alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[SAWIT] Ini Video Aktivis Kalteng yang Protes Jokowi Soal Kabut Asap
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5629b9dea2c06e03128b4568/sawit-ini-video-aktivis-kalteng-yang-protes-jokowi-soal-kabut-asap

[SAWIT] Ini Video Aktivis Kalteng yang Protes Jokowi Soal Kabut Asap

Quote:


Apakah yang menyebabkan EKSPANSI SAWIT besar2an? Di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi sampai Papua? Apakah hebat nya industri kelapa sawit kita sampai sangat di-anakemaskan?

Apakah pemerintah kita, baik yang sekarang dan yang lalu, TAU atau PERNAH TAU, bahwa Indonesia memiliki begitu banyak komoditas pertanian yang potensinya sangat besar dan sangat dibutuhkan Dunia?

- bukankah komoditas kopi kita punya banyak speciality? kopi toraja, mandailing, Aceh, dll .. bahkan kita punya komoditas biji kopi termahal di dunia (luwak)?
- bukankah kita adalah pengasil biji Kako terbesar no. 3 di dunia?
- bukankah komoditas Rempah2 seperti lada, jahe dll sangat dibutuhkan di negara2 Eropa?

Dan bukankah mayoritas kebun kopi, kakao, cengkeh, lada, dll .. di kelola oleh petani kecil (smallholder farmer), dengan rata2 kempemilikan lahan 1 sd 2 hektar per petani?

Dan bukankah mayoritas kebun SAWIT kita dikuasai oleh perusahaan2 besar semacam wilmar, DL Sitorus, dll? Yang mengelola kebun hingga ribuan hektar?

Lalu, mengapakah perhatian pemerintah di tujukan pada SAWIT? BUKANKAH jika komoditas sawit berkembang maka yang paling me nikmatin keuntungan adalah perusahaan besar tersebut?

Dan bukankah jika komoditas lain seperti kopi, kakao, lada, cengkeh, dll yang berkembang maka hasil nya dinikmati oleh petani kecil kita?

Dan bukankah Harga sawit sekarang anjlok sampai 500rupiah per kg? Sementara Harga lada 140ribu per kg, Harga cengkeh 80ribu per kg dan bahkan Harga kakao naik menjadi 34ribu per kg padahal 3 tahun sebelumnya cuma 20ribu per kg?

Lalu mengapakah pemda berlomba2 membudidayakan sawit? Apakah pemerintah daerah sudah memberikan layanan kepada petani kecil di wilayah nya? Sudah berapa persen kah petani kita yang financially literate?sudah berapa persen yang mendapat layanan air bersih dan sanitasi yang memadai? Sudah berapa persen petani yang keluarga nya terlindungi oleh BPJS? Dan sudah berapa persen petani yang mendapatkan access to finance?

Belum cukupkah KORUPSI di Bidang kehutanan DAN Pembukaan lahan habis2an demi komoditas SAWIT?

Atau kah pemerintah kita TIDAK PERNAH SADAR bahwa Indonesia punya banyak komoditas lain yang berpotensi dan bahwa mayoritas petani nya justru membudidaykan komoditas lain SELAIN SAWIT?

Saya sebagai Warga Negara PUN marah, karena pola pikir pemerintah kita (baik pusat maupun daerah) yang KERDIL.
Diubah oleh siebensunde
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Dua Kelebihan komoditas sawit;

1. bisa Tertanam secara masif dan terstruktur di lahan yang telah habis terbakar , kalau gak salah minimal 10x10m Jarak antara tanaman.

[SAWIT] Ini Video Aktivis Kalteng yang Protes Jokowi Soal Kabut Asap

2. bisa menghasilkan komoditas turunan yang mulai MENDUNIA, yaitu komoditas KABUT ASAP, yang harganya MENINGKAT, seiring PENURUNAN Harga diri bangsa dan level kesehatan penduduk di wilayah terdampak.

[SAWIT] Ini Video Aktivis Kalteng yang Protes Jokowi Soal Kabut Asap
Diubah oleh siebensunde
Belum pernah merasakan nikmatnya dibukdozer ya...
Saya juga marah gan, setengah mati menghadapi asap yang tiap tahun ada. Pemerintah gencar hanya sekali saja dan belum tuntas , padahal asapnya masih ada dan makin parah sekarang
mari kita boikot produk sinarmas dan wilmar dan lain2nya yg terlibat
ane udah: skr masak pake minyak kelapa / jagung / zaitun dan kertas2 juga

Luhut Panjaitan : Ada Kementerian Hambat Sawit, Kita Buldoser

APRIL 30, 2015 BY J 1 COMMENT

Pemerintah mendukung pengembangan industri kelapa sawit untuk menuju industri strategis. Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Staf Kepresidenan, menyebutkan kemampuan industri ini yang mampu membuka lapangan kerja untuk 4 juta orang secara langsung dan 16 juta orang secara tidak langsung. Ini berarti, sawit dapat menjadi penggerak pembangunan daerah.

Selain itu, kata Luhut, kelapa sawit dapat menjadi energi terbarukan sebagai subtitusi impor solar. Sehingga akan berdampak bagus kepada negara.

