alexa-tracking

Hukum Jinayah Berlaku di Aceh, Tak Dikenakan bagi Selain Muslim

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562907d754c07acb108b4567/hukum-jinayah-berlaku-di-aceh-tak-dikenakan-bagi-selain-muslim
Hukum Jinayah Berlaku di Aceh, Tak Dikenakan bagi Selain Muslim
Banda Aceh - Qanun Jinayah mulai berlaku pada
23 Oktober 2015. Qanun tersebut hanya
diberlakukan bagi warga pemeluk Islam dan tidak
berlaku bagi warga non muslim.
Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Prof Syahrizal
Abbas mengatakan, dalam Qanun No 6/2014 itu
warga non muslim yang melakukan pelanggaran
dapat memilih hukuman yang dikenakan. Opsi yang
diberikan untuk mereka adalah tunduk pada hukum
yang diatur KUHP atau qanun.
"Jadi Qanun Jinayah ini tidak berlaku bagi non-
muslim. Tapi kalau mereka mau dihukum dengan
hukum syariat, itu boleh saja," kata Syahrizal
kepada wartawan, Kamis (22/10/2015).
Hal itu diatur dalam Pasal 5 poin (b) yang bunyinya
"Qanun ini berlaku bagi setiap orang beragama
bukan Islam dan memilih serta menundukkan diri
secara sukarela pada hukum jinayah".
Qanun tersebut disahkan oleh Dewan Perwakilan
Rakyat Aceh (DPRA) pada 27 September 2014
silam. Setelah dimasukkan ke dalam lembaran
daerah, Dinas Syariat Islam tingkat provinsi hingga
kabupaten kemudian melakukan sosialisasi selama
setahun. Aparat penegak hukum di Aceh juga sudah
diberikan bimbingan teknis tentang hukum jinayah.
Menurut Syahrizal, Qanun Jinayah ini tidak
melanggar hak-hak asasi manusia. Justru
kehadirannya untuk melindungi warga dari bentuk
ancaman pelecehan seksual, pemerkosaan,
perzinaan, dan lainnya.
"Qanun ini sama sekali tidak melanggar HAM. Kalau
dibilang melanggar HAM, hukum mana di dunia ini
yang tidak melanggar HAM? hukuman penjara juga
kan bentuk pelanggaran HAM karena membatasi
hak asasi untuk hidup bebas," ungkapnya. (dhn/
dhn)
m.detik.com/news/berita/3051255/hukum-jinayah-berlaku-di-aceh-tak-dikenakan-bagi-selain-muslim
ya moga aja aceh jd tempat yang lebih beradab deh emoticon-Cendol (S)
Emang negara atau wilayah muslim yang berlaku hukum syariat pasti ga ada kejadian pelecehan seksual yah ?
Negara SUCI atceh emoticon-Matabelo

apakah cuma koruptor yang kebal hukum, ahh sudahlah mungkin saya tampan

salam TAMPAN emoticon-Cool
Semoga peladang ganja di serambi Mecca ini kena hukum Jin Ayah. Syukron
meskipun tidak tinggal di aceh, ane sangat mendukung hukum syariah ditegakkan di aceh (saja)
smoga bisa sesuai dgn syariat
Barakallah... insya Allah...
syariat aceh bukan syariat islam. sama halnya syariat isis bukan syariat islam

jangan bawa2 nama syariat islam deh kalo masih gak paham tauhid
Ow, syariat bagi pemeluknya....
Quote:

Orang goblok bin tolol macam apa yang berani ngomong gini


setuju sm agan ini aja deh:
Quote:
PKS meradang , omzet pasar phustun menyempit terus emoticon-Mewek
bagus dah, ada toleransi bagi yang non muslim
yang penting sanksinya tepat dan jelas sesuai dengan kejahatan yang dilakukan
jangan ada nego2 hukuman
beneran tuh??
Enak dong non muslim di atjeh bisa lepas dari hukum pancung kalau mmebunuh atau perkosa orang............emoticon-Big Grin
Semoga penjahat non muslim disiksa di penjara......................emoticon-Mad (S)
Salah kamar, harusnya ini di BPLN
"What do I stand for? I stand for integration. I don't stand for fucking pedophelic ideology. Sharia has got no place in modern society bruv", said Tommy Robinson, ex-EDL Leader, to Saeef al-Islam in Luton.
Quote:


Bukan nyang ini tuan!
Trit saya yang baru yang Forum sejarah tuan!
Maaf kelancangan saya sebelumnya tuan