alexa-tracking

Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5632d4fa582b2ef7198b456d/membuat-rencana-jalan-jalan-dengan-kereta-di-pulau-shikoku-jepang
Poll: Apakah pernah dengar tentang Shikoku, Jepang?
Ya 0% (0 votes)
Tidak 100.00% (1 votes)
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang
   Inti dari perencanaan biaya kalo mau jalan-jalan ada 3, penginapan, konsumsi, dan transportasi. Tulisan ini akan ngebahas cara mengoptimalkan dana transportasi jalan-jalan kamu ke Pulau Shikoku, Jepang dengan memanfaatkan moda transportasi kereta.
   Di Jepang, semua berjalan dan terjadwal dengan sangat teratur. Jadi, kalo perencanaan jalan-jalan gak mateng pasti akan nyesel belakangan. Misalnya aja bis dan kereta disini jalan dengan jadwal yg pasti, misalnya pas penumpang membludak pun mereka gak akan menambah armada, jadi deh kita gak keangkut. Kan sayang waktunya. Soal tiket juga biasanya perusahaan bis, kereta, kapal feri, semua punya tiket promo yang rugi deh kalo gak dimanfaatkan.
   Nah, balik lagi ke kereta, pertama akan saya jelasin dulu kereta yang beroperasi di Pulau Shikoku. Ada 6 perusahaan kereta yang beroperasi di Shikoku, JR Shikoku di seluruh Shikoku, Kotoden di Prefektur Kagawa, Iyotetsu di Prefektur Ehime, Asa Kaigan Tetsudo di Prefektur Tokushima, Tosaden dan Tosa Kuroshio di Prefektur Kochi. Kesemuanya adalah perusahaan swasta kecuali JR Shikoku.

Spoiler Rute kereta di Pulau Shikoku
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

   JR Shikoku merupakan perusahaan kereta plat merah yang beroperasi di Pulau Shikoku. Ada 3 jenis kereta yang dioperasikan, kereta ekonomi lokal (futsu ressha), rapid (kaisoku ressha), dan ekspress (tokkyu ressha).
   Kereta ekonomi lokal adalah kereta yang berhenti di setiap stasiun dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Kereta lokal ini mirip seperti kereta ekonomi yang digunakan Perumka di Jabodetabek, dengan tempat duduk menyamping. Hal yang berbeda adalah karena sedikitnya penduduk Jepang, maka ada kereta yang beroperasi dengan hanya 1 gerbong, namanya wanman, dan berhenti di stasiun-stasiun kecil tanpa penjaga. Karcis diambil dari mesin berwarna jingga di dalam kereta saat naik dan ongkos dibayar langsung ke masinis yang bekerja sendirian.

Spoiler Kereta lokal di Shikoku
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

Spoiler interior kereta ekonomi
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

   Kereta rapid adalah kereta yang berhenti setiap beberapa stasiun sekali dengan kecepatan operasional 100 km/jam. Desain interiornya mirip kereta kelas bisnis dengan tempat duduk berhadap-hadapan. Kereta rapid yang menjadi maskot JR Shikoku adalah Marine Liner yang melayani rute Okayama, Pulau Honshu ke Takamatsu, Pulau Shikoku dengan menyebrang Laut Seto, saya sangat rekomendasikan untuk coba naik ini.

Spoiler Kereta rapid Marine Liner
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

   Kereta ekspres berhenti hanya di stasiun besar dan beroperasi dengan kecepatan 130 km/jam. Desain interiornya mirip kereta Argo eksekutif di Indonesia, tapi dengan tempat duduk lebih lapang. Tempat duduk 2-2 dengan sandaran kaki dan jok yang bisa disesuaikan. Sepanjang perjalanan juga akan ada penjaja makanan mirip di pesawat. Kereta ekspres memiliki kursi pesanan dan kursi non pesanan.

Spoiler Kereta ekspres Shiokaze jurusan Takamatsu-Matsuyama (sebelah kanan)
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

   Green car adalah istilah untuk gerbong eksekutif yang dirangkaikan pada kereta rapid atau ekspres. Green car ditandai dengan logo semanggi warna hijau di gerbong tersebut dan interiornya lebih bagus dengan susunan kursi 2-1. Semua kursi di green car harus dipesan sebelum keberangkatan.

