alexa-tracking

Bersama Unimed Pendidikan Kabupaten Madina Bangkit

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5629fe0456e6af3f4f8b4567/bersama-unimed-pendidikan-kabupaten-madina-bangkit
Bersama Unimed Pendidikan Kabupaten Madina Bangkit
http://bareskrim.com/2015/10/23/bers...adina-bangkit/
PANYABUNGAN | Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal meyakini dengan intensnya kerjasama antara dinas pendidikan dengan dosen-dosen Universitas Negeri Medan yang merupakan stakeholder utama dalam hal pendidikan di Sumatera Utara, akan menambah spirit tersendiri bagi para guru untuk meninggkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Mandailing Natal.

Hal ini terungkap saat penutupan kegiatan “Pelatihan Guru-guru Bidang Study tingkat SMP” oleh Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Madiana Abdul Husain SPd yang juga Ketua Panitia Pelaksana, di Hotel Madina Sejahtera. Acara berlangsungselama 2 hari dari tanggal 19-20 Oktober 2015.

Husain menambahkan, kebangkitan pendidikan di Kabupaten Madina bukan hanya isapan jempol semata, karena pada tahun ini Madina menempati posisi runer up untuk integritas Ujian Nasional (UN) di Sumatera Utara dibawah Kota Madya Sibolga.

“Sejak tahun 2013 kita mulai intens bekerjasama dengan dosen-dosen Unimed untuk pengelolaan peningkatan kwalitas guru dan beberapa tahun terakhir ini perubahan positif yang signifikan mulai muncul dari guru-guru yang mengikuti pelatihan tersebut dengan terbentuknya kelompok diskusi guru (MGMP), hal ini mengindikasikan bahwa kerjasama yang selama in dibangun mulai menampakkkan hasilnya,” ujarnya.

Guru yang dibimbing dosen-dosen Unimed sebanyak 160 orang guru SMP tersebar di Kabupaten Madina. “Dari kegiatan ini nantinya, guru-guru akan menjadi pilot project dalam pengembangan kualitas pendidikan dalam bentuk kelompok-kelompok MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) di kecamatan masing-masing,” imbuhnya seraya menambahkan, dengan terlaksananya kegiatan tersebut, diyakini akan membawa kemajuan kualitas pendidikan di Kabupaten Madina.

Perwakilan Dosen Unimed, Ir Herkules Abdullah MS yang juga Kepala PJK Universitas Negeri Medan mengungkapkan, program kerja Dinas Pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan tidak hanya tertuang dalam tataran visi misi diatas kertas, akan tetapi sudah pada tataran realisasi dan menemukan pola yang ideal.

“Apalagi dengan dukungan SDM di Dinas Pendidikan yang memumpuni, energik, semangat dan kemauan yang kuat dalam hal perkembangan pendidikan, ini merupakan variable yang berperan besar pada peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Madina,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekertaris Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM ) Unimed, Mukti Hamjah MSi yang juga sebagai tutor pada pelatihan tersebut. Kegiatan turun ke daerah-daerah yang dilakukan dosen Unimed merupakan bentuk aplikasi salah satu tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Dalam hal ini pengabdian yang dilakukan oleh dosen Unimed adalah membina guru mata pelajaran hal ini sesuai dengan kondisi di Sumatera Utara bahwa LPTK yang intens melakukan program peningkatan mutu pendidikan adalah Unimed.

Ditandai dengan hampir sebagian besar kabupaten/kota di Sumut menggandeng LPM Unimed sebagai reference segala permasalahan pendidikan seperti Deli Serdang, Labuhan Batu, labuhan Batu Selatan, Tebing, Batu bara, Binjai, Langkat, Sibolga dan masih banyak kabupaten/kota yang lain.

Selain itu, program pengabdian yang dilakukan lewat kelembagaan ada juga kegiatan dosen secara mandiri atau juga didanai oleh DP2M dan BOPTN yang jumlahnya hampir 100 sekolah yang dibina oleh tim dosen Unimed selain kegiatan yang diprakarsai oleh Pemerintah kabupaten kota dalam hal ini dinas pendidikan seperti saat ini.

Rasa suka cita juga diungkapkan Abidah SPd, guru matematika dari SMP Negeri 1 Panyabungan yang juga alumni dari IKIP Medan. Ia mengungkapkan, kegiatan ini pelatihan guru bidang study ini sangat membantu dalam memperkaya pengetahuan guru dan pola-pola pendidikan yang terbaru sehinghga informasi-informasi up to date dapat diterima langsung oleh guru dari para nara sumber .

Selain itu, beliau juga mendukung adanya klinik pendidikan di setiap kabupaten kota yang digagas oleh Rektor Unimed Prof Syawal Gultom MPd. “Seluruh guru khususnya di Mandailing Natal sangat membutuhkan akses langsung utuk mendiskusikan bersama pakar tentang permasalahan pendidikan yang semakin kompleks. Bila klinik pendidikan itu ada pasti akan sangat membantu bagi seluruh masyarakat yang peduli pendidikan,” tuturnya.