alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jijay! Depok DARURAT SAMPAH SUNGAI
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562cfb2d582b2e79668b4567/jijay-depok-darurat-sampah-sungai

Jijay! Depok DARURAT SAMPAH SUNGAI

“Masih banyak warga yang sengaja buang sampah di sungai. Mereka buang diam-diam sekeranjang sampah pada malam hari hanya karena tidak mau bayar iuran sampah. Ini penting untuk diperhatikan. Tidak ada perawatan bantaran sungai.”

“Sungai-sungai di Depok banyak yang tersumbat sampah, sehingga membuat banjir kalau hujan.”

“Persoalan sampah di kelurahan Pasir Putih dan Cipayung bukan dilakukan pelbaran lahan melainkan mendatangkan investor dari luar untuk mengelola sampah dengan menggunakan mesin yang canggih.”

“Sediakan tong sampah dimana-mana agar warga tidak buang sampah sembarangan.”

Empat pernyataan di atas adalah hasil dari penjaringan aspirasi warga Depok yang dilakukan oleh Relawan Dimas Mendengar. Nah tulisan ini ingin mengangkat permasalahan sampah di sungai Depok yang begitu menjijikkan! emoticon-Najis (S) emoticon-Najis (S) emoticon-Najis (S) emoticon-Najis (S)

Sungai lazimnya dialiri air. Di kota besar ia berubah fungsi jadi kubangan sampah. Seperti Sungai Kalibaru di Jl Raya Bogor, atau 200 meter dari lampu merah Cisalak, Depok, ini dipenuhi sampah rumah tangga. Bau menyengat menyeruak dari timbunan sampah dari lokasi penimbunan.

Seperti yang pernah dilaporkan Suparno, warga Bogor yang selalu melewati Jalan Raya Bogor menuju tempat kerjanya di lenteng Agung, Jakarta Selatan itu kepada pasangmata.com. Sampah-sampah rumahan dan pasar membentang di beberapa titik sepanjang Sungai Kalibaru. "Tapi yang paling banyak ya yang dekat traffic light Cisalak itu. Layaknya sampah rumah tangga, sampah-sampah itu mayoritas terbungkus kantung plastik. Mereka tergeletak begitu saja di bibir kali, bahkan sampai ke aliran sungai. emoticon-Najis (S)

Jijay! Depok DARURAT SAMPAH SUNGAIJijay! Depok DARURAT SAMPAH SUNGAI
Jijay! Depok DARURAT SAMPAH SUNGAI

Foto: Sungai Kalibaru, Cisalak, Depok - sumber: Suparno pasangmata.com/detik.com


Belum diketahui mengapa masyarakat memilih membuang sampah ke Sungai Kalibaru. Padahal, tidak jauh dari lokasi timbunan sampah terdapat tempat pembuangan sampah sementara.

Memang ada petugas kebersihan yang mengangkut sampah. Tapi jumlah sampah dengan motor pengangkut tidak seimbang, jadinya ya sampah tidak terangkut semua. Air sungai yang mengalir tampak hitam dan berbuih. Baunya pun sudah tidak tertahankan. Sudah pasti, siapa saja yang melewati akan menutup hidungnya. Dia berharap ada tindak lanjut dari pemerintah setempat, agar fungsi sungai kembali seperti sedia kala.

Pemerintah Kota Depok mengaku kesulitan dalam menanggulangi sampah sungai yang menumpak setiap hari di Depok. Sampah itu mencapai hingga puluhan kubik. Sampah yang ditemukan di sungai didominasi oleh sampah rumah tangga seperti sisa makanan
maupun perabot rumah tangga yang tidak terpakai.

“Kami tidak angkut sampah satu hari saja, sampah yang ada di sungai Kali Laya menumpuk sepanjang 200 meter, dalamnya dua meter, ada sampah plastik, ada kayu, bahkan kasur, bangkai kambing juga ada,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok, Yayan Arianto, seperti yang pernah diberitakan Okezone beberapa waktu yang lalu.

Limbah dan sampah masih menjadi masalah utama ekosistem sungai. Selain itu, kualitas air sungai menjadi berbahaya bagi kesehatan. Sampah yang menumpuk ataupun tersangkut juga kerap menyebabkan aliran sungai tersumbat dan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan banjir di wilayah pinggir sungai seperti contoh Sungai Ciliwung.

Diketahui, Sungai Ciliwung bukan sekadar sebuah aliran air yang melewati berbagai wilayah di Jakarta maupun Depok. Lebih jauh, Sungai Ciliwung menyimpan berbagai fungsi demi kelestarian lingkungan dan kelangsungan hidup warga.

Sungai Ciliwung adalah salah satu sungai terpenting di Tatar Pasundan, Pulau Jawa, Indonesia, terutama karena melalui wilayah Ibu Kota dan kerap menimbulkan banjir tahunan di wilayah hilirnya. Panjang aliran utama sungai ini adalah hampir 120 km dengan daerah tangkapan airnya (Daerah Aliran Sungai/DAS) seluas 387 km persegi. Sungai ini juga melewati Kota Depok yang mempunyai penduduk lebih dari dua juta jiwa.

