alexa-tracking

Esdm : Bubarin petral gampang, Bagaimana dengan freepot

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562cbed856e6afe23c8b4578/esdm--bubarin-petral-gampang-bagaimana-dengan-freepot
Esdm : Bubarin petral gampang, Bagaimana dengan freepot
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber
Daya Mineral (ESDM) mengaku pemerintah
masih menimbang-terkait risiko dan kebaikan
yang diambil tatkala menghentikan atau
memperpanjang operasi Freeport.
Pasalnya, Staf Ahli Menteri ESDM Said Didu
mengatakan, apabila kontrak diputus begitu
saja, dipastikan akan berhadapan dengan
gugatan arbitrase nasional.
“Indonesia juga belum memiliki teknologi
pertambangan underground mengelola
pertambangan Freeport. Di samping itu, akan
mematikan kegiatan perekonomian di Timika
dan Mimika Papua karena 94% uang yang
beredar berasal dari kegiatan bisnis yang
bersinggungan dengan Freeport,” katanya
dalam serangkaian acara diskusi terkait
“Perpanjangan Kontrak Freeport” di Bakoel
Coffee, Jakarta, Jumat (16/10/2015).
Tidak hanya itu, dia menambahkan, jika
operasi Freeport tidak diperpanjang maka
diprediksi akan terjadi pemutusan hubungan
kerja besar-besaran di PT Freeport Indonesia.
“Smelter sebagai upaya pemerintah
meningkatkan nilai tambah bisa terhenti di
tengah jalan,” tandas dia.
Di sisi lain, Said Didu mengingatkan bahwa
menteri koordinator yang memiliki wewenang
mencampuri perpanjangan kontrak Freeport di
Indonesia adalah menteri koordinator bidang
perekonomian.
Menurutnya, legalitas perpanjangan kontrak
Freeport yang nantinya diatur dalam hasil
revisi peraturan pemerintah (PP) Nomor 77
Tahun 2014 perubahan ketiga atas PP No
23/2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha
Pertambangan Mineral dan Batubara berada
di bawah Menteri Perekonomian Darmin
Nasution, bukan Menteri Koordinator Bidang
Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli.
Di dalam revisi PP kontroversial tersebut
disebutkan bahwa masa pengajuan
perpanjangan kontrak Freeport paling cepat
dua tahun sebelum kontrak berakhir 2021.
Namun begitu, pemerintah merevisi PP
tersebut dengan mengubah rezim kontrak
menjadi izin usaha dengan pengajuan paling
cepat 10 tahun sebelum kontrak berakhir.
“Revisi PP sudah masuk dalam paket
kebijakan ekonomi. Kalau ada menteri yang
jalan sendiri, Menteri ESDM Sudirman Said
sudah menyampaikan bahwa revisi terkait
legalitas menjadi kebijakan Menteri
Koordinator Perekonomian, bukan di bawah
yang lain dengan atas pertimbangan Menteri
Keuangan dan Menteri ESDM,” kata dia.
Said mengaku, keputusan perpanjangan
kontrak Freeport masih menunggu tuntasnya
revisi PP tersebut, walaupun secara gamblang
Freeport telah melanyangkan proposal
perpanjangan kontrak sejak 9 Juli 2015 lalu
dan telah disampaikan kepada Presiden Joko
Widodo.
“Terkait Freeport, Menteri ESDM pasti selalu
lapor kepada presiden dan wakil presiden
karena menyangkut komitmen investasi tinggi.
Presiden tidak ingin keputusan yang diambil
melibatkan banyak kepentingan, baik
kepentingan bisnis dan politik,” kata dia.

Sumber : http://ekbis.sindonews.com/read/1053...ort-1444988802

Kalau di gugat ya di lawan , kalau kalah ajak perang saja lagi yang penting kontrak tidak di perpanjang ,

agar tidak terhenti phk atau kegiatan ekonomi seharusnya pemerintah harus mempersiapkan dong dari sekarang untuk mengelola agar kalau kontrak habis tinggal lanjutin saja .
image-url-apps
Luar biasa Gan..
PP siluman itu jangan percaya emoticon-Ngakak (S)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) tak percaya dengan beredarnya kabar mengenai pemerintah secara diam-diam telah memperpanjang kontrak kerja sama dengan PT Freeport Indonesia hingga tahun 2041 mendatang.

