alexa-tracking

Perbedaan Kristen dan Katolik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/563ad0bc1cbfaa444a8b456e/perbedaan-kristen-dan-katolik
Perbedaan Kristen dan Katolik
Perbedaan Kristen dan Katolik

10 Perbedaan Kristen dan Katolik

AGAMA Kristen adalah agama monoteisme. Mereka mempercayai Allah Yang Esa. Kendati mereka “membagi” Allah dalam tiga pribadi, yakni Bapa (Sang Pencipta), Putra (Yesus Kristus, Tuhan yang menjelma manusia), dan Roh Kudus (Tuhan pada hati manusia). Ketiganya tetap satu kesatuan atau disebut Trinitas.

Agama Kristen pecah menjadi tiga aliran gereja, karena perbedaan pendapat para pengikutnya. Antara lain Kristen Ortodoks, termasuk Kristen Koptik di Mesir; Kristen Katolik, dan; Kristen Protestan. Berikut perbedaan Kristen (Protestan) dan Katolik.

1. Paus
Di antara perbedaan Katolik dan Protestan yang paling menonjol adalah, umat Katolik memiliki Paus, pemimpin tertinggi yang bertahta di Vatikan, Roma. Paus pertama adalah St. Petrus, pemimpin 12 murid Yesus. Sampai saat ini, sudah ada 300-an Paus.

Paus saat ini ialah Paus Fransiskus I yang menggantikan Paus Benedictus XVI. Sementara Kristen Protestan tidak mengakui/memiliki pemimpin tertinggi. Hal ini sekaligus memicu perpecahan dan kemunculan Kristen Protestan pada Abad Pertengahan.

Ketika Paus Leo X ingin membangun gereja termegah sedunia, Basilika St. Petrus di Vatikan, ia melakukan hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan ajaran Kristen, yaitu mengumpulkan dana pembangunan gereja, antara lain dengan menjual surat pengakuan dosa.

Hal ini diprotes oleh Pendeta Martin Luther yang memutuskan memisahkan diri. Mereka yang menjadi pengikut Martin Luther disebut Protestan.

2. Deutro-Kanonika
Kitab suci umat Kristen disebut Alkitab. Sementara Injil hanyalah sebagian kecil dari Alkitab yang khusus menceritakan kehidupan Yesus. Namun Alkitab umat Katolik lebih tebal, karena ada tambahan 12 kitab yang dinamakan Deutero-Kanonika.

Kitab-kitab tersebut tidak diakui kebenarannya oleh umat Protestan atas doktrin Purgatory, wilayah di antara surga dan neraka, atau disebut Api Penyucian.

3. Denominasi gereja
Dalam tradisi Katolik, orang biasa dilarang menafsirkan kitab suci selain Magisterium, yaitu para ahli agama yang berpusat di Roma. Umat Katolik di seluruh dunia tinggal mengikuti penafsiran Magisterium. Sedangkan ajaran Protestan membolehkannya.

Dua kebijakan berbeda ini berdampak besar. Umat Katolik di seluruh dunia lebih bersatu karena memiliki satu pendapat yang sama tentang kitab suci. Sehingga umat Katolik tidak terbagi-bagi menjadi beberapa aliran dan denominasi seperti umat Protestan.

Sebut saja GPIB, Pantekosta, Gereja Kristen Jawa (GKJ), Gereja Batak (HKBP), Adven, dst. Jika umat Katolik bisa datang ke gereja manapun di seluruh dunia, maka berbeda dengan umat Protestan yang mungkin seumur hidupnya hanya datang ke satu gereja yang sama.

4. Hierarki gereja
Dalam tradisi Katolik, terdapat hierarki pemuka agama. Dari romo/pastur, uskup, kardinal, dan paus. Otomatis, terjadi hierarki dalam gereja mereka, yaitu kapel (gereja kecil), gereja paroki (tempat pastur), katedral (tempat uskup/kardinal), dan basilika (tempat paus).

