alexa-tracking

Wall Street Journal: Sebenarnya Kinerja Jokowi Melampaui Ekspektasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562db26a620881b34c8b456a/wall-street-journal-sebenarnya-kinerja-jokowi-melampaui-ekspektasi
Wall Street Journal: Sebenarnya Kinerja Jokowi Melampaui Ekspektasi
http://www.wsj.com/articles/exceedin...sia-1445790228
The perception that this administration has given Indonesia little to celebrate is resoundingly wrong.
Wall Street Journal: Sebenarnya Kinerja Jokowi Melampaui Ekspektasi

Presiden Jokowi akan bertemu dengan presiden Obama hari Senin dalam kunjungannya ke AS sejak terpilih jadi presiden Oktober lalu. Ulasan domestik thd performa presiden Jokowi kebanyakan negatif karena turunnya fundamental ekonomi. Namun kepemimpinannya telah melebihi ekspetasi dalam banyak hal, dan dia sudah melakukan reformasi ekonomi yg dapat memulai pertumbuhan. Sebagai pemimpin transformasi, dia harus didukung oleh Amerika.

Beberapa tahun terakhir, ekonomi Indonesia tumbuh dengan kecepatan yg terus melambat sejak 2002. Rupiah sudah turun 11% dan diperdagangkan dalam level terendah sejak krismon di akhir 90. IHSG juga turun lebih dari 7%.

Pertumbuhan yg melambat di China, anjloknya komoditas dan lemahnya permintaan secara umum telah menggerus Indonesia. Namun masalah Indonesia tidak hanya datang dari luar. Pemerintah juga mengecewakan dengan memberlakukan aturan proteksionis yang self-defeatist, melanjutkan trend nasionalisme sempit dari pemerintah sebelumnya.

Beberapa kebijakan seperti larangan impor makanan tertentu dan paksaan bahasa Indonesia kepada expatriat adalah begitu kontra produktif shg pemerintah segera membatalkannya. Kebijakan flip-flop / mencla-mencle ditambah keributan internal di koalisi, telah menimbulkan persepsi bahwa pemerintah ini disfungsional. Sementara itu sengketa kontrak terus berlanjut di sektor mineral. Tidak heran jika investasi asing kian melambat.

Jadi tampaknya terlihat jika kedatangan presiden Jokowi ke Washington bukan alasan untuk berpesta. Tapi persepsi ini adalah sangat keliru.

Pertama2, presiden yg secara demokratis terpilih ini masih menjabat dan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia ini masih damai. Semua orang meragukan ini ketika Jokowi memenangkan pemilu dengan kompetisi yg sengit.

Lawannya, seorang eks pasukan khusus yg terlibat kasus hak asasi manusia, menolak menerima kekalahan sampai pengadilan menguatkan kemenangan Jokowi. Pertumpahan darah dapat dihindari, namun ia masih mendapat oposisi raksasa di parlemen dimana oposisi menguasai 63% kursi. Saat itu agenda Jokowi di parlemen terlihat suram.

Dengan kombinasi keberuntungan dan manuver mahir, Jokowi menarik legislator oposisi secara formal dan informal ke kubunya. Dalam waktu beberapa bulan, koalisi oposisi hancur berantakan shg memudahkan presiden menggolkan beberapa aksi reformasi penting. Salah satunya adalah restorasi pemilihan langsung di tingkat daerah yg secara kontroversial diberlakukan di saat2 akhir pemerintah sebelumnya.

Konsolidasi kekuatan legislatif juga menghasilkan anggaran yag direvisi, dimana Jokowi memberlakukan pemotongan subsidi. Selama 10 tahun sebelumnya, subsidi adalah 12% dari anggaran pemerintah yg kemudian meledaj menjadi 14% dalam pemerintah SBY. Jokowi memotongnya menjadi 3% sehingga memungkin alokasi ke sektor2 yg lebih produktif terutama infrastuktur.

Jokowi juga berhasil menyuntik dana ke perusahaan2 milik negara, dimana 70% nya dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur. Dia berhasil mendapat 50 milyar dolar pinjaman infrastruktur dari China.

Fokus ke infrastruktur tidak dapat lagi dipandang remeh. Bertahun2, Asian Development Bank, International Monetary Fund dan World Bank menyatakan jeleknya infrastruktur Indonesia sebagai faktor tingginya ongkos logistik dan jatuhnya kompetitas Indonesia di bidang manufaktur.

Perbaikan infrastruktur tidak pernah dilakukan ketika masa booming komoditas dimana mineral dan sumber tambang mendorong pertumbuhan ekonomi. Akhir dari siklus komoditas ini membuka telanjang harga dari kemalasan ketika neraca berubah menjadi negatif dan rupiah terjun bebas.

Denga perbaikan infrastuktur Jokowi ingin agar Indonesia tidak lagi tergantung dengan ekspor komoditas. Dia sudah melakukan banyak perencanaan untuk membangun jalan, pelabuhan dan pembangkit listrik. Semetara implementasi masih menjadi pekerjaan besar, berlusin2 proyek negara sudah dimulai.

Jokowi juga sudah memperbaiki sistem pendidikan Indonesia untuk mempersiapkan pelajar untuk pekerjaan di masa depan. Dia mengalokasikan lebih banyak tenaga untuk program vocational dan menaruh fokus pada teknologi informasi. Dia akan membawa pesan ini ke Sillicon Valley dimana dia akan mengundang investasi Apple, Faceook dan Google.

Hal ini membutuhkan upaya berkesinambungan untuk memperbaiki iklim investasi Indonesia. Jokowi pada bulan September mereshuffle kabinetnya, menaruh teknokrat di posisi ekonomi yg strategis. Sejak itu tim ini sudah mengeluarkan 5 paket ekonomi yang diarahkan pada pengurangan birokrasi dan menfasilitasi ivnestasi dan export. Mereka juga sudah melakukan langkah awal dalam melakukan reformasi buruh, sebuah isu yg sangat sensitif.

Walau reformasi ini belum menjangkau banyak tapi sudah memberikan sinyal akan perlunya kebijakan yang pro pasar. Jika Jokowi dapat menggolkan sedikit saja dari objektif infrastrukturnya dan melakukan de-regulasi dan kian memberikan kepastian hukum, dia dapat menjadikan Indonesia yang merupakan negara demokrasi terbesar ke-3 menjadi superpower ekonomi baru.

ya itulah roketnya yg ditunggu2
Nunggu sumpah serapah dulu ah...
Quote:


reserved dulu dah buat sumpah serapah
ninggalin jejak dulu sambil nunggu para nasbung dateng
Pilkada karena kehebatan jokowi
emoticon-Matabelo
reserved buat kalimah puji-pujian nastak
Bisa diatur
di tahun ke3 akan terasa ini percepatan pembangunan. kerja kerja kerja.
katanya trit penangkaran panastak ini
Nasbung tetap berharap sang macan asia bisa jadi presiden dalam 2 thn ini emoticon-Mewek
nasbungnya lg sibuk trainning gan... sabar yak... emoticon-Ngacir
Nastak dan nasbung silahkan baris yang rapi...
Quote:


nasbung senior lagi ngospek nasbung nukon gan emoticon-Request
Lihat aja kedepannya gimana
×