alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kehancuran, kesedihan, dan harapan: foto-foto kabut asap yang menggugah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562b6d1d54c07a27318b4567/kehancuran-kesedihan-dan-harapan-foto-foto-kabut-asap-yang-menggugah

Kehancuran, kesedihan, dan harapan: foto-foto kabut asap yang menggugah

Kehancuran, kesedihan, dan harapan: foto-foto kabut asap yang menggugah

Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah menguning diliputi kabut asap akibat kebakaran hutan berskala besar. Juru kamera dan fotografer, Bjorn Vaughn, merekam kehancuran dan kesedihan kota dalam sejumlah foto.
"Saya mencintai Indonesia dan saya cinta Kalimantan. Orang-orang, budaya, hutan, orang utan, dan keindahan alamnya. Saya menyadari seberapa cepat semua itu menghilang," katanya kepada BBC Indonesia.
Bjorn berkewarganegaraan Inggris-Amerika, yang lahir di Spanyol dan dibesarkan di Jerman. Dia pernah tinggal di berbagai negara, namun dalam enam tahun terakhir menetap di Kalimantan sebagai bagian dari rumah produksi Borneo Productions International.

Kehancuran, kesedihan, dan harapan: foto-foto kabut asap yang menggugah
Sebagai juru kamera, dia sering melihat langsung kebakaran hutan dan menyadari betapa sulitnya memadamkan api di lahan gambut.
"Saya berharap bahwa foto-foto ini membuat orang merasakan apa yang saya rasakan ketika memotretnya. Kehancuran, kesedihan, dan harapan. Saya harap sejumlah gambar ini bisa meningkatkan kesadaran dan mungkin bisa membuat orang tergerak - sama seperti foto-foto ini menggerakan saya - sehingga ini tak lagi terjadi."

Kehancuran, kesedihan, dan harapan: foto-foto kabut asap yang menggugah
Bambang. Ketika indeks partikulat mencapai level 2.900.
Walau sudah enam tahun hidup di Kalimantan, Bjorn masih tidak bisa memahami mengapa kebakaran hutan terus terjadi dan mengapa orang-orang begitu enteng menganggap hal ini 'sudah biasa.'
"Satu malam di kamar hotel, saya bangun merasa sakit dan sesak nafas. Hari itu polusi udara mencapai 2.600 (angka 350 sudah dianggap berbahaya). Saya tidak mendapat oksigen yang cukup. Saya seperti tercekik, saya panik. Saya menyadari hal inilah yang dirasakan ribuan keluarga yang terpapar kabut asap dan tidak memiliki masker yang layak untuk melindungi mereka."
"Sebagian orang hidup dengan kabut asap tiap hari. Bagi saya, itu mimpi buruk. Saya tidak tahu bagaimana orang-orang menghadapinya."

Kehancuran, kesedihan, dan harapan: foto-foto kabut asap yang menggugah
Emmanuela Dewi Shinta adalah aktivis lokal yang berdedikasi untuk mengedukasi bahaya menghirup asap beracun. Timnya datang ke daerah-daerah yang paling terkena dampak kabut asap, mendistribusikan air, makan siang, masker dan obat-obatan. Foto ini diambil di Desa Tumbang Nusa, ketika tim mereka membuka posko kesehatan yang sangat dibutuhkan.

Kehancuran, kesedihan, dan harapan: foto-foto kabut asap yang menggugah
"Ada banyak momen yang mempengaruhi saya. Saya bertemu dengan laki-laki yang sudah sangat sakit karena asap, tetapi tetap bekerja karena tidak ada yang mencari uang untuk keluarganya.
"Ada banyak relawan yang berjuang melawan api tanpa bayaran. Juga para pemadam kebakaran yang walau kewalahan, tetap melawan api sepanjang hari dan bahkan tak punya air untuk diminum.

Kehancuran, kesedihan, dan harapan: foto-foto kabut asap yang menggugah
"Dan ada Slamet, tukang bangunan yang tak mendapat kerjaan selama musim kabut asap pekat; dia menjaring ikan di selokan yang airnya kotor di Palangkaraya dan mengatakan 'ikan yang kotor masih lebih baik dari pada tidak ada ikan sama sekali.' Ada keluarga yang kehilangan bayinya karena penyakit terkait asap..."
"Di malam dan pagi hari, mengenang pengalaman-pengalaman itu, saya menangis karena kesedihan itu. Dan karena saya sangat tersentuh dengan kekuatan dan semangat orang-orang di Kalimantan Tengah menghadapi asap."

http://www.bbc.com/indonesia/majalah...aze_kalimantan

TAMBAHAN:

Kehancuran, kesedihan, dan harapan: foto-foto kabut asap yang menggugah
Prajurit TNI melakukan latihan di tengah kabut asap yang menyelimuti kawasan Stadion Sanaman Mantikei di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (2/10).