5. Para Kudus (Saint)
Nama-nama orang Kudus biasanya digunakan sebagai nama gereja Katolik (mis: Gereja Santa Maria dan Gereja Santo Petrus). Atau nama baptis, biasanya diakhiri -us: Petrus, Paulus, Fransiskus. Sedangkan umat Protestan menggunakan nama-nama nabi: Abraham, Samuel, Daniel.

6. Sakramen
Sakramen ialah bentuk upacara suci yang wajib dilakukan umat Kristiani sepanjang hidupnya. Gereja Katolik mengakui 7 sakramen, yaitu Baptis (masuk Kristen), Krisma (diberikan saat menginjak remaja), Ekaristi (yang biasa dilakukan di gereja setiap hari Minggu), Imamat (pentahbisan menjadi pastor), pernikahan, pengakuan dosa, dan pengurapan (diberikan saat sakit parah dan hampir meninggal).

Sementara dalam gereja Protestan, hanya mengakui dua sakramen, yaitu Baptis dan Ekaristi. Sakramen Ekaristi dalam ajaran Protestan tidak dilakukan setiap hari Minggu, melainkan pada perayaan hari-hari besar saja.

7. Biarawan/ti
Dalam tradisi Katolik, hanya laki-laki yang boleh menjadi pastur. Sedangkan dalam Protestan, baik laki-laki maupun perempuan, diberikan hak yang sama menjadi pendeta, meskipun kita lebih sering melihat pendeta laki-laki.

Dalam Katolik, wanita yang ingin mempersembahkan hidupnya bagi Tuhan dapat menjadi suster/biarawati. Syarat menjadi suster sama dengan syarat menjadi pastur, yaitu tidak boleh menikah. Seorang suster harus menutup auratnya dan memakai kerudung.

8. Pengultusan Maria
Umat Katolik sangat mengkultuskan Bunda Maria, ibunda Yesus. Dalam ajaram Katolik ada rosario, semacam tasbih dengan liontin salib, dan berziarah ke Goa Maria setiap bulan Mei dan Oktober. Sementara umat Protestan menolak pengultusan terhadap Maria.

Gereja Katolik dihiasi patung-patung Yesus, Bunda Maria, santo/santa, hingga patung malaikat, sebagai visualisasi. Sedangkan umat Protestan mengharamkan penggunaan patung karena dianggap berhala. Hanya ada sebentuk salib biasa, tanpa tubuh Yesus.

9. Perkimpoian
Pemuka agama Katolik dari pastur hingga paus tidak boleh menikah, membujang seumur hidup (disebut hidup selibat). Hal ini diberlakukan agar mereka bisa berkonsentrasi terhadap ajarannya. Sedangkan dalam tradisi Protestan, pendeta diperbolehkan menikah.

Dalam tradisi Katolik, pernikahan hanya boleh terjadi sekali seumur hidup, kecuali jika ditinggal mati pasangannya. Sementara dalam ajaran Protestan pun, perceraian sangat tidak diharapkan.

10. Peribadatan
Peribadatan umat Katolik disebut misa, sementara peribadatan umat Protestan disebut kebaktian. Keduanya berbeda dalam hal isi maupun tata cara pelaksanaannya, kendati sama-sama dilaksanakan pada hari Minggu.

Umat Katolik berdoa membuat tanda salib dengan telunjuk kanan menyentuh dahi, dada, bahu kiri, bahu kanan, secara urut. Sementara umat Protestan hanya berdoa biasa. (*/Msl)

sumber
Nais share gan, mudah2an tidak menjurus ke SARA ..

trus ane masih bingung nih gan.

sebenarnya siapa sih Agama yg pertama ? Katolik atau Kristen ?

Terus Yesus itu agamanya apa gan ?

emoticon-Blue Guy Peace
Perbedaan Katolik VS Protestan
Bagi Teman Teman yg Belum Tahu. Ini Perbedaan Katolik VS Protestan.

#1. MENJUAL SURAT DOSA dengan UANG
Ini Terjadi Pada Abad Pertengahan. Di Zaman Dulu Kala. Katolik menjual Surat Pengampunan Dosa dengan Uang. Ini Lah yg Menyebabkan Ketidaksetujuan Seorang Pendeta yg Bernama Martin Luther asal Jerman. Sehingga menyebabkan Terjadinya Perpecahan Antara Katolik dan Protestan.

