alexa-tracking

Tarif Kereta Cepat Rp 200.000-Rp 225.000 Per Penumpang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5628c8d054c07af83d8b456c/tarif-kereta-cepat-rp-200000-rp-225000-per-penumpang
Tarif Kereta Cepat Rp 200.000-Rp 225.000 Per Penumpang
http://bisniskeuangan.kompas.com/rea....Per.Penumpang

Quote:
JAKARTA, KOMPAS.com — Tarif kereta cepat jalur Jakarta-Bandung dihargai Rp 200.000 sampai Rp 225.000 per penumpang.

Hal ini dihitung berdasarkan asumsi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada 2019 saat kereta cepat beroperasi sebesar Rp 16.000 per dollar AS.

"Kami hitung dalam seasibility study (FS) sebesar Rp 200.000 sampai Rp 225.000 asumsi pada 2019," ujar Ketua Konsorsium Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung Bintang Perbowo di Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Rencananya, kereta cepat memiliki panjang jalur 150 kilometer (km) dan akan melewati delapan stasiun, mulai dari Gambir, Manggarai, Halim Perdanakusuma, Karawang, Walini, Bandung Barat, Kopo, dan Gedebage.

"Ada delapan stasiun dilewati kereta cepat," kata Bintang Perbowo.

Dalam tahap awal, pembangunan kereta cepat akan mengurus izin pembebasan lahan.

Ditargetkan, pada awal 2016, pembangunan dimulai dan selesai pada 2018, sedangkan untuk pengoperasiannya dimulai kuartal pertama 2019.

"Semua sudah final. Konstruksi tinggal diurus izinnya setelah pertemuan ini," kata Direktur Utama PT Wijaya Karya itu.

Pada pelaksanaannya, China mendapat jatah saham 40 persen dan 60 persen milik Pemerintah Indonesia melalui perusahaan patungan PT Pilar Sinergi BUMN.

Total investasi kereta cepat sebesar 5,5 miliar dollar AS dengan pembiayaan dari China Development Bank sebesar 75 persen dan sisanya dari ekuitas konsorsium BUMN dan PT China Railwys International Co, Ltd.

Skema perusahaan patungan di PT Pilar Sinergi BUMN terdiri atas empat perusahaan BUMN. Dalam pembagiannya, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk mendapat jatah ekuitas 38 persen, PT Jasa Marga (Persero) Tbk 12 persen, PT KAI (persero) 25 persen, dan PT Perkebunan Nusantara VII 25 persen. (Adiatmaputra Fajar Pratama)



Anggap saja Walini sudah menjadi kota industri baru,
sehingga banyak pekerjanya yang menggunakan kereta cepat tsb.

Mari kita berhitung seberapa besar dana yg diperlukan untuk transportasi kereta cepat saja,
dan itu belum termasuk biaya2x kendaraan feeder ke halim atau di lainnya.

Sebulan ada 4 minggu,
Seminggu 5 hari kerja
Jadi sebulan ada 20 hari kerja rata - bisa lebih sampai 23 tapi bisa kurang karena tanggalan merah.
Maka taksiran ongkos kereta cepat perbulan adalah:
20 x 225.000 x 2 (Pergi - Pulang) = 9.000.000 ( 9 Juta Rupiah) per bulannya .....

Itu belum ongkos angkot lainnya.

Jika dia harus menyisihkan dana 9 juta perbulannya,
berapa minimal gaji yang harus diperolehnya perbulan?

Anggap saja 3x lipat atau sekitar 30 juta/bulan.

Jka ada pegawai dengan gaji 30 juta/bulan,
apakah dia masih mau repot2x untuk pulang pergi jakarta bandung tiap harinya ... ???

Mungkin ada satu dua,
tapi untuk mengejar target 44.000 penumpang RUTIN / hari di tahun pertama,
hingga 86.000 penumpang RUTIN/ hari di tahun2x berikut?


FYI.
Pengamat menghitung jumlah orang yg lalu lalang JKT BDG hanya berdasarkan per kepala saja.
Misal 1 mobil avanza yg dipaksa memuat keluarga dengan anggota 8 hingga 10 orang pergi pulang ke bandung,
dianggap potensial PINDAH KE KERETA CEPAT.

Jika memang 10 kepala dari jakarta tadi menggunakan kereta cepat ke bandung pergi pulang,
maka ongkos yg diperlukan hanya untuk membayar kereta cepatnya saja - belum dengan jalan2xnya di bandung,
10 x 225.000 x 2 = 4.500.000 (4,5 juta ... !!!)

Masih percaya jumlah penumpang kereta cepat akan mencapati target sesuai ketentuan pemerntahan Jokowi JK?
Percaya saja gan... In Jokowi we trust...
Quote:Original Posted By pedagang.rujak
Percaya saja gan... In Jokowi we trust...


