alexa-tracking

Sawit Jadi Energi Masa Depan untuk Bahan Bakar Pesawat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562b386ac0cb171d598b456e/sawit-jadi-energi-masa-depan-untuk-bahan-bakar-pesawat
Sawit Jadi Energi Masa Depan untuk Bahan Bakar Pesawat
Sawit Jadi Energi Masa Depan untuk Bahan Bakar Pesawat



Washington DC - Energi alternatif bio fuel untuk bahan bakar pesawat tengah dikembangkan di banyak negara. Salah satunya di Indonesia yang ikut juga mempelopori pengembangan bahan pengganti avtur untuk pesawat.

Tak heran bila Indonesia mengembangkan studi bio fuel ini dengan menggandeng Amerika Serikat (AS). Lewat Kemenhub, kerjasama dijalin.
Saat penekenan MoU RI-AS soal bio fuel (Indra/detikcom)

Menurut Menhub Ignasius Jonan di Washington DC, AS, Jumat (23/10/2015) Indonesia memiliki banyak bahan bio fuel. Kelapa sawit menjadi salah satu bahan yang akan digunakan.

"Tapi ini bukan berarti saya mendukung perusahaan sawit ya, apalagi yang bakar-bakar lahan. Ingat ya, saya tidak bisa dilobi," tutur dia.

Jonan menjelaskan bahan sawit sebagai bio fuel ini menjadi pilihan dan dikembangkan di Indonesia. Tentu ada bahan lainnya yang juga bisa dikembangkan seperti jarak, eceng gondok serta lainnya.

Pada 2018 setiap maskapai yang terbang di udara di Indonesia akan diisyaratkan menggunakan bahan mengandung bio fuel, walau komposisinya masih kecil. Di Indonesia Pertamina yang mengembangkan bahan bakar bio fuel ini.

"Tentu yang aman dan sesuai. Dan kita ingin polusi di langit Indonesia berkurang," tegas Jonan.


sumur
image-url-apps
nggak bisa dilobi ya pak.
kalo dibawah meja bisa pak ?emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Dia mah kaga ada urusan sama lahan yg mau dijadiin lahan kebun sawit gan ,diakan di perhubungan
KASKUS Ads
ah nyang boong jon emoticon-Big Grin
seriusan gan emoticon-Bingung
image-url-apps
Mantap Gan
image-url-apps
Asal menguntungkan dan TIDAK MERUSAK LINGKUNGAN ya lanjut. Cm coba cari yg lain selain sawit
image-url-apps
bikin sawit bakar hutan
image-url-apps
bio fuel ga hanya dr minyak sawit aja, mengingat pengembangan sawit justru merusak lingkungan.
image-url-apps
lumayan buat gantiin bahan bakar fosil
image-url-apps
Canggih nih bbm dr sawit
mari kita bakar hutan, dan ganti dengan sawitemoticon-Cendol (S)
minyak jarak dan bio-ethanol dari singkong ga bs dijadikan alternatif avtur?
dejavu nih ane emoticon-Repost
image-url-apps
minyak goreng
image-url-apps
masih saja bisa dikadalin emoticon-Ngakak (S)

giliran negara maju penggunaan bahan bakar fosil lebih tinggi...
negara berkembang disuruh go green emoticon-Ngakak (S)

yang lebih parah .....
negara maju riset bersama negara berkembang .....
ujung ujung nya negara berkembang tergantung tekhnologi kepada negara maju emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Mewek
image-url-apps
Quote:


Ngapain jg lobi si jojon? Yg penting luhut dah di tangan cukong sawit.. Sinar mas aja bisa bebas. Selamat menikmati asap sodara2.
bukan sawit aja kaliiiiiiiiiii pohon pisang, singkong juga bisaaaaaaa, berita basi dari jaman bahela tp ga pernah serius...di IPB noh udah ada mesinnya tuk ngolah kalo ngak salah harga tuh mesinnya 50 jt tp pemerintah EGP, dr semuanya justru sawit yg paling besar merugikan untuk dampak lingkungan, siap siap aja INDONESIA siaga satu kekeringan
image-url-apps
bukanya jarak juga bisa ya?

sebetulnya energi alternatif emang di butuhkan karena kita bukan negara yg kaya akan energi dr fosil...emoticon-Big Grin

tp jangan cuman jd wacana tp harus ada implementasinya...emoticon-Big Grin
Quote:


jangan pesimis dong gan, ini kan era pak joko eranya perubahan
suruh pak joko beli mesinnya
×