#2. PAUS
Katolik memiliki Pemimpin Tertinggi yg Bertahta di Vatikan. Yaitu PAUS. Sedangkan Protestan ngga memiliki.

#3. PERNIKAHAN
Di Katolik, Pastur ngga boleh Menikah. Dan juga ada Biarawan dan Biarawati yg ngga boleh menikah juga. Sedangkan di Protestan. Pendeta di Perbolehkan untuk Menikah.

#4. IBADAH
Umat Katolik dalam Ibadah Menyentuh Dahi, Dada, Bahu Kiri, Bahu Kanan secara Urut. Sementara umat Protestan hanya duduk, berdoa, bernyanyi, mendengarkan Firman Tuhan, Membaca Alkitab seperti biasa saja.

#5. MARIA
Umat Katolik sangat mengkultuskan Bunda Maria dan Berziarah ke Goa Maria setiap bulan Mei dan Oktober. Sementara Agama Protestan sangat menolak.

#6. LAKI-LAKI
Di Dalam Agama Protestan. Yang Boleh Menjadi Pendeta bisa Pria atau Wanita. Sedangkan di Umat Katolik hanya Pria. Dan Wanita di Larang.

#7. DIHIASI PATUNG
Di Gereja Katolik umumnya dihiasi Patung Yesus, Patung Bunda Maria, Patung Santo/Santa dan Patung Malaikat. Di Gereja Protestan, Patung di Larang Keras karena dianggap berhala. Kecuali Tanda Salib. Tapi di Salip juga di Larang Keras ada Patung Tubuh Yesus Tersalib.

#8. KITAB SUCI
Agama Kristen umumnya memiliki Kitab Suci yg disebut ALKITAB. Di Agama Protestan. sangat Menolak Alkitab Katolik tersebut. karena ada Tambahan 12 Kitab baru yg dinamakan Deutero Kanonika. Semoga Bermanfaat menambah wawasan Anda ya. GBU

sumber
KASKUS Ads
Sejarah Perang Kristen Protestan VS Katolik yg Menewaskan Jutaan Orang di Eropa (1618 - 1648)

Pada Tahun 2015. Umat Islam di Seluruh Penjuru Dunia. Kaget ama Peristiwa Pertikaian antara Perang yg saya sebut sebagai Perang Segitiga. Antara Islam ISIS, Islam Syiah, dan Islam Sunni.

Islam Syiah mempercayakan dirinya Agama yg Paling Benar, (Syiah Terbesar di Dunia ada di IRAN), Nah, Sedangkan Islam Sunni juga mempercayakan dirinya yg Paling benar dan Islam Syiah-lah yg Sesat, sedangkan Islam “ISIS” juga menyatakan dirinya yg Paling benar dan ISIS hanya mengaku ada 1 Islam Kekalifahan aja. (ISLAMIC STATE). ISIS sangat menentang Islam dengan embel embel Demokrasi, Syiah, Sunni atau Aliran Lainnya. Ini lah yg Menyebabkan Konflik Perang Berkepanjangan di Timur Tengah.

Perbedaan Kristen dan Katolik

Peperangan Umat Kristen
Beberapa orang di Indonesia. Mungkin menyangka, Umat Kristen adalah yg Damai. Walaupun Kristen Terbagi-bagi menjadi beberapa bagian. Yaitu Kristen Ortodok, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Kristen Anglika, dll.

Namun umumnya, di dunia ini ada 2 Umat Kristen yg Terbesar di Dunia yaitu : Kristen Protestan dan Kristen Katolik. Tahukah Anda. Mereka juga Pernah kok Saling Perang. Bahkan di dalam catatan Sejarah. Perang antar Protestan VS Katolik. Berlangsung hingga 30 Tahun Lamanya dan Menyeret Berbagai Negara Eropa sekitarnya untuk Saling Berperang. Tercatat : Hampir seperempat penduduk Eropa tewas oleh konflik Perbedaan Agama ini.

