alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Inilah, Isi Lengkap Pergub Kalteng yang Izinkan Buka Lahan dengan Bakar Hutan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5629d78d507410ac3f8b4567/inilah-isi-lengkap-pergub-kalteng-yang-izinkan-buka-lahan-dengan-bakar-hutan

Inilah, Isi Lengkap Pergub Kalteng yang Izinkan Buka Lahan dengan Bakar Hutan

Inilah, Isi Lengkap Pergub Kalteng yang Izinkan Buka Lahan dengan Bakar Hutan

Bencana kabut asap yang terjadi di Provinsi Kalteng akibat pembakaran hutan itu, ternyata usut punya usut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Peraturan Gubernurnya, mengizinkan membuka lahan dengan membakar hutan.

Peraturan tersebut, terdapat dalam Pergub Kalteng Nomor 15 Tahun 2010 Tentang Perubahan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 52 Tahun 2008 Tentang Pedoman Pembukaan Lahan dan Pekarangan Bagi Masyarakat di Kalimantan Tengah yang membolehkan pembakaran hutan. kemudian diteken oleh politikus PDIP Agustin Teras Narang, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Kalteng.

Dalam Pergub tersebut, berisi dua pasal. Namun inti peraturan hanya ada di Pasal 1. Berikut aturan lengkap soal pemberian izin membakar hutan di Kalteng yang kami kutip dari detik.com :

Pasal 1
Mengubah ketentuan Pasal 3 Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 52 Tahun 2008 tentang Pedoman Pembukaan Lahan dan Pekarangan Bagi Masyarakat di Kalimantan Tengah, sehingga keseluruhannya berbunyi sebagai berikut:
(1) Setiap orang yang melakukan pembukaan lahan dan pekarangan dengan cara pembakaran terbatas dan terkendali harus mendapatkan izin dari pejabat yang berwenang sebagaimana tercantum dalam lampiran Peraturan Gubernur ini.

(2) Pejabat yang berwenang memberikan izin adalah Bupati/Walikota.
(3) Kewenangan pemberian izin sebagaimana dimaksud ayat (1) dan (2) dengan luas lahan di bawah 5 Ha, dilimpahkan kepada:
a. Camat, untuk luas lahan di atas 2 Ha sampai dengan 5 Ha;
b. Lurah/Kepala Desa, untuk luas lahan di atas 1 Ha sampai dengan 2 Ha;
c. Ketua RT, untuk luas lahan sampai dengan 1 Ha
(4) Pemberian izin untuk pembakaran secara kumulatif pada wilayah dan hari yang sama:
a. Tingkat Kecamatan maksimal 100 Ha atau;
b. Tingkat Kelurahan/Desa maksimal 25 Ha.

(5) Permohonan perizinan dilengkapi dengan persyaratan sebagai berikut:
a. Foto copy Kartu Tanda Penduduk
b. Mengisi formulir permohonan izin sebagaimana tercantum dalam Lampiran I Peraturan Gubernur ini.

(6) Dalam pemberian izin, pejabat yang berwenang harus memperhatikan data indeks risiko kebakaran dan atau hotspot (titik panas), Indeks Peringkat Numerik Cuaca Kebakaran atau Fire Weather Index (FWI), dan atau Peringkat Numerik Potensi Kekeringan dan Asap atau Drought Code (DC), dan atau jarak pandang yang berada di wilayahnya berdasarkan data dari instansi Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota.

(7) Semua perizinan pembakaran terbatas dan terkendali dinyatakan tidak berlaku apabila Gubernur mengumumkan status "BERBAHAYA" berdasarkan Indeks Kebakaran dan atau Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) sampai tingkat kebakaran atau keadaan darurat pencemaran udara dinyatakan berhenti.

Pasal 2
Peraturan Gubernur ini mulai berlaku sejak tanggal diundangkan.

Inilah, Isi Lengkap Pergub Kalteng yang Izinkan Buka Lahan dengan Bakar Hutan

sumber: http://www.jkt.life/2015/10/inilah-i...n-bakar-hutan/
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kerokannya ada di pemda, ada masalah malah kaga bisa nanganin emoticon-Ngakak (S)
Coba dilihat juga yg buka lahan di atas 500ha.. Itu perusahaan2 ndak mungkin minta injinnya ke lurah yg kewenangannya cuma 1 ato 2 hektar...
bupati/walikota kalo bukan dari partai KS sih kayaknya bakal aman2 saja, tinggal mereka bilang itu ijin dikeluarkan oleh RT/lurah, tapi karena musim kemarau api cepat merambat sehingga dampaknya meluas menjadi sekian puluh hektar yg terbakar, dan alasan2 lain emoticon-Big Grin
Pas buat peraturan pada mikir ga sih
Hai para guberbur di kalimantan dan sumatra, khususnya si alex gub sumsel yg plg byk titik api nya, mana suaranya???
Pokoke salah pemda,el nino,el clasico,el al dul

emoticon-Ngakak
Diubah oleh miyaza
Quote:


Klo sudah di cekokin duit sama igo emg msh bisa mikir?
Quote:



Kalau mental nya seperti kader hanura dan nasdem si limpo dan capelo kayanya ga bakal bisa nolak

emoticon-Shakehand2
Yang songong, kok gak ada pasal mengenai sanksi ya emoticon-Hammer2
Pembakaran TERBATAS dan TERKENDALI.....ini point penting
nah kan..dampak keserakahan ya gini..knp mesti pakai bakar, seharusnya mbuka lahan dperbolehkan tpi jangan pakai api, dari dulu msyarakat d kalimantan selalu kena bencana asap, malah teriak k pemerintah pusat, udah jelas-jelas masalah ada d pemprov..pantas tiap tahun gk prnah ada solusi atas permasalahan asap klo trnyata boleh bakar2..
gan..ane lama di kalimantan, setau ane masyarakat disana sdh turun temurun membuka lahan dgn membakar, makanya dibikin tuh pergub..emoticon-Embarrassment

monggo...point lainnya dibaca juga, bkn cm yg di stabilo doank..tuh POINT (5) sm (6) dan (7) juga dibaca emoticon-Embarrassment
Diubah oleh joemboet


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di