alexa-tracking

Jumper Power Suplay

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562fcb0560e24b802b8b457b/jumper-power-suplay
Jumper Power Suplay
Permisi gan hanya share, mungkin ini juga pernah ada yang post sebelumnya, tapi ini dari pengalaman ane ketika komputer mati ga mau idup, di pencet tombol power ga mau Running, akhir di cek power suply dengan cara jumper, ternyata mati, ya ini cara jumper power supply gan.

Power Supply merupakan komponen berupa hardware pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mensuplai daya listrik ke seluruh komponen yang terdapat pada komputer. Tentunya tanpa Power Supply komputer tidak akan bisa menyala.
Jika anda membeli Power Supply baru, maka anda perlu cek dahulu kondisi Power Supply tersebut, apakah berfungsi atau tidak. Atau jika anda menemui sebuah PC yang tidak mau menyala sama sekali, lalu ketika coba diperiksa dengan membuka casing CPU, dan terlihat kipas pada power supply tidak berputar sama sekali, maka yang pertama anda cek adalah kondisi power supply. Karena bisa jadi penyebab komputertidak menyala sama sekali ini disebabkan oleh tidak berfungsinya power supply.

Salah satu cara Cek Kondisi Power Supply PC yang akan saya bagikan kali ini adalah Jumper. Cara jumper ini maksudnya adalah menghubungkan langsung bagian kabel plus (+) dengan kabel min (-) pada konektor menggunakan media apa pun yang dapat mengalirkan listrik. Terdapat banyak konektor pada power supply ini, yaitu konektor catu daya dan beberapa konektor yang tersambung pada CD-ROM dan Hardisk untuk mensuplai daya listrik pada perangkat tersebut, dan lain-lain. Dan Cara jumper untuk mengecek kondisi power supply ini dilakukan pada konektor catu daya. Konektor catu daya ini adalah konektor yang tersambung pada motherboard, fungsinya tentu untuk mensuplai daya listrik pada motherboard.

Power supply ini ada beberapa jenis. Pada power supply jenis ATX, konektor catu daya mempunyai 24 pin yang dibagi menjadi 2 bagian. Yang satu memiliki 20 pin, dan yang satu lagi memiliki 4 pin. Sedangkan untuk Cek Kondisi Power Supply ATX PC Dengan Cara Jumper ini dilakukan pada konektor catu daya yang memiliki 20 pin.

OK, tidak usah panjang lebar lagi, beginilah langkah-langkah Cek Kondisi Power Supply PC Dengan Cara Jumper. Power supply jangan sedang dalam keadaan tersambung pada daya listrik dan perangkat apa pun.

1. Siapkan sebuah kawat atau tembaga dari kabel bekas atau apa pun media yang bisa mengalirkan listrik, dengan ukuran tebal dan panjang yang secukupnya.

2. Perhatikan gambar di bawah.masukan atau sambungkan salah satu ujung tembaga pada pin dengan kabel berwarna hijau, atau pin nomor 14.

3. Lalu masukan atau sambungkan ujung tembaga lainya pada salah satu pin dengan kabel berwarna hitam, atau pin nomor 3, 5, 7, 13, 15, 16 atau 17. Sehingga contoh hasilnya akan seperti berikut ini.

4. Terakhir, sambungkan power supply dengan sumber listrik dengan konektor yang telah disediakan.

Jika kipas pada power supply berputar, maka power supply masih berfungsi, tapi tidak dijamin masih dalam keadaan yang baik 100%. Namun jika kipas pada power supply tidak berputar sama sekali, maka dapat dipastikan power supply tersebut sudah tidak layak pakai lagi. Mungkin masih bisa diperbaiki, namun jika setelah Cek Kondisi Power Supply PC Dengan Cara Jumper keadaanya sudah seperti demikian, power supply tersebut sebaiknya diganti dengan yang baru.

nuhun ganemoticon-Toast
Jumper Power Suplay

Jumper Power Suplay
kadang bisa hidup cz beban psunya srdikit, tp ada power supply yg pas di jumper kyak gitu mau hidup, tp pas di colokin ke hardware malah gk nampilkan apa² (rail drop, prime caps gembung dll) untuk lebih jelasnya silahkan mampir ke sf hardware ada di sticky yg judulnya recomended psu cmiiw. disana diulas lebih mendetail tentang psu dan seluk beluknya.
coba ukur tegangan AC gan pakai multitester 220V gak
ane waktu smk dulu sekali, sering gunain gini ni, buat cek power suplay, dari pada ribet2 colok ke HDD lagi hahaa emoticon-Ngakak (S)
betul gan ane jg awal kuliah sering di kost2an