Damai

Perbedaan Kristen dan Katolik

Pada saat Artikel ini saya Tulis Bagi Anda. Pertikaian Peperangan yg Terjadi Pada Tahun 1618-1648. Antara Katolik VS Protestan kini udah saling damai. Yang diikralkan dalam Perjanjian Westfalen. Mereka Berdamai Karena sama-sama mengalami Kerusakan Parah, sama-sama terkena Penyakit mengerikan, sama-sama Kelaparan, sama-sama Kehabisan Uang, Kehabisan Energi, dll.

Walaupun sebenarnya ngga menutup kemungkinan ya. Suatu saat Perang ini bisa Kambuh Lagi. Tapi agak ngeri juga kalau mereka saling Perang lagi. Karena umumnya saat ini, Negara Negara yg Bermayoritas Kristen memiliki Teknologi Militer yg Sangat Maju, Canggih dan Sangat Mengerikan. Beberapa bahkan ada yg memiliki Senjata Nuklir yg bisa di Tembakkan Melalui Pesawat Tempur.

Agama Katolik umumnya Terbanyak ada di Benua Biru Eropa. Yang Meliputi, Italia, Spanyol, Ferancis, dll. Terkecuali di Jerman yg Imbang. Hampir 50% : 50%. Ini lah Mengapa Awal Peperangan ini Pecah Bermula di Negara Jerman.

Perbedaan Kristen dan Katolik

Sedangkan Negara Inggris juga kurang setuju dengan Katolik. Sehingga memilih untuk menjadi Kristen Anglika.

Tahun 2015
Saat ini, Amerika Serikat adalah Penganut Kristen Protestan Terbesar di Dunia. Ini Lah Mengapa, Amerika Serikat Paling Akrabnya hanya ama Inggris. Walaupun Amerika masih berteman dengan Eropa. Tapi Amerika Serikat diketahui masih was was dengan Eropa dan memilih menyadap mereka.


Amerika Serikat di dalam hati kecilnya, sebenarnya takut banget dengan Benua Biru Eropa. Sebenarnya Diam Diam Mewaspadai Bangsa Eropa yg Mayoritas Katolik ini. Ya, Takut Gitu. Siapa tahu Sejarah Terulang kembali dan siapa tahu kelak bisa Menjerumus ke Negara Amerika.

Sebagai Informasi ya. Amerika Serikat bukanlah Negara Kristen. Tapi Negara yg Membebaskan Penduduk untuk Memeluk Kebebasan Beragama. Namun umumnya, Warga AS kebanyakan Beragama Kristen Protestan.
selain banyaknya kasus kejahatan pemuka agama katolik pedofil di dalam gereja katolik
sampai2 PBB ( 193 negara) mengecam vatikan ( otoritas pusat Gereja Katolik. ) itu melindungi,memperbolehkan pemuka agama katolik pedofil gay utk memperkosa sodomi anak laki2 kecil di dlm gereja katolik
U.N. Report: Vatican Policies Allowed Priests To Rape Children
http://www.nbcnews.com/news/world/u-...hildren-n22531
UN report says Vatican continues to protect and enable pedophile priests
http://america.aljazeera.com/opinion...lepriests.html
UN To Vatican: Turn Over Pedophile Priests To Police
http://www.businessinsider.com/un-to...e-2014-2?IR=T&
etc

di gereja protestan juga ada kasus kejahatan pemuka agama pedofilnya
cuma pemuka agama protestan itu berbeda dgn pemuka agama katolik .
mrk lebih suka melecehkan anak perempuan kecil daripada anak laki2 kecil

U.S. Protestants Face Sex Abuse Scandals, Too, but There Are Differences With Catholics
http://www.freerepublic.com/focus/ne...s/659629/posts


Quote:


wow lengkap amat beritanya
emoticon-Matabelo
protestant maupun catholic itu sama2 bagian dari Christianity
tapi alkitab protestan & alkitab katolik beda
tapi gereja protestan & gereja katolik beda
persamaannya sama2 ngeles,munafik,fanatik,radikal klaim ajarannya paling benar & sempurna
Perbedaan Kristen dan Katolik

gara2 persengketaan itulah maka terjadilah perang sesama christianity itu
katolik kaum crusade yg dipimpin paus itu membantai protestan

