alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mengenal KLAN 'YASIN LIMPO' di kancah Kekuasaan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5629e1b4162ec2fd128b456a/mengenal-klan-yasin-limpo-di-kancah-kekuasaan

Mengenal KLAN 'YASIN LIMPO' di kancah Kekuasaan

Makassar - HM Yasin Daeng Limpo kelahiran Bontonompo, Gowa 17 Juni 1924 adalah tokoh pejuang di Sulawesi Selatan (Sulsel), salah seorang pendiri Golkar dan Bapak Pandu Sulsel. Kendati telah meninggal dunia pada usia 85 tahun pada Selasa 4 Agustus 2009, namun titisan kepemimpinan pada putra-putrinya tak pernah surut dalam pertarungan politik dan pemerintahan, baik di tingkat daerah maupun nasional.

Yasin pernah menjadi guru sekolah Muhammadiyah dan di masa revolusi ikut berjuang memanggul senjata sebagai anggota Kelaskaran Lipang Bajeng, kemudian bergabung dalam militer dan aktif di kancah perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan pangkat terakhir Kolonel TNI (Purn), menyandang Bintang Gerilya serta berbagai penghargaan dari pemerintah.

Karier militer Yasin membawanya ke tampuk kekuasaan, berpengaruh luas di Sulsel, disegani dan cerdas membaca arah politik negeri, pernah menjabat sebagai Bupati Gowa dan Maros dan lebih 30 tahun mendedikasikan dirinya memimpin Gerakan Pramuka di Sulsel sehingga dijuluki sebagai Bapak Pandu.

Tak hanya karier Yasin Limpo yang melejit, istrinya, Hj Nurhayati Yasin Limpo, kelahiran Parepare 31 Agustus 1935 menapak karier cemerlang di dunia politik. Kader organisasi Aisyiah itu pernah menjabat anggota DPRD Sulsel dari unsur Golkar periode 1987-1992, 1992-1997, 1997-1999 dan anggota DPR RI 1999-2004 dari Partai Golkar melalui Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel I, dia juga menjabat Ketua DPD I Wanita Kosgoro Sulsel, Anggota DPO GPPK 1957 pusat, Ketua DPD I GPPK 1957 Sulsel periode 2004-2008 dan Ketua DPD GPPK 1957 Sulsel.

Pasangan HM Yasin Limpo dan Hj Nurhayati dikaruniai 7 anak, 4 laki-laki dan 3 perempuan, masing-masing, Tenri Olle Yasin Limpo, Syahrul Yasin Limpo, Tenri Angka Yasin Limpo, Dewi Yasin Limpo, Ichsan Yasin Limpo, Haris Yasin Limpo dan Irman Yasin Limpo.

Tokoh Penting

Putra-putri Yasin Limpo menjadi tokoh penting dalam pemerintahan maupun politik dan di balik keberhasilan mereka Hj Nurhayati Yasin Limpo disebut-sebut sebagai ibu yang sukses memainkan peran politik di kancah legislatif sekaligus sukses membimbing dan mengantar putra-putrinya ke jenjang keberhasilan.

Tenri Olle Yasin Limpo,SH putri sulungnya adalah mantan Ketua DPRD Gowa periode 2009-2014, anggota DPRD Sulsel dari Partai Golkar 2014-2019, Ketua DPD Partai Golkar Gowa dan saat ini mundur dari DRPD Sulsel untuk bertarung sebagai calon Bupati Gowa periode 2016-2021.

DR Syahrul Yasin Limpo, SH MSi MH, lahir di Makassar 16 Maret 1955, memulai karier pemerintahan dari jabatan lurah, camat dan dua periode menjadi bupati di Gowa, menjadi Kabag Humas Pemprov Sulsel dan terpilih sebagai wakil gubernur Sulsel mendampingi HM Amin Syam, periode 2003-2008. Gubernur Sulsel dua periode, 2008-2013 dan 2013-2018, Ketua DPD I Partai Golongan Karya (Golkar) Sulsel periode 2009-2014. Ketua Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Dewi Yasin Limpo, SE, lahir di Makassar 8 November 1959, anggota Komisi VII DPR RI periode 2014-2019 dari Partai Hanura, Dewan Pertimbangan PPK Kosgoro Sulsel, Ketua DPP Wanita Kosgoro 2013-sekarang, Bendahara Umum DPP Aspindo 2012-sekarang, Ketua Perhimpunan Nelayan Tradisional Sulsel 2012-sekarang, Ketua DPP Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia 2014 – sekarang, Pengurus DPP Partai Hanura.

Ichsan Yasin Limpo,SH MH lahir di Makassar 9 Maret 1961, mantan Bupati Gowa dua periode 2005-2010 dan 2010-2015, pengurus Partai Golkar Sulsel, mantan Ketua Umum FKPPI Sulsel dan saat ini mengabdikan diri di bidang sosial sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sulsel.

