alexa-tracking

Pergeseran Posisi Lembaga Perbankan di Masyarakat Berkat Teknologi Baru

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5629a931529a45cc798b4575/pergeseran-posisi-lembaga-perbankan-di-masyarakat-berkat-teknologi-baru
Pergeseran Posisi Lembaga Perbankan di Masyarakat Berkat Teknologi Baru
Pergeseran Posisi Lembaga Perbankan di Masyarakat Berkat Teknologi Baru

Banyak masyarakat yang sudah terlalu aktif di dunia Bitcoin, Fintech dan bisnis blockchain hingga ke titik dimana mereka sudah tidak lagi memiliki afinitas yang tersisa untuk bank dan lembaga keuangan tradisional lainnya. Meskipun bank menghadapi cukup banyak tantangan hari ini, sebelumnya tidak pernah ada pesaing di bidang keuangan yang dapat menandingin mereka. Mau tidak mau, kini lembaga-lembaga perbankan berdiskusi untuk membuat perubahan internal, meskipun pada kecepatan yang lebih lambat.

Tampaknya masuk akal bagi para lembaga perbankan untuk merangkul teknologi baru yang sedang berkembang. Perlu diingat bahwa lembaga-lembaga keuangan tradisional telah berusaha memperbaiki diri mereka selama bertahun-tahun hingga sekarang. Banyak hal yang telah berubah selama 20 tahun terakhir, bahkan di sektor perbankan. Dan untuk setiap perubahan, lembaga perbankan ini pasti akan memakan waktu yang lama sampai mereka akhirnya memeluk perubahan dan teknologi baru tersebut.

Contohnya ketika internet dan proses komunikasi e-mail baru muncul. Lembaga-lembaga perbankan awalnya ragu untuk menjadikan e-mail sebagai media komunikasi mereka. Setelah beberapa tahun berlalu, akhirnya mereka mulai merangkul teknologi tersebut dan kini komunikasi email sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Belakangan ini, konsumen ingin akses ke jasa bank kapanpun yang ia inginkan, secara 24/7 tanpa kenal hari libur ataupun jam istirahat. Lembaga perbankan tidak dapat memenuhi tantangan ini dan akhirnya posisi mereka terancam oleh sistem-sistem pembayaran lain yang dapat diakses 24/7 tanpa memerlukan biaya atau dokumen apapun. Bitcoin dan teknologi blockchain di belakangnya adalah contoh nyata bagaimana masyarakat dapat mengirimkan uang kemanapun dan kapanpun yang mereka mau secara gratis, aman, dan tanpa pihak ketiga.

Sementara bank lain yang baru muncul sering dianggap sebagai ancaman utama bagi lembaga keuangan yang telah berdiri sebelumnya, ada lebih banyak tantangan yang harus dihadapi oleh mereka. Media sosial yang besar, seperti Google, atau merek besar seperti Apple, telah datang dengan ponsel dan sistem pembayaran mereka sendiri. Sementara solusi ini masih bergantung pada infrastruktur keuangan yang ada, mereka adalah pesaing yang secara langsung dapat menggeser layanan perbankan juga.

Crowdfunding juga merupakan tren baru yang memberikan ancaman pada jasa finansial yang ditawarkan perbankan. Daripada mengajukan pinjaman ke bank, pengusaha dan usaha kecil dapat memulai kampanye di internet untuk mengumpulkan dana. Tidak seperti pinjaman bank, crowdfunding tidak dikenakan suku bunga, meskipun sebagian besar investor akan mengharapkan beberapa bentuk pengembalian monetary/keuangan ke depannya.

Belum lagi inovasi saat ini dan masa depan yang terjadi di sektor FinTech, di mana penemuan-penemuan besar muncul dan berkembang lebih jauh setiap harinya. Kaum-kaum FinTech memiliki solusi kreatif untuk menciptakan sesuatu yang jauh lebih baik dari keuangan tradisional. Bank sangat menyadari tantangan ini, tetapi karena adanya peraturan yang ketat, hal ini menjadi lebih sulit bagi mereka untuk berinovasi dengan kecepatan penuh.

sumber

bank-bank kayaknya jadi panik ya sama adanya bitcoin, ngerasa kesaing banget wkwkwk emoticon-Big Grin pantes aja sekarang semuanya milih integrasi sama teknologi bitcoin daripada ketinggalan jauh