alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Agar Ahok Tidak Kalah dari Aslinya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562d7e0b642eb6a2548b4569/agar-ahok-tidak-kalah-dari-aslinya

Agar Ahok Tidak Kalah dari Aslinya

Hari Minggu kemarin Pilkada serentak berlangsung di Colombia. Benar-benar serentak. Mulai gubernur sampai walikota/bupati. Walikota Bogota yang sudah berhenti tahun 2000 lalu, Enrique Penalosa, nyalon lagi sekarang. Dan kelihatannya Enrique akan terpilih lagi.

Cita-cita utamanya dua: dua-duanya tentang angkutan umum. Pertama, mengembalikan kejayaan busway yang dia lahirkan saat dia jadi walikota 10 tahun lalu. Dia menilai busway kurang terurus sejak dia meninggalkan jabatan walikota. Kedua, dia ingin membuat keputusan cepat untuk jenis angkutan unum lainnya: kereta bawah tanah atau monoril di atas tanah.

Studi dua pilihan itu sudah dilakukan sejak lama. Agar tidak hanya ada busway. Tapi dua walikota penggantinya tidak juga membuat putusan. Selalu saja terombang-ambing oleh dua macam opini publik. Ada yang bilang lebih baik kereta bawah tanah ada juga yang bilang lebih baik monoril.

Dengan terpilihnya Enrique, ketertinggalan Bogota dari Medellin bisa dihindari. Selama ini dua kota besar di Colombia tersebut saling bersaing. Dua-duanya ternyata menang. Bogota dengan buswaynya. Medellin dengan kereta kabel, Metrocable.

Dua jenis angkutan umum itu sama-sama jadi tren baru dunia. Yang mengikuti jejak Medellin kian banyak. Bolivia langsung membangun Metrocable. Bahkan lebih panjang: 10 km. Tahun lalu sudah selesai. Caracas di Venezuela menyusul. Bahkan London pun akhirnya ikut: tahun ini mulai membangunnya. Juga 10 km.

Era bahwa kereta gantung hanya untuk turis kelihatannya akan berakhir. Zaman kereta gantung hanya untuk mengatasi problem pegunungan mungkin akan lewat. Setelah sukses di Medellin sejak 10 tahun lalu cable car menuju puncak kejayaannya sebagai public transportation.

Biaya pembangunannya pun akan bisa turun drastis. Bisa tinggal sepertiga monorel ringan. Bisa tinggal sekitar USD 5 juta per satu kilometer. Di Medellin biaya itu mencapai USD 12 juta/km karena medannya yang sangat sulit. Karena itu opini publik di London riuh sekali ketika ada bocoran biaya pembangunannya mencapai 100 juta USD per kilometer.

“Belum pernah pabrik kereta gantung kebanjiran order seperti sekarang ini,” komentar ahli transportasi perkotaan seperti dikutip media Eropa. “Ini juga karena kereta gantung tidak menimbulkan polusi.”

Yang mengikuti langkah Bogota dengan buswaynya juga kian banyak. Jakarta di zaman gubernur Sutiyoso mengikutinya. Waktu saya tiba di Mexico dua hari lalu, saya lihat Mexico City juga sudah mulai mengikutinya.

Tentu, saya juga merasakan naik busway selama di Bogota. Di sana namanya TransMilenio. Untuk menandai pergantian millenium 15 tahun yang lalu. Bogota yang macetnya hampir menyaingi Jakarta memang kian mengandalkan busway itu. Rutenya tetus diperluas. Sistemnya dipermodern. Integrasi antar modanya disempurnakan. Apalagi setelah Enrique terpilih lagi ini.
Selama naik TransMilenio itu saya terus berpikir ide apa yang bisa membuat busway Jakarta bisa mengejarnya. Saya ingat bunyi iklan: ada kalanya copy lebih indah dari warna aslinya. Tapi bisakah busway Jakarta mengalahkan TransMilenio?

Mungkin Pak Ahok bisa menerima ide ini: bangunlah escalator secara bertahap di terminal-terminal busway. Bisa dimulai di 10 terminal dulu. Kalau ini dilakukan barulah busway Jakarta lebih modern dari TransMilenio Bogota. Tidak mahal untuk ukuran APBD Jakarta. Tidak usah ragu untuk memberi fasilitas lebih modern untuk rakyat bawah. Seperti Medellin bangun Metrocablenya itu.

Mumpung masyarakat Bogota juga sedang kurang puas dengan kemajuan TransMilenio sekarang ini. Sampai-sampai Enrique si bidan TransMilenio mencalonkan lagi jadi walikota Bogota.

Enrique sudah beberapa kali ke Jakarta. Sejak dia tidak jadi walikota dia memang jadi konsultan lembaga dunia untuk perbaikan transportasi kota.

Tapi tampaknya bukan hanya soal TransMilenio yang membuatnya bersemangat menjadi calon walikota lagi. Dia gagal di jalur yang lebih tinggi. Dia tidak terpilih saat dua kali maju sebagai calon presiden. Dua-duanya kalah telak dari Juan Manuel Santos, Presiden Colombia yang sekarang. Padahal pemilu presiden berikutnya masih empat tahun lagi.