1096 Roman Catholic crusaders slaughter half the Jews in Worms, Germany.

1098 Roman Catholic crusaders slaughter almost all of the inhabitants of the city of Antioch.

1099 Roman Catholic crusaders massacre 70,000 Muslims and Jews when they capture Jerusalem.

1208 – 1226 The Albigensian Crusades in southern France. Roman Catholic crusaders slaughter approximately 20,000 citizens of Beziers, France, on July 22, 1209. Albigensian Christians and Catholics were slain. By the time the Roman Catholic armies finished their “crusade,” almost the entire population of southern France (mostly Albigensian Christians) has been exterminated. During the six centuries of papal Inquisition that began in the 13th century, up to 50 million people were killed. Read what J. A. Wylie's The History of Protestantism has to say about the Crusades against the Abigenses

1236 Roman Catholic crusaders slaughter Jews in the Anjou and Poitou regions of western France. The Catholic crusaders trample to death under their horses 3000 Jews who refuse baptism.

1243 Roman Catholic mobs burn alive all the Jews in Berlitz, Germany (near Berlin).

1298 Roman Catholic mobs burn alive all Jews in Rottingen, Germany.

April 26, 1349 Roman Catholic mobs burn to death all Jews in Germersheim, Germany.

1348 – 1349 The Jews are blamed for the bubonic plague. Author Dave Hunt tells us, “Accused of causing the ‘Black Death’ Jews were rounded up [by Roman Catholic mobs] and hanged, burned, and drowned by the thousands in revenge.”

1389 Roman Catholic mobs murder 3000 Jews in Prague when they refuse to be baptized.

1481 – 1483 At the direction of the Roman Catholic inquisitors, authorities burn at the stake at least 2000 people during the first two years of the Spanish Inquisition.

1540 – 1570 Roman Catholic armies butcher at least 900,000 Waldensian Christians of all ages during this 30-year period.

1550 – 1560 Roman Catholic troops slaughter at least 250,000 Dutch Protestants via torture, hanging, and burning during this ten-year period.

1553 – 1558 Roman Catholic Queen Mary I of England (aka “bloody Mary”) attempts to bring England back under the yoke of papal tyranny. During her reign, approximately 200 men and woman are burned to death at the sake. Her victims include bishops, scholars, and other Protestant leaders.

1572 St. Bartholomew’s Day Massacre. French Roman Catholic soldiers begin killing Protestants in Paris on the night of August 24, 1572. The soldiers kill at least 10,000 Protestants during the first three days. At least 8000 more Protestants are killed as the slaughter spreads to the countryside.

1618 – 1648 The Thirty Years’ War. This bloody, religious war is planned, instigated, and orchestrated by the Roman Catholic Jesuit order and its agents in an attempt to exterminate all the Protestants in Europe. Many countries in central Europe lose up to half their population
.

1641 – 1649 Eight years of Jesuit-instigated Roman Catholic butchery of Irish Protestants claims the lives of at least 100,000 Protestants.

1685 French Roman Catholic soldiers slaughter approximately 500,000 French Protestant Huguenots on the orders of Roman Catholic King Louis 14 of France.


Circa 1938 – 1945 Catholic dictators such as Adolf Hitler and Monsignor Tiso slaughter approximately six million Jews in Europe prior to and during World War 2.

1941 – 1945 The Roman Catholic Ustashi in the fascist state of Croatia butcher up to one million Serbian Orthodox Christians. Roman Catholic killer squads are often led by Franciscan priests, monks, and friars. This genocide is choreographed by two Jesuit prelates: Aloysius Stepinac and Ivan Saric.

