alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5647f9c794786892178b4571/pemerintah-minta-masyarakat-mampu-beralih-ke-daya-1300-va
Pemerintah Minta Masyarakat Mampu Beralih ke Daya 1.300 VA
Pemerintah Minta Masyarakat Mampu Beralih ke Daya 1.300 VA

Pemerintah Minta Masyarakat Mampu Beralih ke Daya 1.300 VA

Kementerian ESDM meminta para pelanggan listrik bersubsidi 900 volt ampere (VA) yang masuk kategori mampu untuk segera beralih menggunakan listrik non subsidi atau golongan 1.300 VA.

Pasalnya, sesuai perundang-undangan yang berlaku, subsidi listrik hanya diberikan kepada masyarakat tidak mampu.

"Makanya harus tepat sasaran. Tapi kita lihat, ternyata pelanggan 900 VA itu 70 persennya masyarakat yang mampu. Itu kan sebaiknya tidak subsidi, kita minta sebaiknya migrasi ke 1.300 VA. Yang tidak mampu, tetap di 900 VA," kata Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian ESDM Jarman di Kantor Ditjen Kelistrikan Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Jarman menuturkan, saat ini PT PLN (Persero) tengah mencocokkan data pelanggan dengan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk menerapkan pencabutan subsidi listrik bagi masyarakat mampu.

Menurut dia, data TNP2K yang mencakup masyarakat rentan miskin sangat berbeda dengan data PLN yang berisi data pelanggan listrik.

"Data pelanggan kan bisa saja satu orang punya tiga rumah. Sebaliknya, masyarakat yang tidak mampu, mungkin karena mengontrak jadi dia tidak punya data pelanggan. Ini yang kita cocokkan," katanya.

Jarman mengatakan, pencocokan data memerlukan waktu sekitar empat hingga lima bulan karena perlu penyisiran satu per satu dari sekitar 20 juta pelanggan listrik 900 VA.

Dengan demikian, pencabutan subsidi listrik akan dilakukan sekitar pertengahan 2016, yang kondisi perekonomiannya diyakini lebih baik ketimbang saat ini atau awal tahun depan.

"Data sementara menunjukkan 70 persen pelanggan 900 VA itu pelanggan mampu yang akan dimigrasi, tapi datanya harus benar-benar dicocokkan. Kira-kira ada 6 juta masyarakat miskinnya," ujarnya.

Rencana pencabutan subsidi listrik juga sebelumnya akan juga dikenakan pada pelanggan listrik 450 VA. Namun, setelah pengecekan lebih lanjut, hampir seluruh pelanggan listrik 450 VA masuk sebagai kategori masyarakat miskin dan rentan miskin sehingga pencabutan hanya akan berlaku bagi pelanggan 900 VA.

CONTEKAN: http://bisniskeuangan.kompas.com/rea....Daya.1.300.VA
hidup di kota besar emang masih bisa pake listrik 450/900 watt ? emoticon-Bingung (S)
orang mah beli makin banyak makin didiskon ini makin banyak makin mahal emoticon-Big Grin
parameter mampunya seperti apa? emoticon-Amazed
Quote:Original Posted By 0varium
hidup di kota besar emang masih bisa pake listrik 450/900 watt ? emoticon-Bingung (S)


masih gan rumah tante ane dibukit duri make 900 watt dari jaman 65 dolo sampai sekarang ...
Quote:Original Posted By awanmendung
masih gan rumah tante ane dibukit duri make 900 watt dari jaman 65 dolo sampai sekarang ...



dari 65 ? emoticon-EEK!

mungkin kalo dibawah tahun 2000 mah bisa jadi.
tapi apa beneran iya ....
notabene jaman sekarang semua peralatan pake listrik lho.
Pake surat gakin aja para pemohon daya 450-900.Untuk masyarakat mampu yg suruh naikkin daya kayaknya agak susah,karena kalo pemakaiannya sedikit buat apa naik daya emoticon-Smilie
ironi pemerintah

1. rakyat disuruh berhemat
2. banyak keluarga yang menganggap 900 watt udah cukup
3. kemarin PLN ngeluh kekurangan daya, tp rakyatnya disuruh pake 1300watt emoticon-Bata (S)

sungguh pemerintah yang aneh.
Rumah ane 450 malah gan,, itu aja masih kuat tuh mesin jahit + obras tante ane,, tapi ya giliran makeknya emoticon-Big Grin skrg dpikir2 klo upgrade ke 1300 malah pemborosan gan, malah kpingin prlatan elektronik yg aneh2,, pdahal kan kata pemerintah suruh menghemat pemakaian listrik emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By unwell
orang mah beli makin banyak makin didiskon ini makin banyak makin mahal emoticon-Big Grin


namanya monopoli, nggak ada saingan

ngasih diskon buat dia ya nggak perlu, yang ada mah dinaikkin

coba kalo ada saingan
Males ane kalo 1300 VA, tapi sistem bayar pakai pulsa,
Mendingan prabayar/pascabayar lah, sistemnya kalo udah diatas 900 VA.
udah dr awal 1300
mo nyalain macem2 barengan biar gag njeglek.
Tolong kl gak mampu ngurus bumn atau negara mending mundur aja.
450W lebi enak..
Pasang barisan
mending cabut subsidi aja ndak usah naikin daya. buat apaan coba lah rumah ane juga cupet. listrik cuma buat kompa air kecil sama lampu penerangan.
Asal listrik jangan pada mati hidup gegara pln ga kuat
"Data pelanggan kan bisa saja satu orang punya tiga rumah. Sebaliknya, masyarakat yang tidak mampu, mungkin karena mengontrak jadi dia tidak punya data pelanggan. Ini yang kita cocokkan," katanya.



Semoga kontrakan Ayah ndak harus ikut naik, biasanya cuma isi 5 lampu led, tivi led, pc atau laptop, dan hp. Ada juga yg pakai rice cooker tapi ndak semua.
kalau mampu ngga usah disuruh jg pasti pasang listrik diatas 900 , mana tahan orang mampu ngga pake ac , kulkas , pemanas air ,microwave , dispenser ,tv layar besar , mesin cuci, dll. yg masih betah di 900 mah yg kelas menengah , heran ini barometernya apa sih yg dianggap masuk golongan mampu sama pemerintah ? apa golongan yg makan 3x sehari yg disuruh makin getatin iket pinggang , mundur aja jd mentri dan direktur pln , kalau kerjanya cuma bisa naikin tarif dan terima beres doang , jangan rakyat lg yg dikorbanin , yg mesti dirazia tuh pelangan pelangan yg sering nyolong listrik dan pake meteran banyak dalam 1rumah , nah tuh baru kerja, jangan pelangan yg udah bener yg dikejar kejar terus emoticon-fuck
Krisis listrik jawa bali

Pelanggan disarankan naik ke 1300w..
Duit masuk ke PLN, yg ngaku nya rugi

Tp apa ga makin krisis tuh?
.
klo ada jaminan ga byar pet, banyak kok yg bersedia emoticon-Embarrassment
.