alexa-tracking

[sekalian plesiran] Gunakan Pesawat Kepresidenan ke AS, Presiden Jokowi Ingin Ngirit

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562ba9101854f7af458b456b/sekalian-plesiran-gunakan-pesawat-kepresidenan-ke-as-presiden-jokowi-ingin-ngirit
[sekalian plesiran] Gunakan Pesawat Kepresidenan ke AS, Presiden Jokowi Ingin Ngirit
Jakarta - Presiden Jokowi menggunakan Pesawat Kepresidenan dalam kunjungannya ke AS. Padahal, Pesawat Kepresidenan tak bisa terbang lama dalam satu kali perjalanan. Apa alasannya?

"Memang beliau sangat ingin perjalanan itu ngirit. Dibandingkan dengan jalur komersial, Presiden ingin lebih irit," kata Seskab Pramono Anung usai mengantar Presiden Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (24/10/2015).

Pramono menerangkan, dibandingkan dengan menyewa pesawat komersil, maka penggunaan Pesawat Kepresidenan lebih irit dari segi biaya. Namun memang dampaknya waktu perjalanan jadi lebih lama. Sebab, pesawat berjenis Boeing Bussiness Jet 2 (BBJ2) itu hanya bisa terbang 10-12 jam. Sedangkan perjalanan ke AS membutuhkan waktu lebih lama dibanding daya tahan terbang pesawat.

Jika lewat jalur komersil total lama penerbangan Jakarta-Washington sekitar 23 jam, maka perjalanan Pesawat Kepresidenan lebih lama, totalnya mencapai 27 jam 30 menit. Waktu tempuh yang sama diperlukan Pesawat Kepresidenan untuk membawa pulang Jokowi dari San Fransisco ke Jakarta pada Kamis 29 Oktober.

Pesawat Kepresidenan dibeli di masa Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dengan harga USD 91,2 juta atau sekitar IDR 820 miliar, dengan perincian USD 58,6 juta untuk badan pesawat, USD 27 juta untuk interior kabin, USD 4,5 juta untuk sistem keamanan, dan USD 1,1 juta untuk biaya administrasi.

Pesawat ini mampu membawa rombongan presiden hingga 67 orang dan terbang hingga 10-12 jam serta mendarat di bandara kecil. Interior pesawat ini terdiri atas beberapa ruangan, yaitu Ruang Rapat (Meeting Room) VVIP berkapasitas 4 orang, Kamar Kenegaraan (State Room) VVIP yaitu ruang tidur mewah yang dapat menampung 2 orang, 12 kursi eksekutif, dan 44 kursi staff.

Pesawat ini memiliki dua mesin CFM56-7, dengan kecepatan jelajah maksimum mencapai 0,785 Mach, sementara kecepatan maksimumnya adalah 0,85 Mach. Jangkauan jelajah maksimum mencapai 4.620 Nm (8.556 km).[15] Ukuran Boeing Bussiness Jet 2 mempunyai panjang hingga 38 meter dengan rentang sayap hingga 35,79 meter dan tinggi 12,5 meter. Pesawat ini mampu terbang hingga ketinggian maksimum 41.000 kaki, dengan daya jelajah 10.000 km dengan daya tampung bahan bakar 35.539 liter yang ditampung dalam enam tangki bahan bakar.

sumber


padahal dolo

Quote:


PDIP Tolak Rencana Pembelian Pesawat Kepresidenan

Rabu, 05 Juli 2006 | 11:49 WIB

TEMPO:Fraksi PDI Perjuangan menolak rencana pembelian pesawat kepresidenan. Menurut Ketua Fraksi PDIP, Tjahjo Kumolo, saat ini bukan waktu yang tepat untuk membeli pesawat baru karena negara banyak membutuhkan dana untuk membantu korban bencana. Selain itu, negara juga masih menanggung utang yang sangat besar.

"Alasan pemerintah bahwa pesawat lama sudah tidak layak beroperasi karena mengalami keretakan menurut saya tidak dapat diterima," ujarnya hari ini.

Menurut Tjahjo, di negara-negara maju jarang negara memiliki pesawat kepresidenan sendiri. Mereka memilih menyewa karena lebih murah. Karena itu, dia berharap pemerintah tidak mengejar prestise dengan membeli pesawat baru pada saat rakyatnya membutuhkan banyak bantuan karena di mana-mana terjadi bencana. "Apalagi pada tahun 2006 di APBN juga tidak ada anggaran pembelian pesawat baru," kata dia.

Tjahjo berharap bila nantinya pemerintah mengajukan rencana pembelian pesawat baru untuk kepresidenan pada APBN Perubahan, DPR akan menolaknya. Menurutnya dana untuk membeli pesawat baru tentu tidak kecil, sehingga lebih baik dana tersebut dipergunakan untuk hal-hal yang produktif yang manfaatnya langsung dirasakan oleh rakyat.

Ooh jadi kalau presiden dinas ke luar negeri itu pelesiran yah ?
tapi kalau anggota hewan itu kerja?

Goblok Kuadrat Mah Ts... Itu Sudah ...
emoticon-Cool
Terus kenapa? Yang dulu ribut-ribut kan si Tjahjo, terus yang sekarang ngomong kan si Pramono.. Kalo si Joko ya cuman nge-ho'oh (setuju) getooh! emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By coro.coco.dile
Terus kenapa? Yang dulu ribut-ribut kan si Tjahjo, terus yang sekarang ngomong kan si Pramono.. Kalo si Joko ya cuman nge-ho'oh (setuju) getooh! emoticon-Malu (S)


goblok ta??
Spoiler for :

baru tau si pramono dolo bukan bagian fraksi PDIP
Quote:Original Posted By shurta


goblok ta??
Spoiler for :

baru tau si pramono dolo bukan bagian fraksi PDIP


Ente belum bisa ngeliat keindahan ataw sisi seni dari komeng ane tadi! emoticon-Malu (S)
mari berdoa semoga pas lewat diatas segitiga bermuda ada badai besar dan si joko disadarkan bahwa hidup itu hanya mampir sebentar jangan terus2an menyesengsarakan rakyat
yah beda gan

dulu 2006 PDIP kan oposisi (ikut juga menolak kenaikan bbm )

skrg 2015 PDIP ikut pemerintah ( mendukung kenaikan bbm )

pesawat di beli jaman sby


serba salah jadinya

emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

namanya juga pesawat resmi kepresidenanm jauh deket ya dipake