http://amazingdiscoveries.org/R-Refo...sade_slaughter


the truth must be told ..free speech
catholic itu dianggap sesat whore of babylon oleh protestant
https://www.google.com.au/#q=catholi...ore+of+babylon
pope ( paus) dianggap anti christ 666 oleh protestan
https://www.google.com.au/#q=pope+is...antichrist+666

umat katolik itu dianggap sesat oleh protestan karena menyembah berhala
Spoiler for patung:


umat katolik klaim paus itu bapa suci ,wakil tuhan
tapi sebenarnya paus itu hanya manusia biasa aja tak ada sucinya sama sekali

ada berapa aib memalukan mengenai paus itu
ada paus yg mati dibunuh karena selingkuh
dan paling memalukan adalah
paus yg dianggap bapa suci & diklaim wakil tuhan oleh katolik itu
paus ( bapa suci katolik ,wakil tuhan katolik ) mati waktu lagi disodomi
List of 4 Roman Catholic Popes who died during sex, 1 actually died while being sodomised
http://www.factsuniversity.com/relig...sodomised.html

Perbedaan Kristen dan Katolik

dogma radikal katolik yg klaim
mengenai Extra Ecclesiam Nulla Salus
( di luar gereja katolik dijamin tdk ada keselamatan ,keselamatan dijamin hanya ada didalam gereja katolik )
dogma katolik itu terbukti BIG BULLSHIT ..omong kosong belaka

fakta & kenyataan buktikan
tdk ada keselamatan sama sekali di dlm gereja katolik
lihat aja fakta & kenyataan mengenai banyaknya kasus kejahatan pemuka agama katolik pedofil gay perkosa sodomi anak laki2 kecil di dlm gereja katolik
sampai2 PBB ( 193 negara) mengecam vatikan ( otoritas pusat Gereja Katolik. ) itu melindungi,memperbolehkan pemuka agama katolik pedofil gay utk memperkosa sodomi anak laki2 kecil di dlm gereja katolik
U.N. Report: Vatican Policies Allowed Priests To Rape Children
http://www.nbcnews.com/news/world/u-...hildren-n22531
]UN report says Vatican continues to protect and enable pedophile priests
http://america.aljazeera.com/opinion...lepriests.html
UN To Vatican: Turn Over Pedophile Priests To Police
http://www.businessinsider.com/un-to...e-2014-2?IR=T&
etc
image-url-apps
Trus yg bener yg mana? K or P
image-url-apps
Thread beginian nunggu bpln jadi dc aja deh
bentar juga threadnya akan diclose
gpplah ..anggap aja iseng2 nambah postingan biar ISO supaya bisa posting di lounge BP
lounge di BP itu kok diskriminasi pada new comer ya emoticon-Cape d... (S)

ID belum ISO tidak diperkenankan posting di lounge
http://www.kaskus.co.id/show_post/55...lounge-bp-raya

moderator BPLN kok gak mau buka lagi lounge BPLN emoticon-Malu (S)
image-url-apps
Quote:


Tapi sebenarnya materi ts bagus loh buat diskusi
Quote:


gini aj gan.

toh,Yesusnya/ Nabi isanya sama.

toh, injil nya sama, ga ada yang lebih ga ada yang kurang, perjanjian lama , perjanjian baru sama...

hari peringatan kelahiraNya sama...

intinya 1 produk beda kemasan gan.. tergantung selera!!

ane juga minggu , kalau pengen ya ke gereja di mall, ya pergii.. sekalian
kalau lagi pengen deket rumah, yah ke gereja katolik deket rumah sore hari.
KTP sih ane katolik.
lgpl TS nya sok tau.. yes betul sok tau.
martin luther king bukan memprotes ke katolik...!!!

protestan dari kata protentanium, yang artinya berdasarkan alkitab!! ane denger sendiri dan minta sendiri dari penjelasan pendeta.
jadi kristen protestan, bukan berarti kristen yang protes ke katolik!! artinya kristen yang berdasarkan ajaran dari alkitab.
karena di katolik juga ada ajaran2 house of rulesnya katolik yang ga ada di kristen protestan. tapi intinya tetep sama

intinya 1 produk beda kemasan gan.. tergantung selera!!
PERBEDAAN AJARAN YESUS (ISA) AS DAN PAULUS:

YESUS (ISA) AS :

1. Ajaran Yesus: Yesus adalah utusan Tuhan (Yesus tidak pernah meminta disembah/dituhankan).

Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel." (Matius 15:24)

Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. (Yohanes 17:3), (Yohanes 11:42)

Aku (Yesus) berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya....Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Ku-utus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia (Bapa) yang mengutus Aku. (Yohanes 13:16,20)

Kamu telah mendengar, bahwa Aku (Yesus) telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku. (Yohanes 14:28)

AJARAN PAULUS :

Yesus = Tuhan emoticon-Cape d... (S)

Namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup. (1 Korintus 8:6)

Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. (Roma 10:9)

AJARAN YESUS :
tidak membatalkan hukum Taurat, justru meneruskan hukum Taurat

"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku (Yesus) datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. (Matius 5:17)

Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. (Matius 5:18)

Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekali-pun yang paling kecil, dan mengajar-kannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. (Matius 5:19), (Matius 5:20)

AJARAN PAULUS

MENGUTUK HUKUM TAURAT

Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kami-pun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorangpun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat. (Galatia 2:16), (Galatia 3:24-25), (Galatia 5:4), (Roma 3:27-28) dan (Efesus 2:15)

YESUS : Laki-laki harus Khitan.

Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya. (Lukas 2:21)

Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat; haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu. (Kejadian 17:10-11)

Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu. (Kejadian 17:12), (Kejadian 17:13), (Kejadian 17:14), (Kejadian 21:4)

AJARAN PAULUS : Kristen tidak mewajibkan Khitan.

Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih. (Galatia 5:6)

Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah. (1 Korintus 7:19)


AJARAN YESUS: Tidak ada dosa waris.

Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. (Markus 10:14)

Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya. (Yehezkiel 18:20)

AJARAN PAULUS: Setiap orang mewarisi dosa Adam

Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang (Adam), dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. (Roma 5:12)

NB: Oleh karena dosa warisan dari Adam tersebut, menurut Paulus, disalibnya Yesus konon untuk menebus dosa-dosa manusia.


AJARAN YESUS: Berpuasa, berwudlu, mengajarkan sujud serta berdoa ketika sedang sujud.

Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, (Matius 6:17)

Musa dan Harun serta anak-anaknya membasuh tangan dan kaki mereka dengan air dari dalamnya. Apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan dan apabila mereka datang mendekat kepada mezbah itu, maka mereka membasuh kaki dan tangan--seperti yang diperintahkan Tuhan kepada Musa. (Keluaran 40:31-32)

Maka Ia (Yesus) maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki." (Matius 26:39), (Bilangan 20:6), (Kejadian 17:2-3)

AJARAN PAULUS: bernyanyi di gereja.

Dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. (Efesus 5:19)

Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu. (Kolose 3:16)

NB: Menyanyi di gereja bukanlah ajaran Yesus, tetapi ajaran Paulus (Efesus 5:19).


Ajaran Yesus : melarang hidup mewah di dunia.

"Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. (Matius 6:19-20).

Ajaran Paulus : Tidak ada larangan hidup mewah dalam ajaran Kristen

"Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan." (Efesus 4:28)

Ajaran Yesus : meninggal dunia dibungkus kain kafan.

Dan Yusufpun mengambil mayat itu, mengafaninya dengan kain lenan yang putih bersih, (Matius 27:59)

Mereka mengambil mayat Yesus, mengafaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat. (Yohanes 19:40)

Ajaran Paulus : meninggal dunia diberi pakaian rapi dan dibungkus peti mati.

Misalnya, meninggalnya Paus Yohanes Paulus II, penyanyi Broery Marantika, dan mantan Menko Ekuin Radius Prawiro. Ketiganya diberi pakaian rapi dan dibungkus peti mati sebelum dikubur.

Ajaran Yesus : tidak membatalkan hukum rajam.

Musa dalam hukum Taurat memerin-tahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu (Yesus) tentang hal itu?" (Yohanes 8:5)

Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya (Yesus), Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu." (Yohanes 8:7).

Ajaran Paulus : Tidak ada hukum rajam dalam ajaran Kristen.

Ajaran Kristen menolak hukum rajam, karena ia adalah bagian dari hukum Taurat. Lihat kembali pernyataan Paulus dalam Galatia 2:16 (butir 2 di atas).

