alexa-tracking

Walikota Pontianak Tantang Kepala Daerah Lain untuk Bersuara soal Kabut Asap

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562c4dcd925233d76e8b4567/walikota-pontianak-tantang-kepala-daerah-lain-untuk-bersuara-soal-kabut-asap
Walikota Pontianak Tantang Kepala Daerah Lain untuk Bersuara soal Kabut Asap
PONTIANAK, KOMPAS.com - Walikota Pontianak Sutarmidji menantang para kepala daerah yang memberikan konsensi pembukaan lahan bagi pengusaha untuk angkat suara.

Menurut Sutarmidji, hal itu dilakukan untuk menyuarakan penderitaan rakyatnya.

Menurut dia, mereka lah yang seharusnya bertanggungjawab atas musibah kebakaran hutan dan lahan yang berakibat bencana asap.

"Ke mana itu kepala daerah yang memberikan konsesi izin lahan? Kok tidak bersuara?" kata Sutarmidji di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (23/10/2015).

Ia mengatakan, sudah lima pekan terakhir masyarakat yang tinggal di Pontianak menjadi korban bencana asap.

Sudah tiga kali Dinas Pendidikan Kota Pontianak memerintahkan kepada sekolah-sekolah untuk meliburkan sementara waktu para siswanya.

Selain itu, akibat indeks standar pencemaran udara yang tinggi, tak sedikit anak yang menjadi korban. Meski belum sampai ada yang meninggal, namun banyak yang pingsan.

"Indeks standar pencemaran udara yang ditolerir itu kan 300, tapi pernah dalam sehari itu mencapain 1.000. Anak pingsan sampai 19 orang tapi tidak terekspos," ujarnya.

Ia menambahkan, pemda telah mengambil langkah untuk mengurangi dampak paparan asap, seperti dengan membagikan masker kepada masyarakat. Namun, hal itu masih kurang efektif untuk mengatasinya, terutama bagi anak-anak.

http://nasional.kompas.com/read/2015/10/24/07364191/Walikota.Pontianak.Tantang.Kepala.Daerah.Lain.untuk.Bersuara.soal.Kabut.Asap

Nah, satu udah mulai, lainnya kapan ya? emoticon-Bingung (S)
ogah emoticon-Big Grin
nyari nya gampang, cmn nangkep nya yg susah...
(bnyak bekingan org2 kuat d blkng nya)

Pada takut gan
Udah kejadian gini kok malah bersuara yg jadi tema..harusnya bertindak.
Walikota jg kepala daerah.. Kalo diam bukan berarti salah, kalo teriak jg belum tentu benar.

Suhu lagi naik harusnya jgn dinaikin lagi. Jd kepala daerah harus bijak.
Paling gak mulai taun kedepannya jgn ada lagi kejadian kayak gini. Ini udah berulang ulang sejak dulu. Lagian kejadian kebakaran lahan bukan cuma indonesia aja.

Tapi ane akui diindonesia banyak yg suka maen mata demi duit. Harusnya indonesia membentuk polisi kehutanan utk pengawasan berikutnya, babinsa pun bisa jd bantuan utk pengawasan lahan perkebunan... emoticon-Embarrassment


Berita pencitraan LSM dan keinginan masyarakat :
Quote:Original Posted By antek.onta
http://news.detik.com/berita/3052586...ebakaran-hutan


Pekanbaru - Sudah hampir berjalan 3 bulan, Riau dilanda kebakaran lahan. Kritikan selalu datang ke pemerintah dari sejumlah lembaga. BPBD menerima kritikan itu, sambil mengajak mereka ikut bantu pemadaman.

Selama ini pemadaman kebakaran lahan dilakukan TNI/Polri, Manggala Agni, tim BPBD Provinsi dan Kabupaten, ditambah masyarakat peduli api. Mereka ini menyebar di seluruh wilayah yang ada di Riau. Bahu membahu jika ada kebakaran lahan yang muncul.

"Sejak Posko Kebakaran Lahan dan Hutan dibentuk, kita belum pernah menerima tawaran dari LSM lingkungan untuk turut membantu memadamkan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, kepada detikcom, Minggu (25/10/2015).

Kendati pun tak ada bantuan dari LSM, menurut Edwar pihaknya tetap berjibaku melakukan pemadaman bara gambut yang sebagian masih terjadi di Riau.

"Silakan kami dikritik, yang penting tim kerja secara maksimal. Kami pagi siang malam tak kenal lelah selama 3 bulan ini. Biarlah orang lain mau bilang apa," kata Edwar.

Kelompok masyarakat peduli api di Riau juga mengungkapkan hal yang sama. Ujang Jailani (40), tim masyarakat peduli api di Kabupaten Kampar mengatakan, bahwa selama ini mereka bahu membahu bersama TNI/Polri, Manggala Agni dan tim BPBD Kampar.

"Ada 100 hektar lahan gambut di Kampar sempat terbakar. Belum pernah kami lihat aktivis lingkungan ikut membantu kami memadamkan api. Tahunya hanya menyalahkan pemerintah terus. Kami ini sudah sesak nafas setiap melakukan pemadaman," kata Ujang.

"Tak ada guna demo-demo menyalahkan sana sini. Lebih baik gabung sama kami, kalau ada api mari kita padamkan bersama. Kita rakyat ini juga sudah muak dengan kondisi kebakaran lahan yang saban tahun terjadi," tutup Ujang.
(cha/mad)




"Tak ada guna demo-demo menyalahkan sana sini. Lebih baik gabung sama kami, kalau ada api mari kita padamkan bersama. Kita rakyat ini juga sudah muak dengan kondisi kebakaran lahan yang saban tahun terjadi," tutup Ujang.


kamu brani tangkap si santun?
Mentang2 ga ada hutan nih di ponti emoticon-Big Grin
presiden saja sekarang tidak dengar apalagi ente yang cuma walikota
ada apa gerangan teriak2???