"Kabar siapa, Freeport itu habis sampai tahun berapa? saya tanya dulu. Tahun berapa saya tanya?" ujar Jokowi di Balaikota, Jumat (25/7/2014).

Jokowi pun membantah setelah resmi menjadi presiden, dirinya akan menyetujui perpanjangan kontrak Freeport hingga 2041. Menurutnya, kontrak Freeport itu baru akan habis pada tahun 2021, sedangkan masa jabatannya berakhir pada 2019.

"Ya kenapa diperpanjang sekarang. Kan habisnya 2021 kenapa diperpanjang sekarang. Kamu nggak ngerti aja. Kan habisnya tahun 2021. Kenapa diperpanjang sekarang," ucapnya.

Jokowi menegaskan, persoalan kontrak kerja dengan Freeport baru akan dibahas, dua tahun sebelum tahun masa kontrak tersebut habis, yaitu tahun 2019. Karena masih cukup lama, Jokowi mengaku dirinya belum akan membahas mengenai rencana tersebut.

"Nggak ada, tahun berapa saya tanya habisnya, abisnya kan tahun 2021. Itu diperpanjang 2 tahun sebelumnya. Jadi tahun berapa, tahun 2019 diperpanjangnya. Ini masih 5 tahun yang akan datang kok masih ngurus gitu," kata dia.

Karena itu, Jokowi menilai diskusi mengenai bagaimana nasib kontrak kerja Freeport ke depan belum perlu dibahas untuk saat ini.

"Ya didiskusikan apa. Kan kontraknya masih tahun 2021. Kontrak habis 2021, kontrak diperpanjang 2 tahun sebelumnya. Gak ada dong. Masa diperpanjang sekarang. Itu 2019 diperpanjangnya," katanya.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada perpanjangan kontrak Freeport yang seharusnya berakhir pada 2021. Kewenangan mengabulkan perpanjangan kontrak ada di tangan pemerintahan yang akan datang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung (CT) menjelaskan, informasi yang beredar selama ini bahwa presiden telah menandatangani perpanjangan kontrak kontrak Freeport tidak benar.

"Pemerintah saat ini tidak berwenang untuk memperpanjang kontrak Freeport yang berakhir 2021. Memang Freeport minta perpanjangan itu, tapi pemerintahan sekarang tidak punya hak untuk memperpanjang itu," ujar dia di kantornya, Jakarta, Kamis (12/6/2014).

CT juga membantah ada penandatanganan perjanjian perpanjangan kontrak. Sebab kebijakan itu baru bisa dilakukan dua tahun sebelum kontrak berakhir atau 2019. Sehingga perlu ada side letter.

"Tidak ada perpanjangan kontrak, tapi MoU tidak ada masalah yang pasti bukan soal perpanjangan kontrak. Karena itu bukan kewenangan kami," sambungnya. (Luqman Rimadi/Gdn)
KASKUS Ads
image-url-apps
kalo jadi dilema, saran ane mending adakan pemungutan suara emoticon-Big Grin so kita tak mungkin lagi saling menyalahkan dikemudian hari emoticon-Recommended Seller
image-url-apps
Sanggup tanpa Freeport?
image-url-apps
Quote:
wkwkw itu said didu d twitternya bela-belain No Problem kontrak di perpanjang dengan argumen sesatnya .
Quote:


saya tahu ada yang mau jatuhkan marwah RI 1 emoticon-Marah
ingat ya wajah saya itu ndeso tapi otak internasional bukan begitu emoticon-Marah
freeport ada kontrak kerja, bukan milik negara
yang ngomong ini sekolah ga?
image-url-apps
ini sih main2
image-url-apps
Quote:


perang??? emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngacir
bubarkan asap eh pripot gak susah2 amat, yg penting ada niat ndak, ada kemauan ndak
image-url-apps
Tinggal ada niat atau ga?

Kalo dari awal dah mencla-mencle, ngeles kek bajaj, kapan mau maju?
×