Haris Yasin Limpo mantan anggota DPRD Makassar periode 2009-2014, Ketua Harian DPD Partai Golkar Makassar, sekarang Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar.

Irman Yasin Limpo, lahir Makassar 24 Agustus 1968, mantan Kepala Badan Penanaman Modal Provinsi Sulsel, Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Pemprov Sulsel, saat ini penjabat Bupati Luwu Timur.

Selain putra-putri Yasin Limpo, dua cucu Yasin Limpo menjadi legislator, masing-masing Thita Syahrul YL anggota DPR RI , Adnan Purichta Ichsan YL anggota DPRD Sulsel dari Partai Golkar. Adnan mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada Kabupaten Gowa.

Petarung Politik

Dalam kancah politik, keluarga Yasin Limpo dikenal sebagai petarung. Syahrul Yasin Limpo misalnya, sebelum menjadi gubernur periode 2009-2014 dia adalah Wakil Gubernur Sulsel periode 2003-2008 mendampingi Mayjen (Purn) HM Amin Syam. Namun, pada pemilihan gubernur periode 2009-2014, Syahrul meninggalkan Amin dan berpasangan dengan Agus Arifin Nu’mang, Syahrul mampu mengalahkan kekuatan politik gubernur incumbent HM Amin Syam yang berpasangan dengan Prof Masyur Ramli serta pasangan H Azis Qahhar Mudzakkar- H Mubyl Handaling.

Pada pilkada gubernur periode 2014-2019, Syahrul Yasin Limpo,SH MH-Ir H Agus Arifin Nu’mang kembali unggul, menggeser dua rival pasangan calon gubernur yaitu Andi Rudianto Asapa-Andi Nawir Pasinringi dan Ilham Arief Siradjuddin-Azis Qahhar Mudzakkar.

Demikian pula adiknya, Ichsan Yasin Limpo, pada pemilihan Bupati Gowa periode 2005-2010, Ichsan yang berpasangan dengan Abd Razak Badjidu mampu mengalahkan pasangan Andi Maddusila Idjo yang mengklaim diri sebagai pewaris tahta Kerajaan Gowa dan berpasangan Mayor (Purn) Mahyuddin serta pasangan calon Syahrir Syafruddin Daeng Jarung- Abdul Djabbar Hijaz dan Hasbullah Djabbar-Abdul Hafid Latif.

Pada Pilkada bupati periode 2010-2015, Ichsan kembali membuktikan diri sebagai petarung, menyisihkan pasangan Andi Maddusila dan kandidat lainnya. Setelah masa jabatan Ichsan berakhir Agustus 2015, pertarungan diwarisi putranya, Adnan Purichta YL yang maju berpasangan dengan Abd. Rauf Mallagani untuk bertarung pada pilkada bupati Gowa periode 2015-2020.

Andi Maddusila Idjo yang sudah dua kali gagal untuk menjadi bupati, lagi-lagi akan kembali bertarung menghadapi klan Yasin Limpo, kali ini dengan cucu Yasin Limpo, Adnan Purichta IYL.

Pilkada serentak Desember 2015 mendatang di Kabupaten Gowa akan menarik perhatian publik karena rivalitas klan Yasin Limpo juga saling bertarung menuju kursi nomor satu di daerah itu. Adnan Purichta IYL, putra Ichsan Yasin Limpo akan menghadapi tantenya, Tenri Olle Yasin Limpo yang berpasangan dengan Khairil Muin serta tiga pasangan calon lainnya.

M Kiblat Said/FMB | Suara Pembaruan

sumber:

Makassar berduka ??? tentu tidakemoticon-Blue Guy Peace
Urutan Terlama
Ratu Atut Versi Makassar (sulawesi Selatan)

emoticon-Hammer2
sesuai AZAS KEKELUARGAAN
Tag kampanyenye wkt pilgub dont look back???tau artinya ??jgn liat gw dl wkt ketangkep narkoba d kmr htl pas jd bupati...sayangnya pesaingnya gak jeli milih cawagubnya,malah milih org yg anti toleransi,hbs suaranya d kalangan minoritas disamping itu sulsel jg gak katrok2 amat warganya ttg hidup toleransi gak kayak padang/aceh yg mayoritas garis keras
untung ga ketemu klan uciha
ane cuman tertarik ama sumber beritanya .. sebelum ane klik dah ane pastiin bukan dari media yang pro pemerintah pastinya ..
Gurtita kekuasaan klan Limpo
buset itu sekeluarga partainya bisa beda beda gitu emoticon-Belo
mirip2 sama yg di banten,
hehehe
dinasti


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di