Spoiler Green car
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

   Nah, sekarang masalah tiket. Secara umum ada 3 jenis tiket. Tiket eceran yang dipakai untuk 1 kali perjalanan. Tiket paket/promo yang dijual dalam bentuk set untuk tur tertentu. Tiket harian/terusan yang bisa bebas dipakai naik-turun kereta seharian atau dalam rentang yang ditentukan. Tiket harian memang praktis, tapi akan jauh lebih hemat jika membeli tiket harian saat naik kereta jarak jauh/sering naik-turun.
   Jadi, tiket apa yang harus dibeli? Baca panduan berikut.

1. Semua peserta tur memiliki visa turis. Pilihan paling ekonomis adalah beli Japan Rail Pass. Rail Pass Shikoku tersedia dalam paket 2-5 hari perjalanan. Untuk paket yang 2 hari harganya 6.300 yen. Tiket ini sangat ekonomis dan memungkinkan penggunanya naik semua kereta termasuk ekspres. Selain itu, tiket ini juga valid untuk naik kereta Tosa Kuroshio, Asa Kaigan, Iyo, Kotoden, dan Tosaden. Tiket ini diperuntukkan buat turis, jadi lebih mudah beli di luar Jepang. Di Indonesia penjualan tiketnya bisa ditanyakan ke agen perjalanan, selanjutnya kuitansi pembelian akan ditukarkan dengan tiket asli setelah tiba di Jepang di stasiun-stasiun besar di wilayah Shikoku. Waduh, saya bukan turis/temen saya yang di Jepang mau ikut jalan juga... Baca opsi selanjutnya.

Spoiler Brosur Japan Rail Pass
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

2. Salah satu peserta tur berulang tahun pada bulan tersebut. Tiket ulang tahun (basudei kippu). Tiket ini bisa dibeli oleh orang yang berulang tahun saat perjalanan dilakukan, 1 orang yang berulang tahun bisa mengajak maksimal 3 orang teman. Harga tiketnya 10.280 yen/orang untuk 3 hari berturut-turut pemakaian. Tiket ini juga berlaku untuk kereta ekspres dan kereta Tosa Kuroshio. Yah... tim kami tidak ada yang ulang tahun. Baca nomor 3.

Spoiler Informasi tiket ulang tahun
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

3. Tiket terusan Shikoku (Shikoku furi kippu). Tiket ini bisa dibeli kapan saja dan oleh siapa saja. Harga tiket 16.140 yen dan berlaku 3 hari berturut-turut untuk semua jenis kereta termasuk ekspres di bawah JR Shikoku. Hmmm... mahal ya, lagian kan cuma mau jalan-jalan 1 hari aja. Lihat bawah.

Spoiler Informasi tiket terusan Shikoku
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

4. Tiket akhir pekan (shumatsu norihoudai kippu). Tiket ini hanya berlaku pada Hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional Jepang. Tiket berlaku juga untuk kereta ekspres di bawah JR Shikoku dengan harga 10.280 yen/orang. Gak level untuk semua pilihan di atas, saya hanya mau naik kereta ekspres di kelas eksekutif. Nomor selanjutnya.

Spoiler Tiket akhir pekan
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

5. Tiket Green Shikoku (Shikoku gurin kikou). Tiket seharga 20.570 yen ini berlaku selama 4 hari berturut-turut. Harganya emang cukup mahal, tapi kita bisa duduk di semua kursi termasuk kursi eksekutif pesanan. Buat yang mau travelling dengan gaya sangat recommended. Huaaa... semuanya gak ada yang masuk budget. Jangan kuatir, masih ada opsi di bawah ini.

Spoiler Tiket Green Shikoku
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

6. JR Shikoku juga jual tiket harian seharga 2.060 yen/orang untuk 1 hari perjalanan. Ekonomis kan. Namun tiket ini hanya berlaku untuk kereta ekonomi lokal dan rapid. Cocok bagi yang mau santai menikmati perjalanan.

Spoiler Tiket harian Shikoku
Membuat Rencana Jalan-Jalan dengan Kereta di Pulau Shikoku, Jepang

   Tiket-tiket diatas bisa dibeli di Stasiun-stasiun besar di Shikoku di loket yang namanya Midori MaAdo Guchi. Nah, karena biasanya pegawai disitu gak pada bisa Bahasa Inggris. Print aja contoh tiket diatas buat tunjukin mau beli tiket itu. Selain tiket di atas, masih banyak tiket promo lain yang dijual khusus pada musim tertentu saja atau tiket promo yang dijual oleh perusahaan kereta swasta lainnya. Nanti diceritain lain kali ya.
   Selamat naik kereta.
Disclaimer: harga tiket di atas berlaku saat artikel ini dibuat (30 Oktober 2015)
×