alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
sandera... another drama...
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5629beb4c3cb1737288b4568/sandera-another-drama

sandera... another drama...

Entahlah maksud dan cita-citanya:

NasDem Curiga RAPBN 2016 Disandera Karena Upaya Sisipkan Dana Aspirasi

Jakarta - Pembahasan RAPBN 2016 yang tertunda membuat NasDem was-was ada yang berupaya menyandera. Penyanderaan itu disinyalir terkait dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dianggap sama saja dengan dana aspirasi yang pernah mendapatkan penolakan.

Anggota DPR dari Fraksi NasDem, Johnny G Plate mengatakan bahwa Dana Alokasi Khusus ini menjadi poin penting di pembahasan RAPBN 2016. DAK sudah dibahas dalam rapat panja di Banggar.

"Masih banyak hal yang krusial dalam pembahasan RUU APBN 2016, di antaranya nomenklatur anggaran cadangan berupa DAK yang di dalamnya ada usaha menitipkan UP2DP," kata Johnny melalui pesan singkat, Jumat (23/10/2015).

Rapat panja di Banggar mengusulkan tambahan uraian asal di RUU APBN 2016. Dengan adanya tambahan pasal tersebut, DPR akan memiliki wewenang lebih dalam pengusulan DAK tersebut.

"Program di mana DPR mengambil alih kewenangan pemerintah dalam mengusulkan anggaran, tidak sejalan dengan UU keuangan Negara. Dulu telah kami tolak di paripurna," jelas anggota Komisi XI ini.

NasDem merupakan salah satu fraksi yang dulu menolak dana aspirasi. Menurut Johnny, penyisipan dana aspirasi di RAPBN 2016 ini yang menjadi alasan penyanderaan.

"Itu adalah program dana aspirasi yang kami tolak dulu. Usaha untuk menyisipkan program ini dilakukan melalui Banggar yang menekan pemerintah supaya menerima usulan DPR tersebut. Jika tidak, maka kemungkinan APBN 2016 bisa disandera dan itu berdampak buruk bagi program pemerintah tahun 2016," jelas Wakil Ketua Fraksi NasDem ini.

Pembahasan RUU APBN 2016 ini masih berlangsung di Badan Anggaran DPR dan rencananya akan disahkan pada 30 Oktober 2015 mendatang. Awalnya, RUU APBN 2016 ingin disahkan pada 22 Oktober.

Sesuai RUU APBN 2016, Dana Alokasi Khusus adalah dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. Di RAPBN 2016, pagu anggarannya sebesar Rp 91,78 triliun.

Sementara itu, UP2DP atau selama dikenal sebagai dana aspirasi diusulkan oleh DPR pada Juni 2015 lalu. Badan Anggaran pun menganggarkan Rp 20 miliar per anggota atau total Rp 11,2 triliun. Meski duit ini nantinya tidak dipegang langsung oleh anggota, tetap saja hal ini menuai pro dan kontra. (imk/van)


Sumber: https://m.detik.com/news/berita/3051545/nasdem-curiga-rapbn-2016-disandera-karena-upaya-sisipkan-dana-aspirasi

sandera/san·de·ra/ n 1 orang yang ditawan untuk dijadikan jaminan (tanggungan) n 2 orang yang tergadai (bekerja di tempat orang untuk tanggungan utang); - kbbi online -

Thread sudah digembok
Urutan Terlama
wah ada shitnetron apa lagi neh emoticon-Bingung (S)
cihuiii bakal seru nih emoticon-Big Grin
Shitnetron gerakan perubahan boss...
Cieer yg lg punya proyek pencitraan partai
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di