alexa-tracking

Jokowi Imbau Evakuasi Korban Asap Tak Perlu ke Luar Kota, Cukup di Kantor Pemda

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5629bcbec1cb17152c8b4568/jokowi-imbau-evakuasi-korban-asap-tak-perlu-ke-luar-kota-cukup-di-kantor-pemda
Jokowi Imbau Evakuasi Korban Asap Tak Perlu ke Luar Kota, Cukup di Kantor Pemda


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berpendapat bahwa evakuasi korban asap tidak perlu dilakukan dengan membawa mereka ke luar kota. Evakuasi cukup dilakukan ke kantor-kantor pemerintah daerah setempat.

Demikian disampaikan Presiden pada rapat terbatas soal kebakaran hutan dan lahan di kantor presiden, Jumat (23/10/2015).

Jokowi membuka rapat itu dengan memaparkan sejumlah data titik panas yang masih memprihatinkan. Jumlahnya masih ratusan baik di Kalimantan maupun Sumatera.

Areal kebakaran hutan semakin meluas hingga ke Sulawesi dan Papua. Untuk itu, Jokowi meminta seluruh kementerian fokus melakukan penanganan api dan dampak asap secara masif.

Kementerian terkait harus turun ke lapangan, terutama Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. Kemenkes diminta memeriksa kesehatan anak-anak dan bayi yang mulai terserang inspeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

"Saya pikir juga tidak perlu dievakuasi di luar kota karena bisa saja evakuasi itu dilakukan di kota itu. Mungkin di kantor bupati atau kantor lainnya yang dipakai khusus bayi dan anak," kata Jokowi.

Jokowi menginstruksikan agar masker tetap dibagikan untuk melindungi anak-anak dan bayi itu. Evakuasi terbatas di dalam kota dinilai cara terbaik yang bisa dilakukan saat ini.

"Kalau dievakuasi keluar kota juga akan menyulitkan," katanya.

Badan Meteorolog, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan kemarau panjang masih terus terjadi hingga bulan November atau Desember akibat El Nino. Padahal, jika pada cuaca normal, musim penghujan sudah mulai masuk di bulan Oktober. Oleh sebab itu, kemungkinan kebakaran hutan masih tetap tinggi.

Jokowi menginstruksikan agar seluruh daya dimanfaatkan untuk memadamkan api dan melindungi kesehatan masyarakat. Dia meminta perusahaan-perusahaan negara bisa terlibat dalam upaya mengatasi dampak asap itu.




sumur
emang kantor pemda ato bupati ga kena asap pakde ?emoticon-Bingung (S)
kasihan emoticon-norose
Quote:Original Posted By ipay94
emang kantor pemda ato bupati ga kena asap pakde ?emoticon-Bingung (S)


Di kira doi asap itu banjir kali emoticon-Nohope
Di tred sebelah ane bayangin evakuasi massal ke daerah yg ga kena asap... Untuk mrnghindari penyakit paru2 massal...
Pulaunya aja di evakuasi, di geser agak deket ke India.....emoticon-Big Grin
Iyain aja dah kl itu instruksi om kowi
kalo dievakuasi ke luar kota takutnya penyakitnya nular #eh
ya elah pak biarpun mengungsi ke kantor pemda tetap aja asapnya kehirup, soalnya asap juga sampai masuk ruangan pak
ane maunya dievakuasi kerumah isyana sarasvati gan
Dikantor pemda sama pak juga kena asap...
mungkin sekalian urus ktp emoticon-Big Grin
Jangan buruk sangka ke pak de jokowih,

Maksud beliau pasti baik,

Mungkin beliau hendak merenovasi kantor-kantor pemda disana sehingga bisa menampung ribuan manusia,

Dan memasang alat penjernih udara di setiap kantor pemda,

Mungkin kantor pemdanya mau di bikin jadi besar dan canggih seperti markasnya iron ma atau bat man.

Ini tafsir saya, mana tafsir mu.

whew..LBP mau pakai kapal perang utk evac warga dr rumahnya ke kantor pemda ternyata

"Kalau nanti tidak kunjung membaik, mungkin kita akan sediakan kapal perang, untuk mereka tinggal di situ sampai keadaan lebih baik," kata Luhut.

emoticon-Ngakak (S)
emang kantor pemda gak kena asap??
emang kanor pemda muat menampung ratusan ribu orang??

ndagel teros!!
Quote:Original Posted By ketek..basah


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berpendapat bahwa evakuasi korban asap tidak perlu dilakukan dengan membawa mereka ke luar kota. Evakuasi cukup dilakukan ke kantor-kantor pemerintah daerah setempat.

Demikian disampaikan Presiden pada rapat terbatas soal kebakaran hutan dan lahan di kantor presiden, Jumat (23/10/2015).

Jokowi membuka rapat itu dengan memaparkan sejumlah data titik panas yang masih memprihatinkan. Jumlahnya masih ratusan baik di Kalimantan maupun Sumatera.

Areal kebakaran hutan semakin meluas hingga ke Sulawesi dan Papua. Untuk itu, Jokowi meminta seluruh kementerian fokus melakukan penanganan api dan dampak asap secara masif.

Kementerian terkait harus turun ke lapangan, terutama Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. Kemenkes diminta memeriksa kesehatan anak-anak dan bayi yang mulai terserang inspeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

"Saya pikir juga tidak perlu dievakuasi di luar kota karena bisa saja evakuasi itu dilakukan di kota itu. Mungkin di kantor bupati atau kantor lainnya yang dipakai khusus bayi dan anak," kata Jokowi.

Jokowi menginstruksikan agar masker tetap dibagikan untuk melindungi anak-anak dan bayi itu. Evakuasi terbatas di dalam kota dinilai cara terbaik yang bisa dilakukan saat ini.

"Kalau dievakuasi keluar kota juga akan menyulitkan," katanya.

Badan Meteorolog, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan kemarau panjang masih terus terjadi hingga bulan November atau Desember akibat El Nino. Padahal, jika pada cuaca normal, musim penghujan sudah mulai masuk di bulan Oktober. Oleh sebab itu, kemungkinan kebakaran hutan masih tetap tinggi.

Jokowi menginstruksikan agar seluruh daya dimanfaatkan untuk memadamkan api dan melindungi kesehatan masyarakat. Dia meminta perusahaan-perusahaan negara bisa terlibat dalam upaya mengatasi dampak asap itu.




sumur



seperti biasa.. ni org klo ngomong ga pernah mikir.. entah karena logikanya ga di pake ato emg segitu doang kapasitasnya..skrg gini deh berapa jumlah ibu2 ato anak2 disana?? trus kantor pemerintahan yg mo dipake?? berapa gedung yg mo dipake?? klo semua gedung perkantoran dipake..pns2 pada ga kerja?? klo cmn 1 2 gedung, apa cukup?? trus itu asap bisa masuk lewat celah2 pintu ato jendela.. apalg klo tebel begini asapny.. emoticon-Cape d... (S)
harusnya yang di evakuasi itu asepnya bukann warganya... emoticon-Big Grin
tanya dulu warganya mau keluar kota atau di dalam kota
yg penting klo didalam kota harus dipasang fasilitas biar asep gag masuk ruangan.
ga punya otak ini emoticon-Mad (S)
Baru tau jok kalau kantor pemda bebas asap