Stupid thnking ...,
eeehh ..... postive thinking aja ya gan .....
proyek nanggung...ampe surabaya sekalian harusnya

Tarif Kereta Cepat Rp 200.000-Rp 225.000 Per Penumpang
Ke Bdg modal avanza lwt tol paling2 abis 150rb bs bawa sampe 8org, ini bnr2 proyek ga mikir,bagi2 proyek tp buang2 duit, pdhl bs u/ infrastuktur lain yg lbh manfaat&pny nilai ekonomi lbh baikemoticon-Embarrassment
Kalo ga laku trus cicilan macet ya ini yg masih rancu..
Direktur ngomong jualin aset2...
Pokoknya inget ya,, ga pake apbn emoticon-Embarrassment
alternatif selain itu masi banyak, gan,
mendingan naik mobill... hahaha.... minyak gak seberapa.... paling proyeknya mangkrak... dan bank indonesia diambil china... cuih...
Quote:Original Posted By nada.sela
proyek nanggung...ampe surabaya sekalian harusnya

Tarif Kereta Cepat Rp 200.000-Rp 225.000 Per Penumpang


denger2 memang tahap awal buat dilanjutin ke surabaya
8 stasiun? Gak 30 menit dong?
Asumsi 1 stasiun 5 menit berarti sudah 30 menit (stasiun awal dan akhir gak dihitung).. Belum dengan perlambatan menuju dan dari stasiun jadi gak sampe kecepatan max nya... Bisa2 bisa jadi 1.5-2 jam.. Trus apa hebatnya dibanding moda yang lain?

salah satu pertanyaan yg masih jadi ganjelan : apa mungkin ini proyek bakal terealisasi sampai selesai ??
tapi sebagai warga negara yg baik, yah coba berpikiran positif ajalah ..
Quote:Original Posted By gmrapihjaya

Pada pelaksanaannya, China mendapat jatah saham 40 persen dan 60 persen milik Pemerintah Indonesia melalui perusahaan patungan PT Pilar Sinergi BUMN.

Total investasi kereta cepat sebesar 5,5 miliar dollar AS dengan pembiayaan dari China Development Bank sebesar 75 persen dan sisanya dari ekuitas konsorsium BUMN dan PT China Railwys International Co, Ltd.

Skema perusahaan patungan di PT Pilar Sinergi BUMN terdiri atas empat perusahaan BUMN. Dalam pembagiannya, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk mendapat jatah ekuitas 38 persen, PT Jasa Marga (Persero) Tbk 12 persen, PT KAI (persero) 25 persen, dan PT Perkebunan Nusantara VII 25 persen.





yg ane msh bingung tuh gan,
75% anggaran proyek itu dari utang.
nah yg menanggung utang ini sapa ya?? atas nama siapa??

yg gw tau kan, baru jepang yg melakukan FS
emang prshn konsorsium dan menlen ini dah melakukan FS???
kalo sampe 2020 ane denger ada aset negara dijual gegara nih proyek.
Gue bunuh Megawatiemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah
TS masih aja ngeributin kereta cepat.. biar aja kali.. justru makin ngotot makin menarik.. seperti gw bilang cluenya : walini cocok jadi pusat pemerintahan

mending ikut gw beli tanah gede bage buat simpenan, yg walininya msih intip2 masterplannya emoticon-Ngakak
kereta cepat jakarta-bandung itu cocok untuk para turis lokal/turis manca negara juga ..
kereta cepat itu dapat tngkatkan kunjungan wisatawa ..
Sekarang 13xxx 2019 diperkirakan 16000


Beli $ sekarang dijual 2019 untungnya dikit emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By kodokbleduk
8 stasiun? Gak 30 menit dong?
Asumsi 1 stasiun 5 menit berarti sudah 30 menit (stasiun awal dan akhir gak dihitung).. Belum dengan perlambatan menuju dan dari stasiun jadi gak sampe kecepatan max nya... Bisa2 bisa jadi 1.5-2 jam.. Trus apa hebatnya dibanding moda yang lain?



nah dari segi waktu aja, dah gak cocok ini dinamakan kereta api cepat dgn jarak yg pendek

rini pernah bilang kereta api cepat jg melewati stasiun bogor, mana yg benar neh??

Kalo puya duit ya naik, kalo kagak mampu bayar ya naek yang laen... Gitu aja kok repot......
Quote:Original Posted By nada.sela
proyek nanggung...ampe surabaya sekalian harusnya



Ke bandung aja 200rb an, ntar kalo ke surabaya bisa habis berapa tuh
wow amazing. emoticon-Matabelo
×