alexa-tracking

DPR Punya 2 Panja Terkait Bencana Kabut Asap, Apa yang Sudah Dilakukan?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562da2041ee5dfa7088b4571/dpr-punya-2-panja-terkait-bencana-kabut-asap-apa-yang-sudah-dilakukan
DPR Punya 2 Panja Terkait Bencana Kabut Asap, Apa yang Sudah Dilakukan?
Quote:DPR Punya 2 Panja Terkait Bencana Kabut Asap, Apa yang Sudah Dilakukan?

Jakarta - DPR sebenarnya sudah punya dua Panitia kerja (Panja) terkait bencana kabut asap. Apa yang sudah dilakukan 2 panja tersebut?

Dua Panja tersebut adalah Panja Asap yang dibentuk Komisi II dan Panja Perusakan Lingkungan Hidup yang dibentuk Komisi IV. Dua Panja ini bekerja secara terpisah untuk urusan yang berbeda.

Panja Asap dibentuk Komisi II terkait dengan urusan izin lahan-lahan yang dibakar dan menjadi sumber asap. Panja ini bekerja sama dengan Mendagri, Mensesneg, Seskab, Kepala Staf Presiden, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang (Kepala Badan Pertanahan Nasional).

Anggota Fraksi PKB Lukman Edy yang memimpin Panja Asap. Dia menjelaskan ada dua hal utama yang akan dikerjakan Panja Asap. Pertama, bekerja dengan Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan untuk mengambil alih dan mencabut izin tanah-tanah bekas kebakaran.

"Kedua, BNPB langsung di bawah presiden, oleh sebab itu perlu ditanyakan kepada Sesneg, Seskab dan staf kepresidenan kenapa sampai hari ini belum dinyatakan sebagai bencana nasional," kata Lukman Edy, Selasa (6/10) lalu.

Panja Asap juga menyoroti segi penataan ruang karena lahan yang terbakar adalah lahan gambut yang diperuntukan bagi perkebunan. Lukman juga melihat tidak ada koordinasi Mendagri dengan pemda terkait.

"Gubernur dan Bupati yang lambat menanggulangi asap dengan alasan kekurangan dana dan takut mencairkan dana bencana alam," ungkapnya.

Lukman pernah menjanjikan panja yang dipimpinnya tak main-main. Bahkan anggota Panja Asap akan dimintanya terjun langsung ke lokasi terdampak. "Iya, anggota panja harus merasakan asapnya," ujar Lukman.

Panja Lingkungan Hidup yang dibentuk Komisi IV DPR punya bidang kerja yang berbeda. Panja ini berperan memonitor kerja Pemerintah mengatasi kabut asap.

"Pemerintah sudah bekerja tapi lambat karena ternyata spot-spot api tidak semakin sedikit, tapi masih terutama di daerah-daerah gambut," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi, Kamis (8/10) lalu.

Rapat-rapat sudah dilakukan Panja Pengrusakan Lingkungan Hidup dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Berkali-kali Panja Pengursakan Lingkungan Hidup rapat dengan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, bahkan hingga tengah malam, namun memang masalah asap belum teratasi hingga saat ini.

Untuk lebih mengefektifkan kerja DPR, Komisi IV DPR sempat membuka kemungkinan untuk membuat Pansus Kabut Asap. Namun, hingga satu pekan menjelang reses DPR, Pansus Kabut Asap belum juga terbentuk.

Jika sudah reses, sepertinya pembentukan pansus akan lebih sulit. Maka kerja panja-panja yang ada diharapkan maksimal. Apa yang sudah dilakukan Panja Asap dan Panja Pengrusakan Lingkungan Hidup? Sudahkah menghirup asap di lokasi terdampak?
(tor/van)

http://news.detik.com/berita/3053121...udah-dilakukan


kerja juga akhirnya,,,emoticon-Ngakak (S)
reserved..
Buat apa DPR ?
Yg nasbung inginkan hanyalah jokowi seorang