Menurut Luhut, peran besar kelapa sawit ini sudah selayaknya industri ini menjadi komoditas unggulan strategis. Maka dari itu perkembangan industri sawit mesti didorong terus. “Apabila ada kementerian yang menghambat industri sawit nasional, kita buldoser saja,” tegasnya dalam sambutan pada pengukuhan pengurus, dewan pengawas, dan dewan pembina Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) di Jakarta, Selasa (28/4).

Luhut menyebutkan pemerintah ingin mendorong daerah perbatasan salah satunya bisa melalui skema inti plasma perkebunan sawit. Sebab pemerintah tidak hanya ingin pertumbuhan semata melainkan pemerataan.

“Kalau ada kampanye mengenai orangutan semestinya yang kita urusi manusia dulu. Jangan orangutannya. Maksudnya, kita concern dengan masalah lingkungan hidup manusianya harus kita bantu juga,” kata Luhut.

Lebih lanjut, menurut Mantan Menteri Perdagangan dan Industri era Presiden Gus Dur ini, kenaikan produktivitas haruslah diperhatikan khususnya di kalangan petani dengan pemberian bibit yang baik dan transfer pengetahuan.

Buldoser Batak
Quote:


Baru aja mo nyari beritanya eh keduluan ente emoticon-Cape d... (S)

---------

Kelapa Sawit itu lagi banyak permintaanya coiii.. wajar mereka ngorbanin kita demi Uang
Boikot perusahaan pembakar hutan!!!!!
paling ntar ada yang nyudutin pemda pake bukti sk yang kadaluarsa,
Waduh ,kayaknya ga bagus gan kl ditanemin sawit terus.dimana2 sawit,bagus itu hutan lam hujan tropus.itu kehendak yg maha kuasa, sudah yg terbaik buat manusia dan alam,malah dirusak oleh manusia tangaaan jahil
Susah emang buat pembatasan pembukaan lahan sawit..

[SAWIT] Ini Video Aktivis Kalteng yang Protes Jokowi Soal Kabut Asap

produk2 yang menggunakan sawit :

1. Deterjen
2. Sabun
3. Cereal
4. Madu
5. Kue Kering
6. Mie
7. Minyak Muka (Face Clean)
8. Pasta Gigi
9. Minyak Rambut (Gel)
10. Lotion
11. Baby Oil
12. Lipstik
13. Eye Shadow
14. Eye Liner
15. Maskara
16. Compact Powder (Bedak)
17. Mentega
18. Margarin
19. Susu Bubuk
20. Susu Cair
21. Jus
22. Baking Soda
23. Kue
24. Minyak Ikan
25. Kecap
26. Minyak Goreng
27. Selai
28. Makanan Kaleng (Sarden, Buah Kaleng, dll)
29. Coklat Batang
30. Permen
31. Roti
32. Kopi Bubuk
33. Krim
34. Gula Cair
35. Softener
36. Deodorant
37. Parfum
38. Berbagai macam Plastik (kresek, gelas plastik, dll)
39. Snack
40. DLL

emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)
td sempet liat pidionya ditipi.
gag bikin pidio buat kepala daerah yg ngasih ijin bakar lahan nih??
Agan agan nastak dan nasbung , ane punya usul , bagaimana kalau kita bikin gerakan Satu hari tanpa menggunakan Minyak Goreng ? atau 3 hari atau 7 hari atau bahkan setiap hari juga boleh emoticon-Big Grin


daripada ribut melulu nyalahin si a, si b, si c, ane juga bingung kenapa si menteri L mau bawa buldoser, dan ane juga bingung Presiden nggk berani melawan perusahaan. emoticon-Hammer2
Miris emoticon-Mewek
Quote:


- Sustainable palm oil. http://www.sustainablepalmoil.org
- Stop ekspansi, Utama kan peningkatan produktifitas; ekspansi sawit besar2an justru membahayakan lingkungan, ekosistem, dll. Contohnya kabut asap.
- Utama kan komoditas tani/kebun rakyat.

Saya tidak anti SAWIT, cuma gak perlu terlalu RAKUS.
Diubah oleh siebensunde
Semoga aja yg buat pidio gak kena buldozer................
Quote:


saya setuju gan.. kita memang sudah terlalu rakus..
dan kebijakan/aturan dari pembuat kebijakan ternyata sangat mudah membuka lahan (dengan cara apapun)..

jadi mungkin kelemahannya disitu.. yang menyebabkan byk org lebih senang membakar, karena murah, cepat, dan tidak terlihat..

ini kebijakan/aturan yang terlalu lemah itu.. Perda-perda pemicu kebakaran hutan dan lahan, serta bencana kemanusiaan. Salah satunya dari Kalimantan Tengah. Gugatan warga diperlukan untuk menghapus pasal-pasal yang merusak ini.

[SAWIT] Ini Video Aktivis Kalteng yang Protes Jokowi Soal Kabut Asap

sekaliber ketua RT (dibawah RW) bisa membuka lahan tanpa harus ijin siapapun karena ada aturannya yg legal..

Miris emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)
ASU ( aksi sandiago uno ) penyebabnya tuhh
pemerintah tanpa telinga..
Quote:


woi semua siapa yg mau dibuldozer emoticon-Bata (S)


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di