alexa-tracking

[beras di lumbung bakal tak timbun]sudah oltober belum turun hujan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562dac25529a45be098b4568/beras-di-lumbung-bakal-tak-timbunsudah-oltober-belum-turun-hujan
[beras di lumbung bakal tak timbun]sudah oltober belum turun hujan
Makassar - Mendekati penghujung bulan Oktober 2015, hujan belum juga turun di sejumlah daerah di
Tanah Air. Meski ada hujan, intensitasnya masih
rendah dan hanya gerimis. Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, tak
risau dengan hujan yang tak kunjung datang, meski
sudah terlambat satu bulan dari siklus normal. Menurutnya dengan melihat pola dan lokasi hujan
gerimis yang terjadi saat ini, curah hujan yang merata
diperkirakan akan terjadi di sebagian sentra padi
mulai awal November nanti. Di Jawa Barat, bahkan
sudah mulai hujan deras beberapa waktu lalu. "Di Jawa Barat sudah mulai ini (akhir) Oktober. Kalau
lihat polanya, nanti Jawa Tengah awal November,
kemudian lanjut ke Jawa Timur pertengahan
November. Berarti November sudah sporadis
serentak (hujan) di Indonesia," ujar Amran ditemui di
Bandara Hasanuddin, Makassar, Kamis (22/10/2015). Amran menambahkan prediksi hujan tersebut
berdasarkan pada pemantauan arah angin dan awan
hujan yang sudah mulai terdeteksi oleh Badan
Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). "Tadi barusan saya telepon Ibu Nurhayati. Beliau itu
Plt Deputi Meteorologi BMKG, dan memang sudah
terbukti di Jawa Barat sudah mulai hujan Oktober ini,"
jelas Amran. Dengan ramalan cuaca dari BMKG tersebut, pihaknya
memperkirakan petani sudah bisa mulai menanam
padi pada pertengahan November. "Biasanya petani mulai mengolah lahan itu setelah 2-3
minggu hujan pertama. Hitungan kami November
awal sudah turun hujan, jadi saat hujan curahnya
deras langsung tanam," tutur Amran. Dengan hitungan parameter cuaca oleh BMKG
tersebut, Amran meminta petani tak perlu panik atas
isu musim tanam akan molor hingga tahun depan
seperti yang ditakutkan banyak kalangan. "Kalau tepat semua, cenderungnya standing crop
(tegakan tanaman padi) tetap ada, jadi stok (beras)
aman di awal tahun. Soalnya di beberapa tempat
kaya Jawa Barat kan sudah mulai hujan," tutupnya.





http://m.detik.com/finance/read/2015/10/22/120452/3050584/4/sudah-oktober-belum-turun-hujan-ini-kata-mentan-amran



Ane pesimis sawah ane tauin ini 2x panen.. Biasanya 3x bisa emoticon-No Hope
beras bakal mahal nih.. Untung gabah sisa panen kmaren masih lumayan emoticon-Hammer2
Untung ana dah ngurangi beras putih! emoticon-Malu (S)
Telat ente... Hahahaa[beras di lumbung bakal tak timbun]sudah oltober belum turun hujan
Ya sabar saja sampai Desember 2015.

Quote:Pakar BPPT: El Nino Kuat Sampai Minimal Desember, Curah Hujan Turun
Senin 19 Oct 2015, 12:44 WIB

Jakarta - El Nino kuat yang memicu kemarau panjang diprediksi minimal akan sampai Desember 2015. Kemudian hujan akan datang namun curahnya menurun.

"Akhir El Nino kuat minimal sampai akhir Desember. Menyebabkan berkurangnya curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia, terutama sebelah selatan khatulistiwa," tutur peneliti hidrologi dan lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Sutrisno MSc saat dihubungi detikcom, Senin (19/10/2015).

Selatan khatulistiwa itu termasuk Pulau Jawa dan sekitarnya. Sutrisno menambahkan karena di Jawa tak ada lahan gambut maka kabut asap seperti di Sumatera dan Kalimantan yang pekat tidak terjadi.

"Kalau di utara khatulistiwa aman-aman saja. Sumatera Utara ke sana hujan masih lumayan. Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur relatif aman," imbuhnya.

Namun meski El Nino kuat sampai paling tidak akhir Desember, hujan tetap akan turun. Namun curah hujan kala El Nino kuat ini bisa turun drastis.

"Bukan berarti tidak ada hujan. Ada, tapi dia akan jauh di bawah normalnya. Karena El Nino, maka November ini yang biasanya curah hujan sekitar 200 milimeter jadinya hanya sekitar 100 milimeter. Di bawah curah hujan normalnya pada bulan bersangkutan," imbuh dia.
(nwk/nrl)

http://news.detik.com/berita/3047407...ah-hujan-turun
siklus musim kemarau dan hujan sudah gak jelas gara2 global warming
pakem oktober-maret & april-september udah gak bisa dipake lg emoticon-Big Grin
biasanya ane ma mertua awal oktober dah tanam padi .. taun ini sampe pertengahan bulan malah belum persiapan... emoticon-Hammer2 n hasilnya sawah nganggur,itung2 ngistirahatin sawah kali aja abis istirahat ntar panenya banyak wkwkwk
Quote:Original Posted By tars.
siklus musim kemarau dan hujan sudah gak jelas gara2 global warming
pakem oktober-maret & april-september udah gak bisa dipake lg emoticon-Big Grin


emang ada kaitannya ya gan antara el nino dg global warming?
Quote:Original Posted By krikil.lincip
biasanya ane ma mertua awal oktober dah tanam padi .. taun ini sampe pertengahan bulan malah belum persiapan... emoticon-Hammer2 n hasilnya sawah nganggur,itung2 ngistirahatin sawah kali aja abis istirahat ntar panenya banyak wkwkwk


emang sumur di daerah agan udah kering gan?
Quote:Original Posted By maduramen


emang sumur di daerah agan udah kering gan?





Sumur sih masih lancar jaya.. Tp kalo bibit padinya di tebar begitu saja trus diairin... persentasi hidup dan panen nol.... bibit yang baru semai bakal kepanasan kring trus di tumbuhi jamur n penyakit lain terus K.O.. Jadi gak mau ambil resiko...
mending sawahnya dijual aja gan biar dibangun perumahan