alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah Pertimbangkan Bencana Asap Jadi Bencana Nasional
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562a230dde2cf280058b4569/pemerintah-pertimbangkan-bencana-asap-jadi-bencana-nasional

Pemerintah Pertimbangkan Bencana Asap Jadi Bencana Nasional

Quote:


kalo bisa mempercepat penanggulan bencana asap ini, kenapa tidak?
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Bukannya shrsnya gtu sejak awal, klo ane nilai koordinasi&penangganan yg lamban & ga sistematis bikin asap makin galakemoticon-Embarrassment
Tanggap atasi asap
Mudah2an bulan ini mulai turun hujan tiap hariiiiiiii
Quote:


yoi gan..
ada yang bialng diperparah mendekati pilkada, jadi bingung yg ambil keputusan di daerah siapa, soalnya pada berhenti sementara semua kan..
Quote:


Klo mmg daerah lamban, sbaiknya pusat ambil alih, abis itu pangkas smua yg bermain, denda perusahaan2 yg ikut bakar2, biar gigit jari yg didaerah feenya pd ga jd kluar, biar nangis wkt pilkada ga pny modalemoticon-Big Grin
Diubah oleh baratayudha17
Quote:


Klo ngarep ujan mgk setelah msk november, klo beruntungemoticon-Ngacir
Diubah oleh baratayudha17
2minggu lagi jek? emoticon-Traveller

wacana kerja kerja kerja emoticon-siul
Emang harus jd bencana nasional duku ya gan supaya bisa kerahkan semua sumber daya? Kl kerahkan semua sumber daya tanpa pake status bencana nasional apa ga boleh?
Udah rata masih pake pertimbangan

Quote:


Mungkin yang sekarang gengsi gak mau ikut2an taktis pendahulunya dulu emoticon-Malu (S)
Diubah oleh cendol.dan.bata
pulau jawa juga udah mulai memanas neh..emoticon-Cape d... (S)
nunggu kanada prancis siap
Tunggu sampe asepnya keliatan di jendela mobil masing2 pejabat baru dibikin jd bencana nasional kayanya
Quote:


baru "mempertimbangkan"?
bwahahahahahaha

emoticon-Ngakak

benar-benar tjahaja asia emoticon-Big Grin
bah kan emang udah seharusnya itu soalnya asapnya makin parah, mana sekarang Papua juga udah mulai kena lagi emoticon-Cape d... (S)
Quote:


hujannya diramalkan baru awal desember gan.... emoticon-Big Grin
Quote:


bukan urusan saya.... emoticon-Big Grin
Itu yang kasih ijin (konsesi hutan) dan yang tandatangan (UU No 32 / 2009 tentang Lingkungan Hidup) suruh tanggungjawab tuh hehehe, jangan bisanya mainan (twitter) aja hehehe. Ada ada saja.
bencana karena kesengajaaan... oooh... cerdasnya pemerintah skr... terutama BNPB emoticon-Busa:
Quote:

Nih orgnya ada dibawah ente, kli2 mo digaplokemoticon-Big Grin
Quote:


Yaelah jok, asapnya udah kmane2, ente msh cengegesan aje, ente plesinden ape tukang odong2?emoticon-Big Grin
Diubah oleh baratayudha17
jadi status bencana nasional ini sebenarnya apa? dan kenapa harus jadi bencana nasional?

apa benar pelaku pembakaran justru akan diuntungkan dengan status bencana nasional ini?

apa perbedaan penanganan saat status bencana nasional dengan penanganan kebakaran sekarang yang juga sudah diintervensi dari pusat?
Quote:


ane bukan orang hukum gan.. tapi setau ane gini..

bencana itu diatur sama uu no. 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana
kalau status sampai bencana nasional, pemerintah betul2 sebagai koordinator penanggulangan bencana (melalui bnpb), tidak seperti sekarang yang semua masyarakat bisa ikut bantu memadamkan masing2. keuntungannya ya lebih terkoodinir tidak seperti sekarang semua bantu memadamkan (walau yang sekarang juga bagus sih bantuan masyarakat).

kerugian secara hukum ialah pelaku pembakaran bisa ngotot menggunakan uu tersebut di pengadilan, sesuai status bencana dari pemerintah.
dan memang di uu tersebut diatur hukuman dan denda bagi perbuatan yang mengakibatkan bencana.

tapiii... hukumannya kayanya sedikit lebih ringan drpd jika pengadilan menggunakan uu no. 32 tentang lingkungan hidup. di sana juga diatur mengenai tindak pidana perusakan lingkungan dan sepertinya hukumannya lebih berat daripada jika menggunakan uu yang di atas tadi gan.

lebih jauh lagi mengenai kerugian yang diakibatkan oleh bencana, itu sepertinya menjadi beban pemerintah, walau bisa juga pemerintah memaksa pihak yang melakukan perbuatan mengakibatkan bencana untuk ikut serta bertanggungjawab secara finansial, tapi secara uu pemerintah yang bertanggung jawab terhadap kerugian akibat bencana.

jika pakai uu tindak pidana lingkungan hidup, pemerintah tidak bertanggung jawab secara hukum untuk mengganti rugi, tapi justru bisa memaksa (melalui pengadilan) pihak yang melakukan tindak pidana lingkungan hidup tersebut untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan yang dirusak, dampak sosial yang ditimbulkan, serta korban jiwa.

kedua uu tersebut juga mengatur akibat yang ditimbulkan jika sampai ada korban jiwa, hukuman lebih berat, tapi ya sepertinya kalau jadi bencana, para pelaku pembakaran cuma dihukum berdasarkan batas denda dan penjara sesuai uu no. 24 tentang bencana itu gan.
kalau pakai uu tindak pidana kan bisa memaksa para terhukum mengganti rugi materil dan immateril, termasuk kerugian akibat penyakit dan korban jiwa.

tapi susahnya kalau sudah masuk politik.. sepertinya pelaku pembakarn ini juga bis ajadi pihak yang setor kepada politisi, sehingga ketika mereka ketangkep sekarang, politis ini seperti punya tg jwb untuk membantu meringankan hukuman atau ganti rugi yg harus mereka keluarkan kalau sampai jatuh vonis.

just my 2 cents.. emoticon-I Love Indonesia (S)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di