Menjaga Sungai Ciliwung sangat penting agar berfungsi secara optimal sebagai konservasi untuk mempertahankan sumber air dan menjaga aliran air. Alhasil, kalau ada sungai besar tidak terjadi kekeringan ketika kemarau atau banjir ketika hujan. Kemudian, potensi Sungai Ciliwung di Depok sebagai objek ekowisata sangatlah besar.

Selain Sungai kalibaru di Cisalak, di Citayam, masalah limbah sampah sungai juga sangat mengkhawatirkan. Adanya PKL di bantaran kali sepanjang Jalan Raya Citayam turut berkontribusi terhadap tumpukan sampah yang ada di beberapa titik bantaran sungai. Hal tersebut membuat sungai tidak hanya bisa menjadi sumber penyakit, namun juga tidak sedap dipandang.

Calon Walikota Depok Dimas Oky Nugroho pun pernah mempunyai ide agar sodetan air sungai Ciliwung atau Sungai Krukut bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan lele, ikan mas, dan ikan air tawar lainnya yang biasa dikonsumsi manusia. Menurut Dimas, potensi itu sangat besar sekali mengingat kebutuhan ikan di Jakarta, bahkan di luar negeri sangat besar sekali. Demandnya tinggi, untuk itu, Depok sebagai daerah dengan jumlah sungai yang sangat banyak bisa menjadi penyuplai ikan ke daerah-daerah di Indonesia bahkan ekspor ke luar negeri.

Jijay! Depok DARURAT SAMPAH SUNGAI

Terkait masalah sampah di sungai, Dimas mengajak seluruh warga Depok untuk mandiri mengelola sampah sebaik mungkin di lingkungan sendiri. Karena itu adalah salah satu wujud kongkrit yang bisa kita kontribusikan untuk mewujudkan Depok yang lebih baik. Pria berkacamata itu pun juga menyoroti dampak pencemaran air dan lingkungan yang diakibatkan sampah atau limbah di sungai. Kata Dimas, “Tata kembali pengaturan Instalasi Pengelolaan Air Limbah agar Depok terbebas dari pencemaran lingkungan!”
Jijay! Depok DARURAT SAMPAH SUNGAI

Diubah oleh: doMbelanisti
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
kalo ini baik beneran, kalo alirannya nga ke DKI sih nga masalah, dasar buduk nih walikotanya emoticon-Mad (S)
TS dibayar berapa untuk kampanye disini emoticon-Angkat Beer

gw yakin ada masalah sampah disana, tapi kalau beritanya dikaitin sama calon kayaknya gw agak males bacanya emoticon-Cape d...
oh berita versi salah satu kandidat ya?
black campaign nih, alias kampanye hitam
berita kampanye ternyata :tepar
Inilah kota tanpa pencitraan.
Prestasi partai KS nih klo kata joko.wi emoticon-Ngakak
walikotanya sang dewa tonggos pemuja cebok pakai tangan kanan.
Mana ID Novi dari depok yang selalu muntah darah jika ada berita ttg ahok emoticon-DP
Ya maklum lah org depok yg sekolah tinggi trus ilmunya kepake brp banyak?????
Kok gw liat d depok yg nota benenya deket ui malah dkt ibukota jakarta malah banyak yg gak kuliah. kota yg pendidikan masyarakatnya rendah
Jd maklum aja buang sampah ke kali. Kalo pinter mah ga bakal gitu
Quote:


ah masa sih gan.. gw rasa jakarta - depok - bekasi mirip lah, memangnya beda banget gitu antara jakarta - depok -bekasi ? emoticon-Bingung (S)

tapi mungkin enta bandingin antara perumahan ente sama perkampungan di depok kali, dijakarta juga masih banyak perkampungan yang jarang anaknya kuliah, dan sebaliknya di depok diperumahannya rata-rata anaknya kuliah kan ?
depok yah, nggak usah heran deh
got aja bisa penuh isinya sama sampah


daerah paling sok religius menurut saya tapi aslinya......
CINERE hacur karena gabung ama depok coba ikut dki MRTmungkin mulainya dari CINERE. CINERE TANGSEL JUGA sama, pembebasan tanah untuk tol nggak selesai selesai, AIRIN maunya dapat komisi melulu.
widih promosi terselubung emoticon-Big Grin
Ga usah komen...ngakak aj
yo dibersihin dong klo banyak sampahnya
mental sampah yang sebenarnya emoticon-Big Grin
Jangan lupa yak pak kalau ngebersihin sampahnya pake tangan kanan, supaya lebih barokah.. emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
ini pasti ulah Ahok . . .sampah di sungai dki pindah ke Depok. .
seharusnya buang sampah gratis dan di biaya negara

deket rumah malah suka ada orang gila buang sampah di jalanan umum

karena gak punya uang atau pelit atau memang gak menghargai orang lewat atau memang gak ada hukumannya
Quote:


salah gan pakai tangan kiri kalau untuk bersihin sampah
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di