alexa-tracking

Kebakaran Hutan, Pengusaha Sawit Salahkan Pemerintah dan Warga

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562ca65d60e24bc63c8b4568/kebakaran-hutan-pengusaha-sawit-salahkan-pemerintah-dan-warga
Kebakaran Hutan, Pengusaha Sawit Salahkan Pemerintah dan Warga
Quote:Suara.com - Pengusaha kelapa sawit yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) membantah sebagai penyebab terjadinya kebakaran hutan di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Sebaliknya, Gapki justru menuding pemerintah dan masyarakat sekitar lahan konsesi kelapa sawit sebagai penyebab kebakaran hutan.

Ketua Bidang Agraria dan Tata Ruang Gapki Eddy Martono menjelaskan, bahwa penyebab terjadinya kebakaran hutan di Sumatera adalah masih adanya masyarakat yang belum dibebaskan dari lahan konsensi. Hal ini menyebabkan terjadinya kebakaran ketika masyarakat melakukan pembukaan lahan.

"Misalnya banyak lahan yang belum dibebaskan oleh masyarakat, namun masyarakat masih melakukan pembukaan ladang di dalam lahan konsesi tersebut. Akhirnya terjadi kebakaran. Tak menutup kemungkinan ada juga masyarakat sekitar yang ceroboh atau lalai. Contoh lain, saat dilihat, ketika terjadi kebakaran di sana ada pohon kelapa sawit, padahal itu masih berasap, bagaimana bisa ada pohon kelapa sawit di sana,“ kata Eddy dalam diskusi di gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Minggu (25/10/2015).

Pihaknya pun tak menampik jika dilihat berdasarkan titik-titik api (hotspot) kebakaran tersebut berada di tanah konsesi perusahaan. Namun, Eddy berdalih belum semua lahan konsesi disentuh atau diolah oleh perusahaan sawit sehingga tidak bisa sepenuhnya kesalahan dibebankan ke pengusaha.

"Dilihat dari hot spot (titik panas), memang betul itu ada di dalam lahan konsesi dari perusahaan, tapi belum dikuasai oleh perusahaan, itu hanya sekitar 20 persen. Jadi, tanggung jawab perisahaan tidabisa penuh disitu," tegasnya.

Pembakaran Hutan Sah Secara Hukum

Selain itu, pihaknya juga menuding pemerinta yang turut andil dalam kasus pembakaran hutan tersebut. Pemerintah dinilai terkesan sengaja membiarkan aksi pembakaran hutan. Hal ini terbukti dengan adanya UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Berdasarkan pasal 69 ayat 2 UU Nomor 32 Tahun 2009, jelasnya, pembakaran lahan diperbolehkan dengan luasan maksimal 2 hektar.

Selain itu, lanjut Eddy, terdapat peraturan pemerintah pusat dan daerah yang mengizinkan masyarakat untuk melakukan pembakaran demi alasan pembukaan lahan. Bahkan, aksi tersebut dimungkinkan dengan hanya berbekal izin kepala desa jika luasan lahannya sekitar 1-5 hektar atau seizin camat untuk luas d atas 5 hektar.

"Bisa jadi masyarakat lalai, biasanya kan petani pangan nih contohnya, mereka mau buka lahan mereka melakukan pembakaran, tapi disaat kondisi yang akan ada hujan, biasanya lihat dari rasi bintang. Bisa saja salah perhitungan makanya sekarang menjadi meluas,” tegasnya

http://www.suara.com/news/2015/10/25...ntah-dan-warga


Saling menyalahkan.. emoticon-Cape d... (S)

gak sekalian nyalahin hutannya?
kok mau2nya dibakar?
harusnya berontak? emoticon-Cape d... (S)
Salah hutannya kenapa mau aja dibakar
coba baca ulasan dari bbc ne

http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2015/09/150923_indonesia_pembakaranlahan

kali aja bisa jadi referansi

tadi mati lampu.... emoticon-Frown
au ah gelap
siklus saling menyalahkan
warga salahkan pemerintah -> pemerintah salahkan pengusaha -> pengusaha salahkan warga -> kembali ke awal
rejim koplak emoticon-Big Grin
Drpd hrs saling menyalahkan bknny lbh baik mencari solusi terbaik dr Pemerintah sbg penengah antara masyarakat n pengusaha perkebunan Gan..
yg banyak orang tak tahu, kesannya kebun sawit rajin di bakar
pohon sawit efektif bisa hingga belasan tahun, apa perusahaan sawit mau membakar lahan efektif ?

lalu juga di kesankan seakan pembakaran hutan soal kebun sawit aja,
padahal warga yg membersikan sawah padi dan kebun jagung juga dgn cara di bakar agar tanah menjadi subur ketika di tanam ulang
kerena di kesankan lahan sawit saja yg dfi bakar, terjadi penggiringan opini perusahan sawit yg membakar emoticon-Ngakak
lah saya kira pengusaha sawitnya bakal nyalahin jokowi emoticon-Hammer2


emoticon-Big Grin

gini nih kalo ada aturan yg ngelegalin pembukaan lahan 2Ha dgn cara dibakar oleh warga emoticon-Malu (S)
Kebakaran hutan tahun ini lama banget ya,?

Ini emang ga mampu stop apa emang disengaja sih?
masih ribut2 aja gak malu apa sama hendra & daniel emoticon-Malu
Ada benernya juga kata Eddy. Kebanyakan pembakaran lahan biasanya memang menjelang musim hujan.

Kayaknya para pembakar gak tau klo tahun ini sedang ada fenomena El Nino yg memperpanjang musim kemarau di Indonesia. Mungkin dikiranya bulan ini sdh hujan kyk tahun2 sebelumnya.
emoticon-Big Grin
budaya indon klo kaya nginjek, klo miskin ngelunjak
gak selesai2, tp klo diukur dari lingkar otaknya emang lebih besar kemungkinan warga sakit hati yg bakar daripada pengusaha yang gak berpikir panjang
Setiap tahun udah siklus nya seperti ini kok....setiap kemarau pasti ada kebakaran lahan baik disengaja ato tidak.

Yang paling gampang tuh nyalahin perkebunan kelapa sawit.

salah2an itu hukum alam bukan sih emoticon-Bingung (S)
Sudahlah, tetapkan saja jadi bencana nasional, jadi pemerintah pusat ambil alih secara full proses pemadamannya, termasuk akibatnya, bayangin sdh hampir seluruh wilayah indonesia kena akibatnya. Bahkan sdh masuk ke jawa barat pula.
Quote:Original Posted By tars.
siklus saling menyalahkan
warga salahkan pemerintah -> pemerintah salahkan pengusaha -> pengusaha salahkan warga -> kembali ke awal
rejim koplak emoticon-Big Grin


Pemikiran anda menarik, anda mau dibuldoser?
ya gmn lg, bakar nya itu sah n ada undang2nya...
Pengusaha strikes back!
UU tahun 2009 yang disalahin. Rezim siapakah ituuuuuuuuuuu?

Siap2 ada kelompok pensboi yang terguncang dan kelojotan! emoticon-Big Grin
bukanya hasil investigasi di beberapa berita sudah menetapkan beberapa perusahaan (walau gak semua)....

ini bencana jadi perhatian soalnya asapnya muncul tiap tahun emoticon-Cape d... (S)

kalo terbakar sendiri, ya kita tingkatkan pengawasan terhadap hutan!

kalo dibakar sengaja, tanggung jawab lah emoticon-Malu
yang membakar layak dibakar