alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[AMPUN DAH!] Biaya Plesiran Legislator Riau Lampaui Dana Penanggulangan Asap
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562b3c4b50741003648b456b/ampun-dah-biaya-plesiran-legislator-riau-lampaui-dana-penanggulangan-asap

[AMPUN DAH!] Biaya Plesiran Legislator Riau Lampaui Dana Penanggulangan Asap

Biaya Plesiran Legislator Riau Lampaui Dana Penanggulangan Asap

Kamis, 10 September 2015 21:50 WIB | 3.985 Views
Pewarta: Fazar Muhardi


[AMPUN DAH!] Biaya Plesiran Legislator Riau Lampaui Dana Penanggulangan Asap
Rakyat Riau Lawan Asap Pengunjuk rasa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Riau Melawan Asap menggelar aksi di Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, Riau, Rabu (9/9). Mereka menuntut penghentian monopoli penguasaan lahan dan lahan gambut di Riau serta melakukan audit, evaluasi dan penegakan hukum terhadap perusahaan pembakar hutan. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman) ()

Pekanbaru (ANTARA News) - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) menyatakan biaya plesiran kalangan legislator di DPRD Riau empat kali lipat lampaui dana penanggulangan bencana kabut asap dampak kebakaran lahan gambut.

"Kunjungan anggota DPRD Riau ke luar negeri merupakan bentuk pemborosan uang rakyat. Dan tidak patut dilaksanakan di tengah kondisi masyarakat menghadapi kesengsaraan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan," kata Koordinator Fitra Riau Usman kepada pers di Pekanbaru melalui pesan elektronik yang diterima, Kamis malam.

Bahkan anggaran yang digunakan untuk membiayai plesiran wakil rakyat itu, lanjut dia, lebih besar dari anggaran yang dialokasikan untuk membiayai pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan yang ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau 2015.

Menurut Usman, pihak DPRD setempat menyiapkan anggaran untuk kunjungan ke luar negeri dalam belanja Sekretaris Dewan (Sekwan) mencapai Rp7,3 miliar.

Anggaran itu, kata dia, digunakan untuk membiayai transportasi, tempat tidur, makan-makan, dan uang saku. Tidak menutup kemungkinan juga anggaran itu untuk biaya "shopping" dan lain sebagainya.

Sementara DPRD dan pemerintah Riau kata Usman hanya menyiapkan anggaran Rp1,4 miliar untuk membiayai pencegahan dan penanganan penangulangan kebakaran hutan lahan.

Artinya, anggaran plesiran lebih besar empat kali lipat dari anggaran kebakaran hutan dan lahan yang menyengsarakan rakyat.

Melihat dari urgensinya, lanjut dia, kunjungan ke luar negeri itu juga tidak penting dan bukan domain DPRD. Apalagi studinya soal pengelolaan ikan.

"Semestinya yang harus belajar itu orang dinas terkait dan tidak harus ke luar negeri," katanya.

Biaya yang dikeluarkan rakyat melalui APBD 2015 ke Anggota DPRD Riau untuk perjalanan dinas menurut Usman sudah sangat besar. Tahun 2015 anggaran perjalanan dinas mencapai Rp45 miliar.

Dengan rincian, katanya, untuk perjalanan dinas pimpinan dan anggota DPRD dalam dan luar daerah Rp25 miliar, perjalanan dinas Alat Kelengkapan Dewan dalam dan luar daerah Rp13 miliar. Ditambah biaya kunjungan keluar negeri Pimpinan dan anggota DPRD Riau sebesar Rp7,3 miliar.

"Kondisi ini berarti menunjukkan pula kualitas anggota DPRD Riau yang masih belum paham dan responsif terhadap persoalan asap yang tengah dihadapi oleh jutaan masyarakat Riau, dan ini menunjukan bahwa para anggota dewan hanya mementingkan hasrat pribadi untuk berfoya-foya di luar negeri dan tidak membawa hasil apa-apa setelah pulang nantinya," katanya.

Editor: Tasrief Tarmizi
sumur

pantesan aja siap keluar NKRI, lha selama ini dah banyak 'latihan' kunker keluar terus emoticon-Traveller
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


beda jauuuuuuuuh emoticon-Hammer2
namanya juga hewan jd g usah heran klo g mikir
Nastak mengutip fitra ? Hmmmm..... emoticon-Embarrassment
plesiran enak
Mantap Betul! Yang penting jauh dari asap! emoticon-Betty (S)
orang dprd nya ga peduli ama asap tau ...
brengsek bener emoticon-Recommended Seller
uda terlatih untuk "keluar " dari indonesia ternyata emoticon-Big Grin
coba kungker ke negara yang juga di sekitar garis ekuator, yang ada hutan juga -- nah pelajari kenapa hutan orang gak terbakar, dan andai terbakar gak menelurkan kabut asap emoticon-Malu

kenapa begitu? karena asap di negara ini sudah menjadi musim baru

menurut ane mungkin lebih baik dan bermanfaat
Diubah oleh buceros
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
pemborosan ini,kaya piala kmemerdekaan pake apbn
kurangilah anggaran ke luar negeri 3M, 4M nya buat beli masker & pengobatan ISPA emoticon-Cape d... (S)
Nah tuh, warga riau yg kemaren teriak2, coba tuh mintak duit ke DPRD nya buat beli oksigen emoticon-Big Grin
Wkwkwk mantap . Kalo pelesiran emang musti ada dana gede, kalo soal asap tar nunggu hujan aja jadi angarannya kecil gak apa apa
dikit amat 1,4 M
valid gak data yang didapat oleh FITRA ?
apa karna tiap tahun dibantu mulu sama pemerintah pusat buat madamin api jadi gak ada persiapan dari intern riau


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di