (Persero) menjamin tidak ada lagi kongkalikong dalam pengadaan BBM. Saat ini, proses pembelian BBM dilakukan oleh divisi Integrated Supply Chain (ISC).

"Sekarang terang benderang dalam pengadaan minyak. Perusahaannya di Jakarta, bukan di Singapura, pengawasan di depan mata kita, langsung oleh steering comitte yang terdiri dari 3 direktur," kata Sekretaris Perusahaan Pertamina Wisnuntoro dalam acara diskusi 'Energi Kita' di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Minggu (15/11/2015).

Selain pengawasan langsung, pihaknya juga kini membuka seluas-luasnya dengan proses tender terbuka. Hal ini terlihat dari jumlah rekanan atau vendor yang bertambah pesat sejak tugas Petral diambil alih ISC.

"Dulu 2006 hanya ada 54 vendor, sekarang naik jadi 199 rekanan, itu artinya kita sekarang lebih terbuka, tidak ada lagi praktik kolusi. Dari 54 vendor kalau terbukti dari hasil audit terbukti ikut bermain, kita langsung blacklist," tegas Wisnontoro.

Dengan proses pengadaan yang lebih terbuka, menurutnya, kemungkinan manipulasi harga minyak sudah sulit dilakukan. Persyaratan pemasok pun hanya diwajibkan memiliki modal minimal US$ 50 juta, dan menguasai penyimpanan (storage) BBM.

"Jika Petral tidak ada, sekarang jelas hasilnya kita bisa hemat US$ 103 juta sejak Januari hingga triwulan III. ISC buka seluas-luasnya sehingga siapa saja bisa ikut," kata Wisnuntoro.

"ISC dulu hanya perencana, pas zaman Rini Sumarni (Menteri BUMN) ini ISC ini yang seharusnya dibesarkan. Tapi kemudian ganti pemimpin Petral yang dibesarin, sekarang kebalik, Petral yang kita habisin sekarang," ujar Wisnuntoro.
=================

Terus mafianya langsung hilang, hore emoticon-Recommended Seller
Pertalite 8500
terang benderang milih om brewok. emoticon-Ngakak



pertalite di aman kan. emoticon-Ngakak (S)
Petral bubar, trus

Mafianya mana??

Premium turun harga??
Pertamina jadi untung??
kapan bbm turun? emoticon-Malu (S)
Terus makpia yang dikoar koarin kemarin kok gak ditangkap emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By fr91
Terus makpia yang dikoar koarin kemarin kok gak ditangkap emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By reyvan3
Petral bubar, trus

Mafianya mana??

Premium turun harga??
Pertamina jadi untung??


Ganti baju emoticon-Embarrassment
Jngan2 mapianya salin baju
tetap aja pertamina merugi tiap tahun emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By reyvan3
Petral bubar, trus

Mafianya mana??

Premium turun harga??
Pertamina jadi untung??


Petral bubar doang, mafianya ga kebukti?
Samjugbong dong.
Fix dah ganti baju
Quote:Original Posted By von.bock


Petral bubar doang, mafianya ga kebukti?
Samjugbong dong.
Fix dah ganti baju


Ada bukti?
Yang pasti BBM lebih murah sekarang
Dapat diskon pula dari sonangol

Terima kasih pertamina
Terima kasih Faisal basri

emoticon-Traveller
Msh proses, entar hasil audit forensik di laporin KPK baru pada emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By cacados.latos
Yang pasti BBM lebih murah sekarang
Dapat diskon pula dari sonangol

Terima kasih pertamina
Terima kasih Faisal basri

emoticon-Traveller


nganu, murahnya dilihat pake sedotan ya gan emoticon-Belo
Quote:Original Posted By golbezz
tetap aja pertamina merugi tiap tahun emoticon-Bingung (S)

kok aneh ya. Tahun 2014 untung pertamina lebih dari 20 trilyun. Tahun 2013, 2012, 2011, dst selalu jd BUMN dengan laba bersih terbesar di Indonesia. Gagal paham nih ente kayaknya


http://m.detik.com/finance/read/2015...sisi-pertamina
Trus ada tanda2 penurunan harga bbm gak.?
Quote:Original Posted By bosskikilalexis


Ada bukti?


Makanya gw nanya duluan bukti adanya mafia minyak gan.

Logikanya petral dibubarin karena katanya ada mafia minyak, tp mafia minyaknya ga keungkap...
Walau ga keungkap tapi tetep aja dibubarin,
Berarti kan motifnya emang mau ganti baju aja, bentuk lagi isc atau apalah.

Dulu katanya ada 54 vendor, sekarang ada 199. Tp siapa yg jamin bukan dia2 juga orangnya.
Mau petral atau isc outputnya ngaruh ga sama harga bbm dalam negri, udah tetep naik pertamina juga rugi2 terus..
Halah dagelan aja
bilang hemat ratusan juta dolar tapi klaim masih rugi emoticon-Hammer2

mau dibilang hebat tapi kemarin payah
dibuka dong, biaya produksi + distribusi premium dll
Ini baru terang benderang
emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By von.bock


Makanya gw nanya duluan bukti adanya mafia minyak gan.

Logikanya petral dibubarin karena katanya ada mafia minyak, tp mafia minyaknya ga keungkap...
Walau ga keungkap tapi tetep aja dibubarin,
Berarti kan motifnya emang mau ganti baju aja, bentuk lagi isc atau apalah.

Dulu katanya ada 54 vendor, sekarang ada 199. Tp siapa yg jamin bukan dia2 juga orangnya.
Mau petral atau isc outputnya ngaruh ga sama harga bbm dalam negri, udah tetep naik pertamina juga rugi2 terus..
Halah dagelan aja


Santai gan. Itu hasil audit forensik baru keluar. udah kelihatan kerugiannya. Nanti akan di teruskan ke KPK. Tunggu aja tontonan berkutnya, Bakal diciduk satu persatu. Ente lihat aja siapa yang berteriak paling kencang itu mafianya. Kalo ente masih nggak paham, mendingan diam aja. Nggak usah protes. emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
×