Yang tidak akan bisa dikalahkan oleh busway Jakarta adalah takdir ini: cuacanya. Kota ini berada di ketinggian 2.500 meter dari laut. Jauh lebih tinggi dari Bandung. Udara seluruh kota Bogota sejuk sekali. Ini yang tidak bisa dilawan. Saya tidak akan mengusulkan ke Pak Ahok untuk memasang AC di langit Jakarta. Tapi bolehlah dipasang AC di stasiun buswaynya. ***

New Hope: Dahlan Iskan


Sumber

Tulisan ringan tapi penuh dengan ide ide yang membangun.

Sayangnya si Ahok malah sibuk dengan Pilkada 2017 dan sibuk menyerang lawan lawan politiknya yang akan muncul.
Diubah oleh victim.o.gip.07
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Reserved
buat apa ahok menyerang lawan2 politiknya untuk maju di 2017, gans?


sedangkan ahok akan jadi presiden RI di 2019 emoticon-Cool
Quote:


Jadi gubernur saja dia belum tentu bisa apalagi jadi presiden.

ini tulisannya siapa gan?
Quote:


Dahlan Iskan bray.
Quote:


Yg ada bosnya nasbung pada play victim, tiap hari nyerang tp selalu teriak2 terjolimi emoticon-Big Grin
Quote:


Bosnya nasbung siapa ya?
Agar Ahok Tidak Kalah dari Aslinya

prestasinya ahok kebanggaan panasbi (pasukan nasi babi emoticon-babi ):

  • kata kata kotor yang terucap dari congornya emoticon-Tai
  • menyalahkan pihak lain, mulai dari PLN, PAM, BPK, pokoknya semua salah... cuma ahok yang benar emoticon-babi tapi sejak jokopret jadi presiden petugas partai, ahok gak lagi berani mengkritisi pemerintah pusat
  • jakarta tambah macet
  • barbeque bus dan manajemen serta kualitas busway yang semakin carut marut emoticon-thumbsup
  • ahok akan melegalkan prostitusi dan miras emoticon-thumbsup
  • prestasi di bidang olahraga adalah persija dan the jack emoticon-thumbsup
  • membuka konflik dengan umat islam, mulai dari melarang takbiran keliling sampai melarang kurban di sekolah sekolah
  • carut marut tata kelola sampah, sampe mengancam warga bekasi gak boleh kerja di jakarta
  • tentara disuruh ngangkut sampah emoticon-Ngakak (S)
  • minum air ciliwung
  • makan daging anjing


gimana,??? mantap kan???
Diubah oleh ba.dum.tss2
Quote:


Group KMPret di gedung hewan model lutung, m.topig, wowo soenirman pecundang PKS, P3, Golkar, yg lapak2 mata pencahariannya berantakan sejak jaman ahok emoticon-Big Grin
Desain haltenya terbuka begitu, gimana mau pasang AC?

Ada kipas angin juga lebih sering mati emoticon-Hammer (S)
Quote:


Banyak kali bos nasbung?
Quote:


Dengan anggaran DKI yang fantastis nggak ada yang nggak mungkin. Yang penting ada kemauan. emoticon-Hammer2
Berita yg super penting emoticon-Big Grin
Quote:


Betul. Karena dibutuhkan ide ide segar untuk membangun DKI bukan bacot busuk.
pengelolaan haltenya masih belum jelas, bagian maintenance ke mana dah
mulai dari pintu smpe kipas angin gak ada yg bener, makin ke sini halte2nya yg baru desainnya makin terbuka, pdhl cuaca di luar makin panas
Quote:


Banyaklah namanya gerombolan KMPret,,walau kepentingannya beda2 yg penting satu tujuan, lengserin ahok dulu buat ngamanin lapak masing2, ntar klo ahok udah lengser baru pampasan perangnya dibagi2 lagi, ngelawan ahok abisin banyak biaya, waktu, pikiran dan nasi bungkus soalnya emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Berprasangka buruk lalu membuat fitnah atas prasangka nya itu adalah kebiasaan Panastak macam ente.

Termasuk mengedit postingan orang untuk menunjukkan kalau ente keturunan hewan bernama anjing. emoticon-Embarrassment
Quote:


kalo dulu tertutup, jadi panas, sekarang terbuka biar angin luar masuk ke dalem
AC mah buat LRT MRT aja nanti emoticon-Big Grin
Quote:


kalau KIH (Koalisi Imbesil Hompimpa) gimana?
katanya gak mau bagi2 kursi?
katanya mau bikin kabinet ramping?

yang korupsi dari KIH ada juga, terakhir dari nasdem
partai terkorup nasional masih dipegang PDIP tuh

oh panasbi dan panastak, kapan dirimu pakai otakmu itu? emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Teorinya sih begitu. Sejak peralihan dari BLU ke PT Transjakarta halte bukannya makin bagus malah kaya ga keurus emoticon-Hammer (S)
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di