alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Teras Narang: Saya Surati Jokowi Soal Kebakaran Hutan, Tidak Direspons
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5629e9ac529a45c5478b456a/teras-narang-saya-surati-jokowi-soal-kebakaran-hutan-tidak-direspons

Teras Narang: Saya Surati Jokowi Soal Kebakaran Hutan, Tidak Direspons

Jakarta - Eks Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustin Teras Narang angkat bicara soal bencana kabut asap yang melanda wilayah yang pernah dipimpinnya. Teras Narang mengungkap sudah memberi peringatan ke Istana soal potensi kebakaran hutan di Kalteng, tapi tak ditindaklanjuti.

Membuka pembicaraan soal kabut asap di Kalteng, Teras Narang mengatakan kebakaran hutan hebat yang berujung pada bencana kabut asap memang pernah terjadi saat dia memimpin, tepatnya pada tahun 2007. Namun setelah dia membuat sejumlah peraturan, bencana serupa tak pernah terjadi lagi.

"Sampai hari terakhir saya memimpin 4 Agustus 2015 tidak ada kebakaran apapun. Bukan berarti tidak pernah ada sama sekali, ada, tapi tidak berlangsung lama. Tidak pernah berlangsung lebih dari seminggu," kata Teras Narang saat berbincang dengan detikcom, Jumat (23/10/2015).

Dia menganalisis ada sejumlah faktor yang menyebabkan bencana kabut asap tahun ini berlarut-larut hingga dua bulan. Pertama, keterlambatan penanganan, pengkoordinasian dan pelibatan masyarakat kabupaten kota untuk mengantisipasi bencana kabut asap. Kedua, fenomena El Nino yang memicu musim kemarau berkepanjangan.

Nah, soal El Nino ini, Teras Narang menuturkan sudah mendapat peringatan dari BMKG pada tahun 2014 lalu, saat masih menjabat gubernur. Pria peraih penghargaan Gubernur Prospektif tahun 2009 ini mengatakan BMKG memperingatkan El Nino di tahun 2015 akan menyebabkan musim kemarau cukup lama.

"Mendengar itu, saya kirim surat ke Presiden Jokowi meminta instruksi Presiden untuk mengatasi lahan gambut di Kalteng yang rawan kebakaran, tetapi sampai saat ini tidak ada respons. Ternyata benar terjadi kebakaran hutan sekarang," tutur politikus PDIP ini.

Teras Narang menjelaskan surat itu dikirimnya pada 31 Agustus 2014, atau 11 hari setelah Jokowi mengucap sumpah sebagai Presiden. Dia yakin surat itu sudah diterima pihak Istana, karena asisten II Gubernur Kalteng pernah dipanggil untuk membahas masalah tersebut. Namun sayangnya, pembahasan itu tinggal pembahasan, tak pernah ada tindak lanjut.

"Saya juga sudah laporkan ke Menko Polhukam Pak Luhut, dia kaget mendengar saya sudah melapor," ujarnya.

"Saya sebagai gubernur sudah mengantisipasi, saya sudah memimpin 10 tahun, sudah tahu titik paling rawan, yang paling rawan itu lahan gambut," pungkas Teras Narang.


Sumber

Oh ternyata sudah pernah lapor presiden tahun lalu untuk antisipasi tapi tidak direspon. Pasti ini salah pemerintah daerah yang lapor bukan salah Jokowi yang tidak merespon laporan.
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
Reserved
Reserved
"Teras Narang menjelaskan surat itu dikirimnya pada 31 Agustus 2014, atau 11 hari setelah Jokowi mengucap sumpah sebagai Presiden."


ga salah tuh gip narsum lo ? emoticon-Malu (S)

gubernur goblog.. emoticon-Ngakak (S)



emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
nah, surat trsbt nyasar kmn? apa ga di follow up ato di terusin ke gub pengganti nya...

btw jkwi di lantik tgl brp sih? lupa...
Quote:


31 Oktober mungkin maksudnya. Bukan kali ini aja kompas salah ketik berita.
Intinya dia itu sudah jauh-jauh hari memperingatkan Joko kuih, tapi sama sekali tidak digubris! emoticon-Malu (S)
Diubah oleh coro.coco.dile
brarti ini bukan tanggung jawab gubernur krn sudah ngirim surat tp tidak dibahas.

Fixed, ini salah jokowi yg agustus sudah jd presiden emoticon-Ngacir
Diubah oleh ciLinx
emoticon-Cape d...
Ya elah pakek kirim surat ke kowi mana di baca.
Coba laen kali unek²nya masukin lewat pidio format mp4 hd. Pasti doi bakal respon.
Quote:


jokowi sah jadi pemenang pilpres itu tanggal 21/8/14 saat mk ketok palu
mungkin itu maksud si narang
tapi ngirim surat jangan ke yang susah baca!!!!
Diubah oleh ninloro
Quote:


Iya banyak kemungkinan soal itu. Intinya bahwa dia Sudah mengirim surat tapi tidak direspon.
"Saya sebagai gubernur sudah mengantisipasi, saya sudah memimpin 10 tahun, sudah tahu titik paling rawan, yang paling rawan itu lahan gambut," pungkas Teras Narang.


antisipasi tapi pergub izin bakarnya kok ga d cabut ya ? emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Itu bukan izin bakar justru adalah aturan untuk memberantas pembakaran liar. Lihat saja pergub itu efektif menanggulangi kebakaran hutan di sana selama bertahun tahun. Hanya tahun ini yang sangat parah. Tanya kenapa.
Yang lalu biarlah berlalu, sekarang konsentrasi penanganannya saja
Ga usah saling klaim..
Kalo si gip mah emang gituh...emoticon-Malu
Salah gubernurnya, siapa suruh kirim surat? Harusnya pake telpon langsung donk, udah tau presiden kita ga bisa membaca emoticon-Big Grin
Memabca juga sulit mengerti apalagi memahami emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Kan dah dibilang Jokui ga suka baca!
perpres aja ga dibaca, apalagi cuman surat.
Positif salah gub,
Jokui itu sukanya Foto-foto sama shooting emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh dealsuper
Quote:


yg bikin kebakaran tahun ini sangat parah kan krn jonru.. emoticon-Malu (S)
tahun2 sebelumnya d timeline medsos gw gada yg share postingan si jonru ttg kebakaran hutan.. emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
fix..slh jokuwi krn nd gubris srtnya narang emoticon-Embarrassment



Quote:


Ente juga salah ketik gip, bukan kompas kalee emoticon-Ngakak


Fix salah si gambut.. jokui ga pernah salah gip

emoticon-Ngakak
Diubah oleh hertik
kirim surat ke iwan fals aja pak emoticon-Angkat Beer
Quote:


KALO URUSAN PENCEGAHAN DI DAERAH JADI URUSAN PRESIDEN,
TRUS TUGAS / KERJAAN KEPALA DAERAH APA ??? emoticon-Najis (S)
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di