Kehancuran, kesedihan, dan harapan: foto-foto kabut asap yang menggugah
Ribuan umat Muslim melaksanakan salat Idul Adha dengan berselimut kabut asap di Bundaran Air Mancur Masjid Agung SMB II Palembang, Sumatera Selatan, 24 September 2015. Berdasarkan data dari BMKG Jarak pandang di kota Palembang turun hingga 100 meter.
Diubah oleh cingeling
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Januari krmaren ada orang tolol yang paling berwenang dinegeri ini yang koar2 pengalaman ngatasin masalah ginian...

Gimana kabarnya tuh si tolol
Diubah oleh gapernahwaras
Coba dpr n pemerintah revisi uu pembakaran lahan, denda n hukuman ditambah, klo perlu digantung n dibakar emoticon-Smilie
seharusnya DPR bikin pansus kebakaran hutan.
Quote:

katanya mau ke amerika ketemu omaha
Ga bisa bayangin bray, sepanjang hari ngehirup asep kebakaran. emoticon-Berduka (S)
Quote:


Ga usah mimpi

Korupsi aja yang jadi masalah paling genting dimasyarakat justru penegaknya dikebiri terang2an

Dan masih aja ada barisan orang tolol turunan anjing yang belain rezim kampang ini
Mendingan sekarang bela negara itu dikhususkan untuk madamin kebakaran hutan. Ana setuju, dan juga mo ikut kalo begitu (tentunya dengan perlengkapan penunjang, minimal masker gas). Jadi bisa kayak operasi semut gitu! emoticon-Cool
Pemerintah pusat kok terkesan lambat ya respeksinya, apa harus nunggu korban banyak dulu baru bergerak sambil nebar sensasi didepan media bayaran??!
belum sadar juga azab asap?
bagi muslim, minta tolonglah sama ALLAH SWT lewat shalat istisqa
sebagai satu2nya tempat memohon pertolongan,
Quote:


mana mau anggota dhewan yg terhormat bikin pansus kebakaran hutan,mereka lebih giat cari cara memperlemah KPK biar "proyek proyek rahasia"mereka ga ketahuan..gw curiga ah bahkan gw yakin di antara anggota DPR pasti ada yg kecipratan tuh duit hasil pembakaran hutan..
pelajaran buat tahun depan, menjelang musim kemarau selalu pantau titik api, begitu ada muncul 1 titik api segera padamkan
Quote:


sudah dari dulu namanya kemarau itu pasti marak pembakaran hutan.... klo mau belajar seharusnya dari dulu-dulu bukannya dari sekarang...ini memang pemerintahnya kadang terlalu mengampangkan masalah...
Quote:


18 tahun selalu terulang, baik pusat atau pemda emang dari dulu gak belajar, titik api udah ratusan baru ribut, udah ada kabut asap baru ribut
respect bjorn...
ga kaya orang indo yg slalu nuntut dan nyalahin tanpa ngasih solusi dan tindakan konkrit....emoticon-Najis
Quote:


ke amakarta gan, cari kambing buat di itemin emoticon-Ngakak (S)



Diubah oleh masgondrongs
Quote:



ga jelas gan, masih asbun dan plonga plongo...
jokowi gak serius nangani kebakaran hutan
malah ditinggal ke Amerika

nasib punya presiden ga becus
Ga susah susah amat. 2 mnggu selesai. PSSI aj bisa d bekukan, apa lagi cuma titik api
emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-I Love Indonesia
Gue heran banyak yg menyepelekan asap ini. Temen gue yg kena dampak langsung tlp gue dg geram brcerita gimana dia dan keluarganya sangat tersiksa dg asap ini dan mengutuk keras pemerintah termasuk presiden. Presiden ngomongnya cuma "tinggal mau kerja atauntidak. Saya sudah pengalaman." Yg kena kabut asap disuruh ngungsinke pemda. Temen gue bilang bertruk2 mhsw demo menuntut penyelesaian tp ga satupun masuk berita. Mudah mudahan jokowi ini segera lepas tanggung jawabnya sebagai presiden RI
Quote:



kabarnya baek cuma dia masih tolol
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di