Ajaran Yesus : Menerapkah hukum Qisash

Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. (Matius 5:38)

mata ganti mata, gigi ganti gigi, tangan ganti tangan, kaki ganti kaki (Keluaran 21:24)

patah ganti patah, mata ganti mata, gigi ganti gigi; seperti dibuatnya orang lain bercacat, begitulah harus dibuat kepadanya. (Imamat 24:20)

Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, sebab berlaku: nyawa ganti nyawa, mata ganti mata, gigi ganti gigi, tangan ganti tangan, kaki ganti kaki." (Ulangan 19:21)

Ajaran Paulus : Membatalkan hukum Qisash, menjerumuskan dalam perbudakan.

Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu. (Matius 5:39-42)


Yesus tidak membuat agama baru.

Lihat kembali pernyataan Yesus dalam Matius 5:17-20 (Butir 2 di atas).

Namun, Kristen adalah agama baru yang lahir setelah usaha penyaliban Yesus.

Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen. (Kisah Para Rasul 11:26).




Yang soal berhala itu sya stuju sih, makanya bnyk org tionghoa tuh memeluk katolik d banding protestan karena seperti "di bolehkan" menyembah berhala, apalgi org tionghoa walaupun memeluk katolik pun masih jg ada yg sembahyang ke leluhur (tradisi tionghoa)
Quote:



kelahirannya beda

Paus Nyatakan Penghitungan Kelahiran Yesus Keliru
http://news.liputan6.com/read/457593...n-yesus-keliru

pernah di gereja ada satu pendeta yg lahi kotbah teriak2 bilang alkitab itu paling benar & sempurna daripada kitab suci lainnya
langsung ada satu cewek cantik sexy berdiri tersenyum dan bilang pada pendeta itu

" pak pendeta , anda teriak klaim alkitab itu paling benar & sempurna dari kitab suci lainnya
benar & sempurna apanya ,pak .
alkitab protestan aja beda dengan alkitab katolik "

langsung pendetanya itu terguncang atas ucapan cewek cantik sexy itu
akhirnya pendetanya tertunduk malu & turun dari panggung

intinya adalah cewek cantik sexy itu menghimbau supaya jangan terlalu ngeles,munafik,fanatik,radikal,ekstrimis dlm beragama
Quote:


pernah di gereja ada satu pendeta yg bilang alkitab itu paling benar & sempurna daripada kitab suci lainnya
langsung ada satu cewek cantik berdiri tersenyum dan bilang pada pendeta itu
"
pak , anda klaim alkitab itu paling benar & sempurna
benar & sempurna apanya ..
alkitab protestan aja beda dengan alkitab katolik "

langsung pendetanya itu tertunduk malu atas ucapan cewek cantik sexy itu
ngarang2 cerita ya?? gw juga bisa kalau gitu.. najong

gw mah dah tau sepak terjang elu di BPLN .. lo ngomong apa koar2 ga bakal ada yang percaya !!
Quote:


jadi lu gak percaya bahwa Paus Nyatakan Penghitungan Kelahiran Yesus Keliru
http://news.liputan6.com/read/457593...n-yesus-keliru

situsnya valid ..dan juga beritanya udah masuk TV

ngeles,munafik,fanatik,radikal,ekstrimis utk apalah ...
image-url-apps
Quote:


Ooooo serupa tapi tak sama ya! Setiap keyakinan pasti mengajarkan manusia buat mendekatkan diri ke tuhan yg maha esa(allah swt), perkara bener atau salah ya biar nanti tuhan yg memutuskan dan ane pribadi hormati keyakinan agan
Quote:

gw percaya Tuhan,
ngapain percaya elu.musyrik!! crot . hahahahahah
sekeras , sepanjang dan sevalid atau banyak data2 yang lu sampaikan , gw bakal ga percaya, karena kelakuan elu di BPLN semua orang tau, lu tuh cuman nyebarin kebencian doang.
hahahaha..
belalalang belalang kupu kupu cucian deh lo!!!
Quote:


emoticon-Shakehand2 emoticon-Blue Guy Cendol (L)
×