alexa-tracking

Menteri Puan akhirnya bicara soal antisipasi bencana kabut asap

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5629f24b56e6afd3628b456a/menteri-puan-akhirnya-bicara-soal-antisipasi-bencana-kabut-asap
Menteri Puan akhirnya bicara soal antisipasi bencana kabut asap
Quote:
Menteri Puan akhirnya bicara soal antisipasi bencana kabut asap

Merdeka.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani akhirnya angkat bicara soal bencana kabut asap akibat kebakaran hutan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan. Puan menyoroti dampak yang harus diantisipasi akibat kabut asap.

"Dampak dari asap ini tentu saja harus diantisipasi mulai dari masalah kesehatan, pendidikan, dan sosial," ujar Menko Puan Maharani, usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (23/10).

Namun, Puan menyatakan bahwa upaya penanggulangan bencana asap yang sudah melanda lima provinsi ini berada di bawah kordinasi Menko Polhukam. Puan menjelaskan bahwa Menteri Kesehatan sudah mengirim, mengantisipasi, bahkan memobilisasi hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan.

"Kami sudah mengirimkan 33,8 ton hal-hal yang berkaitan dengan obat, masker, dan lain-lain untuk bisa mengantisipasi dampak kesehatan," ujar Puan seperti dilansir Antara.

Penanganan dampak asap ini juga dilihat dari indeks standar pencemar udara (ISPU) yang ada di lima provinsi yang terdampak asap tersebut. Menurut Puan, berdasarkan data ISPU di Sumatera Selatan sudah hampir mencapai angka 300, yang sudah masuk dalam kategori tidak sehat, bahkan berbahaya bagi kondisi kesehatan.

Untuk itu, pihaknya memberikan pemberitahuan pada masyarakat yang ada di wilayahnya yang terkena dampak asap.

Kemudian, persiapan yang disiapkan menteri pendidikan berkaitan dengan anak-anak sekolah di mana karena dampak asap tersebut mengakibatkan anak-anak PAUD, SD, SMP, dan SMA terganggu masalah belajar-mengajarnya.

"Ini yang harus disiapkan bahwa anak-anak tersebut yang memang tidak bisa belajar ke sekolah dalam situasi ISPU 200 atau 300," tutur Puan.

Keadaan ini harus diantisipasi bahwa mereka harus mendapat pendidikan melalui media seperti televisi dan radio atau hal-hal lain yang harus diantisipasi oleh Mendikbud agar proses belajar mengajar agar para murid tidak ketinggalan pendidikannya tanpa melupakan target kurikulumnya.

Selain itu, Puan menambahkan bahwa Kementerian Sosial juga ditugaskan untuk mengantisipasi bagaimana kalau dibutuhkan tindakan evakuasi untuk anak, bayi dan ibu hamil.

Puan menyatakan bahwa pihaknya telah menentukan sejumlah lokasi di dalam kota yang terkena dampak asap, untuk dapat dijadikan "shelter" ataus hunian sementara para pengungsi. Hunian sementara ini nantinya harus dilengkapi dengan alat untuk mensterilkan udara sehingga tidak ada pengungsi yang menderita ISPA.

Sebelumnya, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mendesak Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mau terjun langsung dalam mengatasi kebakaran hutan yang terjadi. Apalagi, Kementerian PMK merupakan koordinator dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, sehingga upaya yang dilakukan Kementerian PMK harus lebih nyata dibanding jajarannya.

"Ke mana Menko PMK, selama ini media fokus bertanya perkembangan kasus ke Menko Polhukam dan TNI. Padahal Kementerian LHK kan ada di bawah Kementerian PMK," kata Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup ( Walhi) Abetnego Tarigan saat menjadi pembicara diskusi kebakaran hutan di Jakarta, Rabu (21/10).

Walhi mempertanyakan minimnya koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah. "Koordinasi masih jadi penyakit di negara kita. Seharusnya pemerintah daerah juga antisipasi. Jangan setelah sudah parah lalu menyalahkan pemerintah pusat," lanjutnya.

Dia meyakini jika koordinasi dilakukan dan pemerintah cepat memadamkan titik api, masalah kebakaran ini akan cepat selesai.
Sumber


Harap sabar ya yang terkena asap, bentar lagi mau dikirimin jamu dari bu menko emoticon-Berduka (S)
namanya juga Menko..

Princess tinggal atur menteri ini menteri itu emoticon-Traveller
Kemane aje lu kirikk emoticon-Busa
Ayo jangan NATO dong

Kerja kerja ambil tindakan konkret.
akhirnya emoticon-Matabelo
ngomong juga
asal jangan omong doang
tapi, bikin website aja gak becus
Didoakan ya agan agan mudah mudahan nih masalah asap cepat ditanggulangi. Amien 3.
beredar juga akhirnya,
kmaren2 kmane aje bu?
Quote:Original Posted By pabloo
Didoakan ya agan agan mudah mudahan nih masalah asap cepat ditanggulangi. Amien 3.


Emang agan jadi korban asap juga ya emoticon-Berduka (S)
Sebenarnya menanggulangi asap ini perkara mudah.. Kita hirup saja bersama sama sampai asapnya hilang..
Ampe srkarang ane bingung sama mentri yg 1 ini kerjaannya apa????
cuma bisa kasih statment doank tanpa ada hasil yg nyata..
*bikin web revolusi mental yg dananya 140M = ilang
*Minum jamu
sisanya cuma jd penguntit jokowow...emoticon-Traveller
Preeeettttlahhh ispu 200- 300 emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S) ... udah berkali-kali lipat nilai ambang batas " berbahaya " ....
monggo cek sendiri disini untuk daerah - dearah yg terpapar asap

http://www.bmkg.go.id/bmkg_pusat/Kua...artikulat.bmkg
PEKAT:
youtube-thumbnail

Di tunggu pelaksanaannya
Quote:Original Posted By oktobernendang
Sebenarnya menanggulangi asap ini perkara mudah.. Kita hirup saja bersama sama sampai asapnya hilang..


Mati bersama2 gan?
MENTRI GUOBLOGGGGGG
emoticon-Blue Guy Bata (L)
kader pdip ga ada yg becuss..
partainya jg partai bangs**at...
jamu tahan asap ada ga yah?? emoticon-Ngacir
kalo mba puan ud trun tangan, diharapkan asap segera lenyap secepat website revolusi mental lenyap.
emoticon-I Love Indonesia (S)
dikirimin jamu tolak asap emoticon-Jempol
Baru bangun tidur bu.?